Apa suara perut anda sudah bangkit?

23.00

Baca Juga

Apa suara perut anda sudah bangkit?-Terkadang ada seseorang yang sudah mempunyai suara diafragma sejak lahir. Orang yang seperti ini haruslah bersukur karena dia sudah mempunyai modal. Yang dia butuhkan hanya berlatih bagaimana cara menggunakan karunia itu dengan benar dan sebagaimana mestinya.

Ciri-ciri orang yang memiliki suara diafragma biasanya dia hanya sedikit menggerakkan mulutnya namun suara yang dihasilkannya begitu jelas dan nyaring. Salah satu contoh orang indonesia yang mempunyai suara diafragma adalah Wiranto mantan Menhankam Pangab. Tapi dilain sisi masih ada juga orang yang sudah begitu lebar membuka mulutnya namun suara yang dihasilkan tetap tidak jelas (samar-samar) dan bahkan tidak nyaring. Contohnya orang-orang disekeliling kita.

Tidak semua orang yang suara perutnya bangkit selalu kemik-kemik bibirnya sedikit adakalanya mulutnya harus dibuka dengan lebar maka suara diafragmanya baru muncul. Ciri-ciri spesifik orang ketika menggunakan suara perut seseorang dengan seseorang lainnya berbeda-beda.

Tujuan utama seseorang melatih suara perut bukanlah agar suara yang dihasilkan besar, akan tetapi agar suara mempunyai power meskipun energi yang digunakan tidak besar. Sekarang bagaimana nasib mereka yang tidak diberikan suara diafragma sejak lahir? Tenang saja, mereka tetap akan dapat memilikinya dengan syarat harus mau dilatih/latihan setiap hari. Sedangkan manfaat dari kita menggunakan suara perut adalah TIDAK CAPEK DAN KELUAR TENAGA terutama untuk penyiar dan Voice Over Talent maupun penyanyi sangat bermanfaat .

Sebenarnya banyak sekali berbagaimacam teori untuk melatih suara perut, apalagi bagi anda yang Les vocal pastilah guru anda lihai atau mempunyai cara yang khusus untuk melatih suara perut. Tapi bagaimana jika saya tidak Les vocal? Tenag saja, berikut adalah pengalaman saya semoga bisa dipakai untuk bangkitkan suara perut. Saya pakai dua jurusan cara pertama dan cara kedua. Sbb:


Baiklah Kitamulai dengan CARA PERTAMA

a. Ucapkan dengan panjang-panjang huruf vokal A, I, U, E, O.
Contoh: tarik nafas, lalu keluarkan dengan suara AAAAAaaaaaaaaaaaaa… (dengan bulat), sampai nafas habis. Setelah itu lanjutkan lagi untuk huruf lainnya dengan cara yang sama. Ucapkan semua hurup vokal tersebut dari nada rendah, lalu naik sampai AAAAaaaaaaa… nada tinggi.  Lakukan dengan rileks dan jangan tegang untuk hasil yang terbaik. Biasa kalau baru latihan ia akan merasakan mata kunang-kunang.

b. Berdesis
Ambil napas secara perlahan, ketika diafragma dirasa udah penuh buang secara perlahan pula dengan berdesis: ss . . . ss . . . ss . . . (putus-putus). Lakukan dengan rileks jangan tegang untuk hasil yang terbaik. Cara ini dilakukan untuk menambah power seseorang.

c. Nafas dengan dada tidak terangkat
Bernafaslah dengan dada yang statis atau tidak terangkat. Apabila terangkat maka cara anda bernafas masih salah.

Berlatihlah dialam terbuka, karena itu juga baik untuk kesehatan. Ada juga manfaat lain dari latihan ini, Seorang presenter Bali Tv dr. Ngurah Putra mengatakan kebiasaan bicara dengan suara diafragma akan mengurangi pengeroposan tulang. Juga Anand Krishna seorang pakar meditasi beliau mempraktekan pengucapan kata A, U dan M untuk kesehatan. teorinya sama ucapkan Aaaaa sepanjang-panjangnya sampai terhenti dan ucapan Uuuu sampai terhenti. Begitu pula dengan hurup Uuuu. Dan kombinasi AaaaaUuuuuuMmmmmm (aum ) sepanjang-panjangnya sampai terhenti .Ini juga mampu bangkitkan Diafrgama seklaigus kesehatan .

Sumber :
http://www.iseng-iseng.tk/

http://brebes-punya.blogspot.com
Previous
Next Post »
0 Komentar