5 Jenis Kopi Termahal dan Paling Berkualitas di Dunia

09.20

Baca Juga

5 Jenis Kopi Termahal dan Paling Berkualitas di Dunia - Sekarang ini kopi sudah jadi minuman favorit berbagai kalangan baik dewasa, remaja, bahkan anak-anak. Minuman ini bahkan dianggap wajib bagi beberapa kalangan. Wangi segelas kopi yang bercampur dengan manisnya gula, panas ataupun dingin, kopi tetap nikmat. Apalagi jika dinikmati bersama makanan ringan untuk teman bersantai bersama teman, kopi benar-benar jadi salah satu pilihan utama untuk pelengkap aktifitas kita.

"Kopi" adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi. Kata kopi berasal dari bahasa Arab "qahwah" yang berarti "kekuatan", karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata "qahwah" kembali mengalami perubahan menjadi "kahveh" yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah menjadi "koffie" dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie ber-transformasi ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata "kopi" yang dikenal sampai saat ini.
Secara umum, terdapat dua jenis biji kopi, yaitu 

1.Arabika (kualitas terbaik) dan  2.Robusta

Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Kopi kemudian terus berkembang dan menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Di samping rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler). 

Langsung saja kita bahas mengenai 5 Jenis Kopi Termahal dan Paling Berkualitas di Dunia. Karena paling mahal, tentunya kopi-kopi ini mempunyai kualitas terbaik pula. Anda pecinta kopi sejati? Maka anda patut untuk mencobanya.


1. Kopi Luwak – Indonesia, Bangsa kita boleh bangga dengan yang satu ini, karena Kopi Luwak adalah "Kopi Paling Mahal di Dunia". Kopi Luwak diproduksi dari biji kopi yang telah dimakan dan dicerna oleh binatang bernama luwak. Kemasyhuran kopi ini telah ke seluruh dunia. Bahkan di Amerika Serikat, terdapat kafe atau kedai yang menjual kopi luwak (civet coffee) dengan harga yang sangat mahal. Biji-biji kopi yang telah melalui saluran pencernaan luwak ini bisa mencapai harga : $160 per pon atau Sekitar 3 juta rupiah perkilonya.

Kepopuleran kopi ini diyakini karena mitos pada masa lalu, ketika perkebunan kopi dibuka besar-besaran pada masa pemerintahan Hindia Belanda sampai dekade 1950-an. Di mana saat itu masih banyak terdapat binatang luwak sejenis musang. Kopi luwak asli dari Lampung Barat, Luwak atau lengkapnya musang luwak, suka mencari buah-buahan yang cukup baik dan masak termasuk buah/biji kopi sebagai makanannya. Luwak akan memilih buah kopi yang betul-betul masak sebagai makanannya, dan setelahnya, biji kopi yang dilindungi kulit keras dan tidak tercerna akan keluar bersama kotoran luwak. Biji kopi seperti ini, pada masa lalu sering diburu para petani kopi, karena diyakini berasal dari biji kopi terbaik dan telah difermentasikan secara alami dalam perut luwak. Dan konon, rasa kopi luwak ini memang benar-benar berbeda dan spesial di kalangan para penggemar dan penikmat kopi.


2. Kopi “Hacienda La Esmeralda” – Boquete, Panama. Kopi Hacienda La Esmeralda’s tumbuh di Boquete, Panama. Kopi ini populer di seluruh dunia karena rasanya yang nikmat. Sebagian besar Kopi ini dibudidayakan di bawah naungan pohon-pohon jambu biji. Anda dapat menikmati kopi ini dengan harga : $104 per pound atau sekitar 2 juta rupiah perkilonya.


3. Kopi “Island” Dari St Helena Coffee Company – St Helena Pulau St Helena, yang terletak sekitar 1.200 mil di lepas pantai Afrika. Pulau St Helena adalah tempat utama tumbuhnya kopi jenis ini. Kopi ini dipopulerkan oleh Napoleon Bonaparte yang membawa benihnya untuk diperkenalkan ke masyarakat prancis hingga akhirnya terkenal di dunia. Anda dapat menikmati kopi ini dengan harga : $79 per pon atau atau sekitar 1,5 juta perkilonya. 


4. Kopi “El Injerto” – Huehuetenango, Guatemala. kopi El Injerto berasal dari wilayah Huehuetenango, Guatemala. Dan pada tahun 2006 kopi jenis ini pernah mendapatkan Piala of Excellence karena kualitasnya. Anda dapat menikmati kopi ini dengan harga : $50 per pon/Rp 470.000 per stgh Kg


5. Kopi “Fazenda Santa Ines” – Minas Gerais, Brazil dianggap sebagai salah satu negara penghasil kopi terbaik dalam sejarah, kopi ini adalah kreasi terbaik Cafe Artigiano, yaitu sebuah kafe terkenal di Kanada dan dua cabang kedai kopi lainnya di Australia. Anda dapat menikmati kopi ini dengan harga : $50 per pon atau sekitar 940 ribu rupiah perkilonya.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mencoba salah satu dari kopi-kopi termahal itu?
Selamat ber-NGOPI ria! :D

oleh : septio erostian
Previous
Next Post »

6 komentar