7 jurus jitu belajar efektif dan efisien tahun ini

04.50

Baca Juga

seperti janji saya di pembahasan sebelumnya tentang merubah pola pikir (mindset) dalam belajar ,
Kali ini saya akan berbagi tentang cara belajar efektif paling tepat yang dapat anda terapkan : 

1.Membuat Intisari.
Membuat intisari akan menjadi sebuah kata kunci yang lebih efisien untuk diingat dan nantinya akan berguna memudahkan kita ketika kita mengulang pelajaran selama ujian. Dengan begitu anda mampu memegang kuat apa yang sebenarnya harus dikuasai.

Buatlah intisari dari Setiap Pelajaran. Buatlah rangkuman atau ringkasan dari semua pelajaran yang anda dapatkan baik di sekolah maupun di tempat lain seperti tempat les atau lewat belajar bersama.

2. Aktif.
Menjadi aktif disini salah satunya adalah aktif bertanya. Jika selama proses belajar (terutaman dikelas) anda mengalami kesulitan atau kekurang pahaman, maka tanyakan kepada guru, teman atau orang tua. Contoh jika di sekolah  jangan menunggu bapak atau ibu guru atau dosen mengajukan sebuah pertanyaan kepada anda. Mulai sekarang, mulailah bertindak aktif ketika sedang dalam proses belajar mengajar di kelas. Jangan pasif ! Dengan begitu, hal-hal yang sekiranya benar-benar belum anda pahami mempunyai peluang lebih besar untuk langsung dijelaskan solusi nya oleh para pengajar anda. Karena jika kita bertanya biasanya kita akan ingat jawabannya. Dan ingat ! Jika bertanya, bertanyalah secukupnya dan jangan bersifat menguji orang yang kita tanya.

3. Disiplin
Sebuah kedisiplinan memang perlu diterapkan dalam belajar, hal ini merupakan salah satu kunci berhasil atau tidaknya segala sesuatu. Contohnya  seperti disiplin waktu dan disiplin dalam berkonsentrasi pada pelajaran. Dengan adanya sifat disiplin dalam diri Anda, dapat dipastikan bahwa dalam belajar anda akan memperoleh hasil yang baik. Tanpa adanya sebuah kedisiplinan, sepertinya mustahil untuk mencapai hasil yang maksimal. Jalankan dengan disiplin semua metode belajar yang sudah anda rencanakan.

4. Belajar Kelompok.
Balajar kelompok seringkali di katakan metode yang paling efektif karena dalam suasana belajar berkelompok yang cukup santai otak menjadi lebih rileks menerima ilmu - ilmu yang akan di serap. Selain itu akan lebih mudah menyelesaikan hal - hal yang belum di ketahui dengan bekerja sama. Karena pada akhirnya kita bisa saling sharing dengan teman-teman yang lain mengenai pokok-pokok materi pelajaran yang mungkin sulit dipecahkan atau dipahami sendirian.

5. Mengembangkan Materi Pelajaran.
Cobalah kita berpikir kritis ala ilmuwan kemudian kembangkan materi yang Sudah di Pelajari. Hal seperti ini masih sangat jarang dilakukan atau diterapkan bagi sebagian besar pelajar. Padahal dampaknya akan sangat terlihat jika hal ini dilakukan dengan baik. Carilah dalam soal-soal latihan segala hal / pertanyaan yang belum ada, dan nantinya bisa anda tanyakan langsung kepada para bapak/ibu guru yang mengajar pelajaran itu. Dan cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet jika belum puas. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis. Mulai sekarang, kembangkan lah materi sebanyak mungkin agar bisa lebih mendalami materi pelajaran.

6.Referensi.
Untuk mendapatkan referensi pendukung, pada zaman sekarang tidaklah sulit karena Perpusatakaan sekolah / kampus sudah tersedia dengan sangat lengkap. Juga internet yang secara update menyajikan berbagai informasi terbaru, anda bisa menjelajah internet dengan sangat leluasa. Hampir segala sesuatu tersedia di dunia maya. Anda bisa download buku elektronik/yang lainnya yang bisa dibuka di komputer atau bahkan di HP. Manfaatkan teknologi internet ini untuk mendukung belajar anda.

7.Istirahat Cukup
Ini adalah hal penting yang harus digaris bawahi jangan lupa untuk istirahat. Segiat - giatnya kita belajar tetaplah kita harus mendapatkan istirahat yang cukup. Orang - orang sukses seperti steve jobs yang menjadi pintar karena mereka mempunyai metode - metode belajar efektif tersendiri, jadi ciptakan sendiri suasana belajar kondusif yang menurut kamu bisa menjadi cara belajar efektif dan efisien.
Previous
Next Post »
0 Komentar