Tips Taklukan Ujian Mandiri

15.35

Baca Juga

Tips Taklukan Ujian Mandiri - Berikut ini adalah Tips Taklukan Ujian Mandiri dari pengalaman seseorang yang berhasil bangkit dari kegagalan SBMPTN dan kemudian sukses di UM. Orang ini berhasil sukses di UTUL UGM.

Jaganlah kecewa terlalu berlebihan teman-teman dengan hasil dari SNMPTN dan juga SBMPTN  karena masih banyak jalur lainnya didepan kalian, seperti salah satunya adalah jalur Ujian Mandiri atau UM, nah untuk menghadapi Ujian Mandiri saya memiliki beberapa tips berdasarkan dari pengalaman pengalaman seseorang yang berhasil bangkit dari kegagalan SBMPTN dan kemudian sukses di UM.

1. Niat
Pengalaman telah menunjukan bahwa niat memiliki kekuatan 50% untuk menentukan keberhasilan dari pilihan yang telah anda tentukan dan bukankah segala sesuatunya harus didahului dengan niat terlebih dahulu?


Baca Juga : 7 Cara Unik Hasilkan Uang Saat Kuliah

2. Target
Tentukanlah target anda ingin berkuliah dimana? Dan jurusan apa?

3. Tentukan Pilihn
Jika anda memiliki beberapa pilihan, maka pilihlah yang paling tepat. Contohnya seperti yang tingkat persaingan tidak terlalu tinggi tetapi prospek untuk kedepannya bagus. Pilihlah pilihan yg sesuai dengan criteria anda, dan jangan pernah sekali-kali memaksakan sesuatu yang diri anda tidak suka sebab hal seperti itu akan menjadi sebuah boomerang untuk anda sendiri nantinya.

4. Restu Orangtua
Mintalah restu kepada orang tua dan kakek nenek anda atau bahkan orang yang dituakan di lingkungan anda
5. Belajar
Belajar dengan rajin tentunya, seringlah untuk anda latihan mengerjakan soal-soal Ujian Mandiri. Anda bisa mencarinya di toko-toko buku atau download di berbagai situs di internet atau bisa juga anda bisa meminjamnya kepada teman anda yang mempunyainya.

6. Jangan Memaksakan Diri
Satu hari sebelum hari H, diusahakan jangan belajar. Sebab hal tersebut justru akan dapat membebani diri anda pada hari H.

7. Cek Perlatan
Persiapkanlah selalu peralatan yang nantinya anda perlukan seperti: kartu ujian, pensil 2B asli minimal 2 buah, penghapus, pulpen, dan serutan pensil.

8. Cari Tahu Lokasi Tes
sebelum datangnya hari H, anda diusahakan sudah mengetahui dimana lokasi anda akan melakukan tes, hal seperti ini akan menambah rasa percaya diri anda.

9. Jangan Mengulang
Pada saat hari H, beberapa menit menjelang tes diusahakan jangan membaca materi lagi, sebab hal tersebut menandakan bahwa diri anda belum siap.

10. Cari Soal yang Paling Mudah
Soal-soal dasar yang menurut anda sudah pasti jawabannya benar, soal IPA ataupun IPS kerjakan yang mudah-mudah terlebih dahulu. Jangan pernah sekali-kali anda hanya terpaku pada jenis soal yang susah.

11. Berdoa
Sebelum mengerjakan berdoalah terlebih dahulu  agar apa yang anda pelajari semuanya keluar.

Baca Juga : Inilah Cara Belajar Efektif Menghadapi Ujian Nasional

12. Percaya Diri
Percaya dirilah, jangan pernah kamu merasa minder dengan peserta lain di sebelah kiri, kanan, depan ataupun belakang anda yang sudah melingkari semua lebar jawabannya. Ada 2 kemungkinan untuk itu, pertama karena memang mengerjakan dengan serius, kedua karena asal mengerjakan. Jadi anda semua harus tetap percaya diri dan jangan panic. Jangan juga sekali-kali anda membahas soal dengan teman anda pada saat UM sedang berlangsung, hal seperti ini justru akan memberikan sebuah efek psikologis  pada tes berikutnya yakni tidak konsentrasi.

13. Bawa bekal
Menurut pengalaman, Ujian Mandiri biasanya berlangsung selama 1 hari penuh, namun tidak menutup kemungkinan hingga 2 hari. Nah, apabila UM berlangsung selama 1 hari, maka otomatis jadwal akan sangat padat. Jadi kalian setidaknya menyediakan bekal makanan. Roti dengan air mineral juga sudah cukup kok

14.Optimis
Setelah semua tes dikerjakan, Optimislah dengan apa yang telah anda kerjakan.

15.Berdoa Kembali
Setelah ujian selesai berdoalah, minta kepada Allah atau sesuai kepercayaan anda agar anda diberikan yang terbaik.


Terakhir, sukses selalu bagi anda yang akan menghadapi UM. Semangat selalu karena jalan anda masih panjang, peluang masih terbuka lebar, dan kesempatan pun masih sangat banyak

Sumber : http://randianto77.blogspot.com/2012/08/tips-menghadapi-ujian-mandiri.html
Previous
Next Post »

2 komentar

  1. Thanks ka.. Buat motivasi semangat UM.nya..
    Do'a kan sya bsok in syaa Allah TES UM unsoed :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama". saya doakan semoga suksesuntuk UMnya

      Hapus