Ternyata Manusia Mampu Mencium Bau dari Kematian

03.18

Baca Juga

Siapa yang dapat menyangkanya bahwa seorang manusia sesungguhnya dapat mencium aroma dari kematian? Seperti hasil suatu penelitian dari Amerika Serikat. Mereka mengklaim bahwa seorang manusia sendiri dapat mencium bau aroma dari kematian seperti layaknya seekor binatang. Menurut pernyataan yang mereka utarakan, bau seperti ini akan mengaktifkan suatu system paling purba di dalam otak seorang manusia yakni lari atau melawan. Dua orang doktor dari dua universitas yang berbeda yakni Dr Arnaud Wisman dari University of Kent dan Dr Ilan Shrira dari Arkansas Tech University melakukan suatu riset penelitian gabungan berkenaan dengan bau aroma ini. Mereka berdua menyatakan bahwa terdalat suatu komponen kimiawi yang khusus yang keluar dari dalam tubuh seseorang pada saat seseorang tersebut sedang menghadapi sebuah kematian atau pada sedang dalam kondisi yang sekarat. Komponen kimia khusus tersebut mereka sebut dengan nama putrescine yang mempunyai bau aroma yang khusus. Dan ternyata memang bau aroma khusus tersebut hanya akan keluar pada saat seseorang tersebut sedang dalam keadaan yang sekarat atau sedang mendekati kematiannya. Yang lebih uniknya lagi, apabila aroma bau tersebut tercium oleh orang lain, maka akan dapat menyebabkan perasaan takut serta perasaan ingin melarikan diri.
Illustrasi Kematian via bengkulutoday.com
Doktor dari University of Kent yakni Dr Arnaud Wisman menyebutkan bahwa ,
“Orang mungkin memiliki preferensi berbeda tentang bau yang mereka suka dan tidak sukai. Bau memang bisa meemngaruhi emosi dan perilaku kita. Namun penelitian kami membuktikan bahwa bau ternyata juga bisa menyebarkan rasa takut yang berhubungan dengan kematian,”
Seekor bnatang sendiri diketahui telah memiliki indra penciuman yang sangat tajam serta mampu mengidentifikasikan putrescine jauh lebih baik dari pada seorang manusia. Meskipun seperti itu, kedua peneliti tersebut mengatakan bahwasannya seorang manusia juga sebenarnya dapat mempunyai kemampuan itu meskipun diri mereka sendiri tidak mengetahuinya. Kemudian untuk percobaannya sendiri mereka berdua telah melakukan empat seri percobaan dengan cara mengekspos para partisipan kepada bau aroma dari putrescine tersebut secara sengaja dan juga secara tidak sengaja. Reaksi yang didapat dari para partisipan setelah diri mereka terekspos dengan putrescine tersebut selanjutnya diperbandingkan dengan dua buah bau aroma yang lainnya yakni bau aroma dari ammonia dan bau aroma dari air (netral). Dan hasil yang didapatkan adalah meskipun mereka tidak mengetahui jika itu merupakan  putrescine, para partisipan tersebut yang telah mencium bau aromanya akan merasakan perasaan yang gelisah, perasaan cemas dan juga perasaan takut. Reaksi tersebut tetap saja terjadi meski bentuk dari putrescine itu disamarkan.
Kira-kira bau aroma dari putrescine tersebut seperti apa ya?
Sumber: detik.com
Previous
Next Post »
0 Komentar