Bismillah Kuliah, Kenangan Indah (hari ke-1)

09.50

Baca Juga

masa" indah yg hanya terjadi sekali seumur hidup anda


Assalamualaikum Wr.Wb.

Perkenalkan nama saya Andri Imanudin, pada kesempatan yang berbahagia ini dengan tubuh sehat wal afiat dan selalu dalam lindungan Allah SWT, saya akan mencoba untuk menuangkan perjalanan saya dalam berkuliah dari awal sampai akhir. Meskipun pada saat ini saya masih dalam tahap menunggu keluarnya UKT atau uang kuliah tunggal, tetapi jari jemari ini seakan sudah tidak sabar untuk menulis semuanya.

Alhamdulillah saya pada saat ini telah diterima sebagai CAMABA atau calon mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada, fakultas MIPA, prodi Ilmu Komputer jalur SNMPTN 2015. Awalnya saya tak pernah mengira bisa masuk dengan jalur itu sebab kata orang jalur SNMPTN sama saja dengan jalur utung-untungan, kalau untung ya lolos kalau ga untung ya ikut SBMPTN. Dan mungkin pada saat itu saya termasuk kedalam orang yang beruntung, namun itu semua juga tak lepas dari pemberian Allah SWT.

Tapi memang, sebelum datangnya jalur SNMPTN atau lebih tepatnya sebelum ujian, pada saat peralihan dari semester 5 menuju semester 6 saya mati-matian berusaha keras mempersiapkan semuanya. Karena saya tahu semua itu tidak serta merta semudah membalikan telapak tangan. Apalagi di akhir masa-masa SMA kita akan menghadapi yang namanya UN atau Ujian Nasional. Mungkin sekarang bagi anda yang telah duduk di bangku sekolah sudah tidak asing lagi dengan momok UN atau Ujian Nasional yang menakutkan.

Untuk itulah saya mempersiapkan diri dengan cara mencari piagam penghargaan sebanyak-banyaknya. Berbagai macam perlombaan saya ikuti, beberapa kali saya mengalami kekalahan, tetapi ada beberapa yang alhamdulillah dapat saya menangkan. Hingga akhirnya terkumpulah lima piagam baru. Dengan lima piagam baru + satu piagam lama juara empat provinsi, ditambah dengan nilai rapot yang alhamdulillah baik juga, selalu masuk 10 besar selama 4 semester (hehe maklum waktu itu belum jadi anak nakal) saya mendaftar SNMPTN dan seperti sekaranglah hasilnya.

Dari sedikit pengamatan saya SNMPTN memang unik, pasalnya hal-hal untung-untungan seperti yang saya katakan diawal tak sedikit terjadi. Namun sebelumnya perlu anda ketahui bahwa dalam SNMPTN kita dapat memilih tiga prodi dari dua Universitas yang salah satu Universitasnya harus satu provinsi dengan sekolah SMA anda pada saat ini. contohnya seperti, apapila anda pada saat ini bersekolah di provinsi jawa tengah maka anda harus memilih satu universitas di jawa tengah dari dua universitas pilihan tersebut, baru universitas berikutnya boleh diluar provinsi anda. Seperti saya yang pada saat itu memilih 2 prodi UNNES (jawa tengah) dan 1 prodi UGM (yogyakarta).

Kembali kepembahasan sebelumnya yakni mengenai untung-untungan, anda sudah mengetahui bukan bahwa kita diperkenankan memilih 3 prodi dari dua universitas? Tapi meskipun demikian ada salah satu temen saya yang hanya memilih 1 prodi saja. Awalnya saya merasa lucu dengan pilihan teman saya itu, tapi siapa sangka dengan pilihannya itu yang hanya berpegang setia dengan 1 pilihan bisa lolos dalam SNMPTN. Sedangkan dilain sisi teman saya yang dapat dikatakan pandai, pintar, bahkan jenius (karena memang dia sangat pintar juga cakap dalam hal kepemimpinan organisasi) juga memiliki banyak sekali piagam, piagam olimpiade, pidato, dan lain sebagainya tidak lolos dalam SNMPTN. Untung-untungan bukan?

Tapi perlu anda pahami bahwa disini bukan saya ingin merendahkan seseorang atau sebaliknya, tapi disini saya hanya ingin berbagi, dan juga mengingatkan bahwa bagi anda yang merasa diri anda pintar janganlah berbesar kepala dengan apa yang anda miliki saat ini sebab tidak akan selalu orang seperti andalah yang akan berhasil. Dan untuk yang biasa-biasa saja jangan pernah putus asa sebab Allah itu adil, namun jangan pernah malas-malasan dengan keadaan yang sekarang. Perlu anda ketahui, meskipun diakhir temen saya itu mengalami berbagai masalah, tetapi dia tak pernah sekalipun lepas tangan berusaha dan setelahnya berdoa kepada Allah SWT agar diberi kemudahan.

Persiapkan diri anda untuk semua itu, sebab jika anda kurang beruntung maka SBMPTN yang akan menghadang anda. Perlu anda ketahui lagi bahwa soal-soal dalam SBMPTN jauh lebih susah jika dibandingkan dengan soal UN meskipun ujian nasional telah mendapatkan momok yang menakutkan. Tapi jangan berbangga diri bagi anda yang lolos SNMPTN sebab setelah lolos tidak serta merta anda dapat bersantai diri. Banyak sekali persyaratan yang anda harus penuhi, contohnya yang saya ketahui ada berbagaimacam surat yang harus anda lengkapi seperti slip penghasilan atau pendapatan orang tua, tagihan listrik, pajak bumi bangunan, foto rumah, surat keterangan sehat dari rumah sakit, surat bebas narkoba, SKCK dan masih banyak lagi seperti rapot juga surat keterangan lulus apabila ijazah belum keluar. Semua tergantung dari universitas dimana anda diterima, dan untuk mengurus semua itu tidak hanya satu atau dua hari saja selesai tetapi akan memakan waktu berhari-hari sebab ada saja halangannya dari belum punya KTP, kehabisan dana, kantor tutup hingga tanggal merah yang biasa kita bangga-banggakan pun bisa berubah menjadi penghalang sebab banyak instasi yang libur pada saat itu.

Sungguh mungkin kalian berfikiran ingin cepat-cepat kuliah, apalagi bagi kalian yang tidak menikmati atau banyak konflik di masa-masa SMA anda. Tapi perlu anda ketahui sebelum anda dapat lanjut masuk keperguruan tinggi anda akan menghadapi sebuah tantangan yang akan membuat anda frustasi atau bahkan putus asa. Saya awalnya ragu dengan pernyataan yang mengatakan bahwa "masa SMA adalah masa-masa paling menyenangkan", tapi sekarang keraguan saya itu salah karena memang pernyataan itu benar adanya. Terserah anda mau percaya atau tidak tapi yang pasti saran saya hanya satu "Nikmatilah masa SMA anda, karena masa - masa indah itu hanya ada sekali seumur hidup anda"

Diakhir saya meminta doa kepada teman-teman semua, sebab besok adalah pengumuman UKT dan saya berharap mendapatkan UKT 0 yang berarti bidikmisi saya lolos. aminn
Juga saya meminta doa kepada teman-teman semua, semoga semua siswa yang pada saat ini sedang berjuang untuk dapat mendaftarkan diri di universitas - universitas yang mereka inginkan dapat diberi kemudahan dalam segala hal dan cepat diterima. aminn

terima kasih atas doanya semoga mendapatkan pembalasan setimpal dari Allah SWT dan salam sukses bagi kita semua.
Previous
Next Post »
0 Komentar