Arti Penting Pendidikan bagi Indonesia

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Apa sih arti pendidikan itu?

Pendidikan merupakan segala bidang penghidupan, dalam memilih dan hidup yang baik.

Selain memberikan ilmu pengetahuan, ketrampilan, dan keahlian, pendidikan juga berfungsi sebagai sarana, alat, atau cara untuk mengembangkan kepribadian, emosional, moral, dan sosial karena sangat berguna bagi seseorang ketika terjun ke dalam masyarakat, sehingga dapat berkomunikasi dengan baik.


Disadari atau tidak. Ilmu bisa mengantar Anda ke mana-mana. Karena ilmu akan tetap menjaga Anda, di manapun Anda berada. Dengan ilmu kita mendapatkan pengetahuan, hidupnya akan sukses. Jika mempunyai ilmu akan mudah dalam mendapatkan pekerjaan, dihargai dan dihormati oleh orang lain, mempunyai wawasan yang tinggi, dan insya Allah berkah hidupnya.

Bangsa yang besar dapat diukur dari sumber daya manusia yang berkualitas baik dari segi intelektualitas, spiritual, dan kemampuan yang dimiliki setiap bangsa.

Namun perlu kita sadari sumber daya manusia di Indonesia masih perlu ditingkatkan lagi begitu pula sistem pendidikannya. Sebagai contoh dengan kondisi rakyat yang masih mudah dipengaruhi berita yang tidak jelas sumbernya, mudah diadu domba, mudah mengeluarkan hujatan dan membicakan kekurangan orang:
“Saya tidak yakin bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia akan berubah menjadi lebih baik dalam beberapa tahun mendatang. Siapapun Presidennya.”

Tidak perlu senjata untuk menghancurkan suatu negara, cukup rusakkan sistem pendidikannya. Tapi tentu saja kita sebagai rakyat Indonesia tidak ingin negara tercinta ini hancur. Maka dari itu kita harus mencintai negeri ini dengan berusaha memperoleh pendidikan yang tinggi.

Siapapun yang berhenti belajar, entah usia dua puluh atau delapan puluh, berarti sudah tua. Siapa pun yang terus belajar akan tetap muda. Hal paling menyenangkan dalam hidup adalah membuat pikiran tetap muda.

Kita juga perlu menanamkan rasa nasionalisme dalam diri kita. Nasionalisme masa kini lebih tepat diterjemahkan sebagai, “Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung.”
Peribahasa tersebut dapat diartikan pula sebagai berikut:
  • 1. Haruslah mengikuti atau menghormati adat istiadat di tempat tinggal kita.
  • 2. Sebaiknya kita selalu mengikuti kebiasaan dan adat istiadat di tempat kita berada.


Biodata penulis

Nama saya Resmitha Diadara

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar