Kerja Otot atau Kerja Otak?

08.30

Baca Juga

Kerja Otot atau Kerja Otak? - Berbicara tentang potensi daerah asal, sebenarnya banyak sekali pontensi-potensi yang ada di Kabupaten Brebes tercinta. Baik dari segi pertanian dan perkebunan seperti bawang merah yang menjadi trade mark bagi Kabupaten Brebes mengingat posisinya yang sebagai penghasil terbesar komoditi ditataran nasional. Berpusat di 11 kecamatan (dari 17 kecamatan di Kabupaten Brebes) dengan luas panen per tahun 20.000-25.000 hektare. Atau dari segi peternakan yakni memiliki potensi makanan dari berbagai jenis ternak yang salah satunya yang paling khas adalah telur dari hasil ternak itik yang diolah oleh masyarakat setempat menjadi produk telur asin yang sangat populer. Oleh sebab hal ini Kabupaten Brebes sering disebut sebagai Kota Telur Asin.

Selain potensi-potensi yang ada diatas juga ada banyak lagi potensi-potensi yang lain seperti sektor kehutanan dengan berbagai komoditas yang menjadi unggulan, sektor pertambangan, cadangan batu bara muda, sampai perikanan karena letaknya yang juga termasuk dalam wilayah PANTURA atau Pantai Utara Pulau Jawa. Ditambah lagi dengan banyaknya objek pariwisata yang menawarkan keindahan dari alam juga menambah banyaknya potensi yang ada di Kabupaten Brebes.

Waduk Malahayu yang disamping sebagai sarana irigasi dari lahan pertanian juga digunakan sebagai pengontrol banjir, Cagar Alam Telaga Rajeng yang dahulunya merupakan tempat mandi para tokoh dari kerajaan Jawa, Waduk Penjalin, Mata Air Sungai Pemali, Pantai Randusanga, Pemandian Air Panas Cipanas Bantarkawung, Pemandian Air Panas Cipanas Kedungoleng, dan masih banyak lagi objek wisata yang lainnya. Namun semua itu belum terjamah oleh banyak orang bahkan warga Brebes sendiri seperti saya ini. Hanya beberapa saja yang pernah saya kunjungi, bukan karena tak mampu untuk mengunjungi tapi memang karena tidak tahu menahu tentang objek wisata tersebut. Banyak dari nama objek wisata diatas yang masih asing ditelinga saya ini. Dan pada saat saya ingin mencari informasi tentang nama-nama diatas pun saya hanya mendapatkan sedikit tambahan informasi saja.

Padahal apabila kita lihat lebih kedalam lagi bahwa sebuah informasi yang mampu menarik perhatian seseorang akan mampu menjadi sarana promosi yang baik. Jika hal seperti itu dilakukan maka berbagai potensi yang ada di Kabupaten Brebes akan mendapat perhatian banyak orang. Brebes menjadi tak asing lagi ditelinga orang dari wilayah lainnya. Contohnya saja pada saat pertama kali di Jogja saya memperkenalkan diri dan dari mana asal saya kepada teman baru saya, dan diakhir perkenalan tersebut teman baru saya bertanya kembali "Brebes itu dimana?"

Entah apa yang menyebabkan hal itu terjadi, tapi menurut pedapat pribadi mungkin tak adanya informasi dikarenakan masih banyak masyarakat Brebes yang masih ber-Mindset konvensional, mereka semua masih merasa awam dengan teknologi yang ada sekarang ini. Mereka lebih suka kerja otot dibanding kerja otak. Sebagai buktinya masih terdapat banyak teman-teman sebaya saya yang dari dahulu hingga saat ini lebih memilih berhenti sekolah selain karena tidak ada biaya, juga karena ingin cepat memiliki penghasilan hingga kemudian bekerja menjadi tukang bangunan.

Sungguh suatu hal yang sangat disayangkan, potensi SDA yang melimpah namun SDM yang masih sangat minim sehingga terjadi suatu ketidakmaksimalan dalam pemanfaatan. Pada saat yang lainnya berbondong-bondong mengakses internet bahkan mencari penghasilan didalamnya tetapi teman-teman saya justru harus menjalani kehidupan yang susah dengan menjadi pekerja kasar. Ingin rasanya merubah semua itu namun ilmu yang saya miliki masih terasa sedikit. Atas dasar itulah saya putuskan untuk belajar Ilmu Komputer yang jika dilihat secara sekilas berbau modern dan canggih, dengan harapan nantinya dapat merubah mindset sekaligus memaksimalkan potensi yang ada di Kabupaten tercinta yakni Kabupaten Brebes. Dengan membangun sebuah web profesional yang menyajikan informasi tentang Brebes atau sebuah aplikasi yang juga menyajikan informasi tentang Brebes mungkin akan mampu menjadi salah satu sarana memperkenalkan Brebes kepada masyarakat luas dari berbagai wilayah. Itulah salah satu alasan saya mengapa memilih prodi Ilmu Komputer di UGM
Previous
Next Post »
0 Komentar