Menjadi penulis? kenapa tidak

17.05

Baca Juga

Siapa pun dirimu, dari mana pun kamu berasal dan dari keluarga apapun kamu dilahirkan kamu bisa menjadi seorang penulis. Dunia kepenulisan merupakan dunia yang sangat terbuka bagi siapa pun tanpa terkecuali. Disaat kamu memutuskan untuk menjadi penulis, sesungguhnya kamu telah memilih menjadi sesuatu yang besar. Apa alasanya? Karena "Bila engkau bukan anak raja dan engkau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis." (Syaikh Imam Al-Ghazali)

Pada awalnya, sebuah tulisan sesungguhnya berasal dari suatu gagasan dan suatu gagasan itu sendiri berasal dari buah akal manusia yang muncul di saat manusia itu menghadapi segala macam persoalan yang terjadi didalam hidupnya. Akan tetapi, sebesar apapun gagasan yang muncul atau dihasilkan dari akal manusia, tetap saja hanyalah sebuah gagasan yang tidak memiliki arti dan manfaat apapun manakala tidak diikat dengan yang namanya tulisan. Contohnya pemikiran-pemikiran brilian dari Sir Isaac Newton, atau penemuan-penemuan luar biasa dari Albert Einsteins, atau filosofi-filosofi dari Aristoteles, Plato, Imam Al-Ghazali, Al-Kindi, Al-Farabi mustahil bisa kita ketahui serta mustahil bisa bermanfaat bagi kita apabila gagasan itu tidak dituliskan dan di biarkan begitu saja tetap berada di dalam pikiran mereka.

Seumur hidup mungkin kita juga tidak akan mengenal siapa itu Soekarno, Pangeran Diponegoro, Raden Ajeng Kartini, dan lain sebagainya manakala tidak ada tulisan tentang siapa mereka. Kita juga mungkin tidak akan mengetahui penemuan-penemuan luar biasa seperti telefon, mobil, internet, google dan lain sebagainya jika tak ada satupun tulisan yang memperkenalkan dan memaparkannya.

Singkatnya, jika tidak ada yang namanya kegiatan tulis-menulis di dunia ini maka manusia senantiasa hidup dalam kegelapan. Oleh sebab itu, keadaan dunia tak terbayangkan manakala hidup ini berjalan tanpa adanya tulis-menulis (tulisan). Dan yang pasti juga kita tidak bisa membaca serta melihat novel serta film Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Mengenal super hero-super hero luar biasa dari dunia fiksi seperti Batman, Superman dan juga Naruto.

Dengan demikian, sebuah tulisan sebenarnya memiliki peran yang sangat penting guna berlangsungnya peradaban manusia. Karena sifatnya yang tidak pernah tergantikan itulah kegiatan menulis bukanlah pekerjaan yang sepele, melainkan pekerjaan yang besar. Dan hanya mereka mereka yang menulislah yang namanya akan ditulis dam tidak akan hilang dari sejarah hidup karena menulis sama artinya dengan menjadi pelaku sejarah. Dengan kata lain, dengan menulis berarti kamu secara tidak langsung kita telah mengikuti alur kehidupan orang-orang besar dari setiap jaman. Untuk itu sebagai penulis patutlah kamu bahagia dan mensyukurinya.

Previous
Next Post »
0 Komentar