Seperti Inilah Cara Memuji yang Benar

09.00

Baca Juga

Seperti Inilah Cara Memuji yang Benar - Manusia tidak hanya hidup dari sepotong roti saja, akan tetapi manusia juga membutuhkan suatu makanan bagi jiwa miliknya seperti halnya manusia membutuhkan suatu makanan bagi tubuh miliknya. Tapi apakah anda mengetahui seperti apa makanan bagi jiwa seseorang? Pujian, iya pujian adalah “makanan yang sehat” bagi jiwa semua orang.

Coba anda ingat bagaimana perasaan anda disaat sebuah perkataan yang sangat ramah atau pujian yang sangat tulus diberikan kepada diri anda. Apakan anda masih ingat bagaimana perubahan sebuah momen indah akibat dari perkataan atau pujian yang sangat tulus tersebut? Dan apakah anda masih ingat pula seberapa lamanya kegembiraan tersebut merasuk  kedalam jiwa milik anda?

Baiklah, perlu anda  ketahui pula bahwa orang lain juga akan memiliki reaksi yang sama apa yang anda reaksikan. Oleh karena itu, ucapkanlah segala macam perkataan yang menjadikan orang lain merasa bahagia dan senang. Orang lain yang anda perlakukan seperti itu akan menyukai anda dan anda juga dapat merasa lebih puasbahkan senang dengan tindakan anda tersebut yabng menjadikan seseorang menjadi lebih bahagia.

Anda harus menemukan seseorang dan sesuatu dalam dirinya untuk dipuji, setelah itu anda berilah dia pujian. Akan tetapi semua itu terkadang tidak berjalan dengan sebagaimana mestinya, terkadang seseorang mengira ada maksud tertentu dibalik pujian itu. Untuk itulah artikel ini di buat untuk selalu mengingatkan anda Seperti Inilah Cara Memuji yang Benar :

  • a.sebuah pujian haruslah jujur dan juga tulus

jangan pernah sekalipun anda memberi pujian apabila pujian tersebut tidak jujur dan tulus.

  • b.selalu memuji perbuatannya, tidak pelakunya

dengan memuji perbuatannya maka akan dapat menghindari adanya embarrassment (rasa malu) dan confusion (kebingungan) dan juga menghindari adanya sebuah kecurigaan favoritisme. Sebuah pujian atas suatu perbuatan juga akan dapat menciptakan suatu insentif lebih sering untuk melakukan perbuatan seperti itu.

Berikut adalah beberapa contoh pujian yang lebih ditujukan kepada sisi perbuatannya, tida kepada orang atau pelakunya.
“Anton, pencapaian hasil kerja milik anda oada tahun ini begitu mengesankan” akan lebih sesuai jika dibandingkan dengan “Anton kamu adalah seorang pekerja yang hebat”

“Jessy, kamu mengerjakan dengan begitu baik sekali semua laporan bulan ini” bandingkan lagi dengan “Jessy kamu adalah sekretaris  terbaik di tempat ini”

Tujukanlah setiap pujian yang anda berikan hanya kepada perbuatan atau prestasi yang spesifik saja. Karena pujian yang mempunyai sifat umum akan tidak begitu efektif.

Dan inilah merupakan salah satu langkah mencapai kebahagiaan dalam hidup

“biasakanlah anda untuk mengucapkan segala macam perkataan yang tulus juga mengandung pujian minimal atau sekurang-kurangnya kepada tiga orang yang anda temui setiap hari. Dan kemudian, coba anda rasakan dan juga hayati betapa besar pengaruh positifnya.”

Dengan perbuatan yang demikian, anda akan mampu benar-benar menjadi yakin bahwa sepeti itulah salah satu langkah untuk mencapai kebahagiaan dalam hidup.

Dan pada saat anda menyadari dan lalu menyaksikan sebuah kegembiraan dan kebahagiaan yang telah anda beri kepada orang lain disekitar anda, maka diri anda juga akan dapat merasakan suatu kebahagiaan atasnya. Suatu pemberian, akan selalu dapat membuahkan suatu kenahagiaan yang lebih besar lagi dari pada suatu penerimaan.


Anda tak percaya? Cobalah membuktikannya dengan melakukannya.

Sumber :
http://www.iseng-iseng.tk/
http://brebes-punya.blogspot.com
Previous
Next Post »
0 Komentar