Dimulai Dari Rokok Kemudian Narkoba

22.15

Baca Juga

Dimulai Dari Rokok Kemudian Narkoba - Selamat pagi, senang bisa berjumpa dengan anda dalam moment tugas kali ini. Di pagi ini kami akan menyajikan untuk anda berhubungan dengan rokok dan narkoba. Namun Sebelumnya saksikan video Ayo, Tolak Jadi Target Iklan Rokok! di bawah ini terlebih dahulu.


Ayo, Tolak Jadi Target Iklan Rokok!



Bagaimana menurut pendapat anda?? Menarik Bukan?
Sekarang perhatikan kembali video tersebut kemudian dengarkan baik-baik pernyataan yang ada diakhir video. Bagaimana menurut pendapat anda mengenai pernyataan di akhir video tersebut? saya yakin anda dapat menjawabnya sesuai dengan versi diri anda masing-masing.

Berikutnya, apakah anda merupakan target dari perusaahan rokok? (Bisa iya, Bisa Tidak)
Anda Perokok Aktif? Ya? Berarti andalah targetnya
Anda Perokok Pasif? Ya? Berarti andalah korbannya
Anda Perokok Aktif tidak merasa kasihan dengan Perokok Pasif? Sayang sekali padahal dia adalah orang-orang terdekat anda.
Merasa bersalah? Tidak? Sekarang diam sejenak dan pikirkan kembali bagaimana kondisi anda saat ini? Kondisi kesehatan anda, kondisi keuangan anda atau bahkan kondisi sosial anda.
Bagaimana apakah anda kasihan dengan diri anda sendiri? Ya? Bagus, hal tersebut juga akan bermanfaatb bagi orang-orang terdekat anda. Ya benar, orang-orang yang anda cinta dan anda sayang akan terselamatkan dari kebiasaan anda.

Sekarang, apakah anda kenal dengan Napza? Tidak? Narkoba? Kenal? Hmmmm (Padahal sama saja)
Anda mengenalnya? Iya? Apa anda bersahaba juga? Iya?
Anda tidak takut bersahabat dengannya? Tidak? Anda yakin?
Baiklah, seberapa jauh anda mengenalnya? Nikmat? Menolong anda? Anda yakin?
Tapi kenapa saya mengenalnya seperti ini ya?



Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap Kesehatan Fisik
  • Gangguan kesehatan pada system syaraf (neurologis) seperti contohnya : kejang-kejang, halusinasi, gangguan kesadaran, kerusakan syaraf tepi.
  • Gangguan kesehatan pada jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) seperti contohnya : infeksi akut otot jantung, gangguan peredaran darah.
  • Gangguan kesehatan pada kulit (dermatologis) seperti contohnya : penanahan (abses), alergi, eksim.
  • Gangguan kesehatan pada paru-paru (pulmoner) seperti contohnya : penekanan fungsi pernapasan, kesukaran bernafas, pengerasan jaringan paru-paru.
  • Sering sakit kepala, mual-mual dan muntah, murus-murus, suhu tubuh meningkat, pengecilan hati dan sulit tidur.
  • Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap kesehatan reproduksi adalah gangguan pada endokrin, seperti halnya : penurunan fungsi hormon reproduksi (estrogen, progesteron, testosteron), serta gangguan fungsi seksual.
  • Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap kesehatan reproduksi pada remaja perempuan antara lain perubahan periode menstruasi, ketidakteraturan menstruasi, dan amenorhoe (tidak haid).
  • Bagi pengguna narkoba melalui jarum suntik, khususnya pemakaian jarum suntik secara bergantian, risikonya adalah tertular penyakit seperti hepatitis B, C, dan HIV yang hingga saat ini belum ada obatnya.
  • Penyalahgunaan narkoba bisa berakibat fatal ketika terjadi over dosis yaitu konsumsi narkoba melebihi kemampuan tubuh untuk menerimanya. Over dosis bisa menyebabkan kematian.

Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap Psikis Mental Emosional
  • Malas serta lamban dalam bekerja, ceroboh kerja, sering tegang dan gelisah dalam menjalankan pekerjaannya.
  • Menyebabkan gangguan jiwa berat / psikotik.
  • Hilangnya rasa kepercayaan diri, menjadi lebih apatis, sering berkhayal, penuh perasaan curiga.
  • Agitatif, menjadi ganas dan tingkah laku yang brutal yang tidak disadarinya.
  • Sulit untuk berkonsentrasi, perasaan kesal dan tertekan depresi.
  • Menyebabkan depresi mental.
  • Akan menjadi cenderung untuk menyakiti diri, perasaan tidak aman, bahkan keinginan untuk bunuh diri
  • Menyebabkan melakukan tindak kejahatan, kekerasan dan pengrusakan.

Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap lingkungan kehidupan sosial masyarakat :
  • Gangguan mental, anti-sosial dan asusila, dikucilkan oleh lingkungan masyarakat sekitar tempat tinggal.
  • Merepotkan dan menjadi beban keluarganya itu sendiri.
  • Pendidikan menjadi terganggus erta masa depan suram dan kelam bila tidak segera dilakukan penanganan pencegahan penyalahgunaan narkoba itu sendiri.

Jelaslah bahwa napza, jika disalahgunakan, sangat membahayakan bagi kesehatan fisik dan mental manusia. Bahkan, pada pemakaian dengan dosis berlebih atau yang dikenal dengan istilah over dosis (OD) bisa mengakibatkan kematian. Namun sayang sekali, walaupun sudah tahu zat tersebut sangat berbahaya, masih saja ada orang-orang yang menyalahgunakannya. Untuk itulah mari bersama-sama kita cegah eksistensi dari Napza pertama-tama pada diri sendiri kemudian orang-orang terdekat kita, sebab tidak semua orang mau untuk dinasehati, namun apabila itu orang terdekat kita maka saya yakin mereka akan sadar. Sudah banyak saya dengar orang-orang yang sadar dari dunia obat-obatan terlarang karena nasehat dari orang-orang terdekatnya

Bayangkan saja apabila terdapat 100 orang menyelamatkan masing-masing 1 orang terdekat mereka maka ada 100 orang yang akan sadar dan berikutnya 100 orang pertama dan 100 orang kedua yang telah sadar mengajak masing-masing 1 orang terdekat mereka maka akan ada 200 yang terselamatkan dan begitu seterusnya.

Sumber :
Previous
Next Post »

2 komentar