Kriteria Seorang Pemimpin

04.00

Baca Juga


Kriteria Seorang Pemimpin - Manusia hidup di dunia ini tidaklah sendiri, melainkan bersama dengan manusia lain yang ada disekitarnya. Kehidupan manusia tersebut akan merasa terlengkapi dengan adanya manusia-manusia yang lain yang ada disekitarnya itu. Namun semua itu terkadang berjalan tidak semanis yang terbayangkan, akan ada banyak konflik menyelimuti kelompok manusia-manusia tersebut.

Untuk itulah sumber daya manusia yang mumpuni di butuhkan dalam hal ini. Jiwa pemimpin, tidak hanya sekedar mampu memimpin diri sendiri tetapi mampu untuk memimpin manusia-manusia lain yang ada disekitarnya. Akan tetapi pada masa sekarang ini jiwa kepemimpinan seperti itu kian terkikis, banyak manusia yang selalu mengharapkan kesuksesan dalam kepemimpinannya akan tetapi hasil terbalik yang justru diperolehnya.

Sudah banyak contoh para pemimpin negeri kita yang gagal dimasa pemerintahannya, banyak para pemimpin-pemimpin daerah yang terpaksa dicopot dari masa jabatannya karena melakukan suatu kesalahan yang merugikan para manusia yang dipimpinnya.

Lalu bagaimanakah cara untuk mengantisipasinya? Bagaimana cara menjadi pemimpin yang sesuai untuk orang-orang yang dipimpinnya? Dari buku leadership of islam terdapat dua prestasi dari seseorang pemimpin yang dikatakan telah sesuai menjadi pemimpin bagi para orang-orang yang dipimpinnya yakni :

1 Ketika seorang pemimpin tersebut telah berhasil untuk menjadikan dirinya lebih baik dan mampu menjadi sosok teladan bagi para pengikutnya

2 seorang pemimpin telah berhasil dalam menciptakan sebuah kondisi yang memungkinkan para pengikutnya mendapatkan aspirasinya.

Dua hal tersebut mampu untuk menjadikan seseorang untuk pantas disebut sebagai seorang pemimpin. Pemimpin yang mampu memimpin orang yang dipimpinnya juga pemimpin yang mampu menjadikan orang yang di pimpinnya menjadi seorang pemimpin.


Previous
Next Post »
0 Komentar