Cara yang Benar dalam Menyampaikan Rasa Terima Kasih kepada Seseorang

09.00

Baca Juga

Cara yang Benar dalam Menyampaikan Rasa Terima Kasih kepada Seseorang – membaca judul diatas pastilah anda bertanya-tanya mengapa hal seperti ini penting untuk dilakukan? Tidaklah akan memadai jika diri anda hanya sekedar merasa bersyukur serta berterima kasih kepada seseorang yang sebelumnya telah melakukan hal baik yang berguna bagi anda. Akan tetapi yang seharusnya anda lakukan adalah menunjukan rasa bersyukur anda tersebut secara eksplisit serta menunjukan rasa terima kasih kepada semua orang yang memang patut menerimanya.

Mengapa perlu seperti itu? Karena semua itu sudalah menjadi sifat yang mendasar bagi seorang manusia untuk dapat menyukai dan juga menanggapi secara baik semua orang yang selalu bersyukur juga berterima kasih kepada diri mereka. Bahkan yang lainnya lagi, mereka akan lebih cenderung untuk meresponnya dengan cara memberi lebih banyak lagi kepada seseorang yang berterima kasih kepada dirinya.

Apabila diri anda merasa berterima kasih kepada seseorang yang lain dan apabila diri anda menjadi seseorang tersebut mengetahui bahwa diri anda merasa berterima kasih kepada mereka, maka hampir bisa dipastikan bahhwa nantinya mereka akan membalasnya dengan cara memberi lebih banyak lagi secara tidak langsung kepada diri anda di kemudian hari. Tetapi sebaliknya, apabila diri anda tidak pernah sekalipun menunjukan secara eksplisit hal tersebut, yaitu rasa terima kasih diri anda meskipun sesungguhnya anda merasakannya, maka akan semakin sedikit kemungkinan mereka semua untuk bisa membalasnya dengan berbuat sesuatu hal yang baik kepada diri anda dikemudian hari. Mereka semua kemungkinan akan beranggapan bahwa anda merupakan seseorang yang tidak tahu terima kasih.

Apaka anda sekarang akan melakukan hal itu setelah mengetahui betapa besar perannya? akan tetapi iya atau tidak jawaban anda, dalam mengucapkan atau menyampaikan kata “terima kasih” dibutuhkan suatu seni tersendiri, yakni seni berterima kasih.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang penting dari seni berterima kasih yang tidak lain adalah Cara yang Benar dalam Menyampaikan Rasa Terima Kasih kepada Seseorang :

  • 1.selalu jujur dan tuluslah disaat anda hendak mengucapkan kata “terima kasih”


Sebab tulus dan jujur merupakan sikap yang terbaik disaat anda hendak menyampaikan kata “terima kasih” kepada seseorang.

Dengan sikap yang seperti itu, mereka akan dapat mengetahui bahwa anda telah mengucapkan kata “terima kasih” dengan tulus dan jujur sepenuh hati.

Sebab mereka dapat mengetahui dengan mudah apabila anda tidak jujur dan tulus sepenuh hati dalam mengucapkan kata “terima kasih”. Maka dari itu tulus dan jujurlah

  • 2.katakanlah kata “terima kasih dengan nada suara yang mantap dan jelas


Jangan pernah sekalipun anda mengucapkan kata “terima kasih” den nada suara yang lemah, tak bersemangat, atau lebih-lebih seperti orang bergumam. Akan tetapi, anda selalu mengusahakan agar mengucapkan kata-kata tersebut dengan nada yang senang, semua itu dilakukan agar mereka dapat mengetahui bahwa anda merasa bergembira dalam mengucapkannya.

  • 3.menatap wajah orang tersebut ketika anda mengucapkan kata “terima kasih”


Kata “terima kasih” anda dapat jauh lebih bermakna lagi apabila anda menatap wajah orang tersebut ketika anda mengucapkan kata “terima kasih”. Sebab apabila tatapan mata anda tertuju bukan pada orang tersebut melainkan hal yang lainnya, maka dalam hati orang tersebut akan mengatakan “hmmm, dia mengucapkan kata “terima kasih” kepadaku hanya untuk basa-basi saja”

  • 4.pada saat anda mengatakan kata “terima kasih”, sebutlah juga nama dari orang tersebu


Anda tahu? Akan sangat berbeda jauh daya pengaruh yang terjadi antara ucapan kata “terima kasih” dengan “terima kasih, Pak Andri”

Denngan anda menyebutkan nama dari orang tersebut, maka ucapan kata “terima kasih” anda akan terasa lebih terfokus juga lebih pribadi ditujukan pada orang yang memiliki nama tersebut.

  • 5.jelaskanlah hal apa yang menjadikan anda mengucapkan kata “terima kasih” pada orang tersebut


Hal ini diartikan bahwa anda harus memilih momen ataupun situasi yang tepat guna anda dapat mengucapkan kata “terima kasih” tersebut.

Orang-orang biasa mengucapkan kata “terima kasih” hanya untuk hal-hal yang jelas terlihat atau kasat mata saja. Sedangkan orang-orang diatas biasa atau rata-rata mengucapkan kata terima kasih juga untuk hal-hal yang bahkan tak terlihat oleh mata secara jelas dan eksplisit.

  • 6.satu kata “terima kasih” untuk satu jenis kebaikan


Jangan pernah sekalipun anda melewatkan satu kebaikan pun yang diri anda terima tanpa adanya kata “terima kasih”

Demikianlah langkah-langkah seni berterima kasih yang tidaklain adalah Cara yang Benar dalam Menyampaikan Rasa Terima Kasih kepada Seseorang. Bagaimana, mudah dan sederhana bukan cara diatas? Saya yakin anda dapat melakukannya. Tetapi jangan salah, meskipun mudah dan sederhana tetapi langkah-langkahseperti inilah yang sebenarnya mampu menjadikan seni berterima kasih sebagai salah satu dari sekian banyak seni menjadi yang paling berpengaruh dalam membina dan membangun interaksi yang positif dan juga interaksi yang manusiawi dari sesama manusia.

Didalam dunia tatakrama dan juga pergaulan, tak banyak “etiket” lainnya yang jauh lebih penting ketimbang kemampuan untuk mengucapkan kata “terima kasih” atau berterima kasih. Akan menjadi tidak baik sekali citra diri anda dan juga sirnalah semua daya pengaruh diri anda bilamana orang-orang yang ada disekeliling diri anda menilai anda sebagai seseorang yang tidak menggerti atau tidak tahu terima kasih.

Oleh karena itu dapat ditarik sebuah garis kesimpulan, bahwa kemampuan mengucapkan kata “terima kasih” ini merupakan suatu harta kekayaan yang sangat luhur juga memiliki nilai yang tinggi bagi diri anda disepanjang hidup anda.

Sumber :
http://www.iseng-iseng.tk/

http://brebes-punya.blogspot.com
Previous
Next Post »
0 Komentar