Kemacetan Menjadi Penyebab Perekonomian Terganggu

21.41

Baca Juga

Sejak dulu, Jakarta memang dikenal memiliki lalu lintas yang padat. Hal seperti ini terus meningkat, dan sepengetahuan saya tidaklah berkurang. Kemacetan dan udara panas membuat warga Jakarta menjadi semakin gerah. Tak heran, pengendara di Jakarta sering membunyikan klakson dan merasa menang sendiri terutama saat menjumpai  lampu lalu lintas. Lampu merah baru berganti menjadi lampu hijau, namun sudah “ratusan” klakson saling bersautan.


Berbagai akibat muncul dari kemacetan seperti Pemborosann BBM. Terjadi karena kemacetan menyebabkan laju kendaraan menjadi terhambat sehingga terjadilah suatu pembakaran yang tak sempurna. Pembakaran ini juga menghasilkan karbondioksida (CO2), dimana CO2 menimbulkan polusi udara yang semakin banyak. CO2 mengandung racun yang bisa mengganggu kesehatan masyarakat, sehingga nantinya produktivitas masyarakat menurun. Bila produktivitas menurun maka perekonomian juga akan terganggu.

Waktu tempuh yang lama juga dapat menyebabkan stress dan emosi, akibatnya pekerjaanpun terganggu. Rasa terburu-buru memicu terjadinya kecelakaan yang mengancam nyawa para pengguna jalan. Tak hanya itu, kemacetan juga mengganggu kelancaran kendaraan darurat seperti ambulans dan pemadam kebakaran dalam menjalankan tugasnya. Kita tahu bersama bahwa banyak rumah di Jakarta tak terselamatkan saat kebakaran, ya inilah salah satu penyebabnya.

Harapan pribadi sebagai masyarakat kepada pemerintah khususnya kepolisian yang bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi lalu lintas untuk lebih menegakkan secara tegas peraturan agar penduduk menjadi disiplin. Apabila ada kendaraan bersalah segera ditilang sesuai aturan yang berlaku.  Misal angkutan umum berhenti bukan di halte, kendaraan menerobos lampu merah, serta pejalan kaki yang tak disiplin juga harus didenda agar mereka jera dengan apa yang mereka lakukan. Sebab pada kenyataanya masih banyak oknum polisi yang bertindak semaunya, mau disuap atau takut akan jabatan yang lebih tinggi dari orang yang mereka tilang.

http://www.semangat27.com/2015/08/kemacetan-menjadi-penyebab-perekonomian.html
Previous
Next Post »
0 Komentar