KAGAMA, RENSTRA dan Nilai-nilai UGM

Print Friendly and PDF 0 Viewers
KAGAMA, RENSTRA dan Nilai-nilai UGM - Bertemu lagi dipagi hari yang dingin ini dengan saya, semogan pada hari ini kita semua masih dalam lindungannya. Masih dalam suasana tugas negara yang harus saya selesaikan.

Kali ini kita akan coba bahas Apa kepanjangan dari KAGAMA? Dimanakah letak kantor Pengurus Pusat KAGAMA? Siapa Ketua umum KAGAMA sekarang? Serta jelaskan secara singkat mengenai kiprah KAGAMA mempertegas jati diri UGM!


Apa kepanjangan dari KAGAMA?

KAGAMA atau kepanjangan dari 'Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada'

Dimanakah letak kantor Pengurus Pusat KAGAMA?

Letak kantor pengurus pusat KAGAMA adalah Wisma Kagama yang beralamat di Bulaksumur Blok G, Yogyakarta, Tlp. 0274-587073, email: pphkagama@ugm.ac.id

Siapa Ketua umum KAGAMA sekarang?

Sedangkan ketua umum dewan pusat saat ini adalah Sri Sultan Hamengku Buwono X

Serta jelaskan secara singkat mengenai kiprah KAGAMA mempertegas jati diri UGM!

Kiprah KAGAMA : KAGAMA sebagai organisasi kekeluargaan yang berdiri di luar UGM, tetapi menjalin hubungan yang erat dengan UGM ini merupakan wadah silaturahmi bagi para alumni UGM.

Bukan hanya itu saja KAGAMA juga sering sekali membantu atau membaktikan diri kepada UGM dan masyarakat contohnya seperti KAGAMA Balikpapan yang mendukung kegiatan UM-UGM yakni Ujian masuk UGM jalur tulis mandiri UTUL.

Bukan hanya itu saja, sering pula para anggota KAGAMA ini berbagi kepada adik-adiknya dengan bergotong-royong menghimpun dana sebagai dana beasiswa bagi adik-adik UGM yang berkemampuan mumpuni namun kurang beruntung dalam hal ekonomi.

Dan sering pula para anggota KAGAMA membaktikan diri kepada masyarakat dengan bergotong-royong menghimpun dana bagi mereka yang kurang beruntung seperti sebuah postingan pada blog KAGAMA Balikpapan yang berjudul Donasi untuk adik Fajril.

Selanjutnya kita bahas bersama, sebutkan nilai-nilai dasar UGM dalam Rencana Strategis (Renstra) UGM 2012-2017 atau Sebutkan 5 tujuan dalam RENSTRA UGM 2012-2017?

nilai-nilai dasar UGM dalam Rencana Strategis (Renstra) UGM 2012-2017 atau Sebutkan 5 tujuan dalam RENSTRA UGM 2012-2017?

Menjadikan UGM sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia dengan reputasi internasional melaluii :
  1. Pendidikan tinggi yang berkualitas dalam rangka menghasilkan lulusan yang unggul dan kompeten;
  2. Produk penelitian yang menjadi rujukan nasional yang berwaswasan lingkungan dan responsif terhadap permasalahan masyarakat, bangsa, dan negara yang berbasis pada nilai-nilai keunggulan lokal;
  3. Pengabdian kepada masyarakat yang mampu mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan;
  4. Tata kelola universitas yang berkeadilan, transparan, partisipatif, akuntabel dan terintegrasi antarbidang guna menunjang keefektifan dan efisiensi pemanfaatan sumber daya;
  5. Kerja sama yang strategis, sinergis dan berkelanjutan dengan para mitra.

Apa yang Anda ketahui tentang nilai-nilai UGM yang harus dimiliki oleh mahasiswa?

Universitas Gadjah Mada ( UGM )  adalah universitas nasional, kerakyatan, dan penelitian yang bertugas mengembangkan Pancasila sebagai way of life bangsa Indonesia dan menjadi mitra terhormat masyarakat universitas dunia.

Universitas Perjuangan

Sesuai namanya, tentu, sepak terjang UGM tak lepas dari spirit Sumpah Amukti Palapa Mahapatih Gajahmada. Para mahasiswanya diharapkan selalu memegang teguh status UGM sebagai universitas perjuangan, menjalakan misikerakyatan, dan melaksanakan nilai-nilai perjuangan.

Universitas Nasional

UGM sebagai universitas nasional, mahasiswanya diharuskan berpartisipasi aktif dalam gerakan menjaga dan mengembangkan wawasan dan semangat kebangsaan, berdasar kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Persatuan Semua Unsur Bangsa, dalam Keberagaman dan Kemajemukan Nusantara (Bhinneka Tunggal Ika). semangat mengobarkan rasa cinta dan loyalitas kepada  bangsa dan tanah air, membangun atas dasar kemampuan  dan percaya diri sebagai  aspek kebangsaan-nasionalistik

Universitas Pancasila

UGM sebagai salah satu universitas sebagai perguruan tinggi yang berperan dalam mengaktualisasikan nilai-nilai pancasila. Mahasiswa di beritahukan agar Nilai-nilai Pancasila tidak diawang-awang saja, akan tetapi nilai Pancasila harus di hidupkan dan di aktualisasikan dan peran mahasiswa sebagai terpelajar di ilmu pengetahuan, kebudayaan, pendidikan dan pengajaran harus dapat mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila.

Universitas Kerakyatan

UGM sebagai universitas kerakyatan melaksanakan prinsip-prinsip aksesibilitas (accessability) dan kesetaraan (equity) dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan mengajak mahasiswanya untuk berpartisipasi aktif dalam pengentasan kemiskinan melalui gerakan pemberantasan korupsi, kolusi, nepotisme, serta tindakan tercela yang lain. UGM melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan perwujudan kegiatan multidisipliner berdasarkan hasil-hasil penelitian untuk menyelesaikan masalahmasalah aktual, dan kemudian dikembangkan lebih lanjut sebagai program penelitian/pendidikan yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Sumber :
http://kagamabpn.blogspot.com/2015/06/persiapan-akhir-panitia-um-ugm-2015.html
http://kagamabpn.blogspot.com/2015/05/donasi-untuk-adik-fajril.html
http://agus-prayogi.blogspot.com/2013/04/nilai-nilai-kegadjah-madaan-universitas.html
http://luk.staff.ugm.ac.id/UGM/renstra/2012-2017.pdf
http://kagama.ugm.ac.id/v3.0/single/en/18/
http://kagama.ugm.ac.id/v3.0/single/en/16/
http://kagama.ugm.ac.id/v3.0/single/en/17/

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »

9 komentar

  1. Sekadar menambahkan perihal nilai- nilai UGM yang harus dimiliki oleh mahasiswa, isi artikel 4.PIKA- Menjadi manusia UGM lebih cocok dijadikan jawaban.
    btw, terimakasih untuk informasinya, sangat bermanfaat. Semoga bisa terus berkarya dan menjadi inspirasi orang banyak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks udah komen, sangat membantu sekali komennya

      Hapus
  2. akhirnya menemukan referensi.
    ijin copas ya. makasih :)

    BalasHapus
  3. mau mengkonfirmasi ,ketua KAGAMA sekarang bukannya bapak ganjar pranowo ? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas pemberitahuannya. akan saya coba refisi lagi

      Hapus
  4. itu nilai-nilai UGM atau jati diri UGM ya ? kok sama aja dengan jati Diri UGM

    BalasHapus
  5. Materinya mirip-mirip soal PPSMB Palapa ya, hehe

    BalasHapus