Belajar Kepribadian dari Lebah

20.29

Baca Juga

Belajar Kepribadian dari Lebah - Lebah merupakan serangga yang mempunyai tiga pasang kaki dan dua pasang sayap. Lebah membuat sarangnya di atas bukit, di pepohonan, dan di atap rumah. Lebah memakan nektar bunga dan serbuk sari. Kalau kita membandingkan ukuran tubuh dan sayap lebah. Lebah mampu terbang, bahkan terbang menentang angin. Mengagumkan, bukan? Kira-kira apakah yang menjadi penyebab lebah mampu untuk terbang? Pasti terdapat rahasia di balik semua ini.

Ternyata lebah mengepakkan sayapnya dengan cara yang tidak umum di kalangan serangga. Lebah dalam ilmu biologi termasuk Hymenoptera, mempunyai sayap berjumlah 2 pasang sayap yang tak sama berupa selaput tipis, tipe  mulut menggigit dan menjilat, metamorfosis sempurna.sebagian besar serangga menggerakan sayapnya dengan gerakkan panjang yang konstan. Namun lebah berbeda, mereka terbang dengan gerakkan pendek melengkung. Tapi rahasia pentingnya adalah lebah mengepakkan sayapnya lebih cepat dibandingkan serangga lain.

Manfaat lebah yang utama adalah menghasilkan madu. Madu dan lebah memiliki keistimewaan yang luar biasa sehingga tercantum dalam surat tersendiri di dalam Al-Quran.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran surah An-Nahl ayat 69, yang artinya kira-kira seperti ini :

"Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang yang memikirkan." 

Mengutip surat An-Nahl ayat 69 di atas, dijelaskan bahwa bahan yang dapat dijadikan obat penyembuh bagi manusia adalah bahan yang keluar dari perut lebah dengan bermacam-macam warnanya.

Sayap kecil bukanlah kutukan dari Tuhan. Hal ini merupakan pelajaran baru yang kita dapat dari serangga yang pantang menyerah. Serangga yang satu ini memiliki beberapa kepribadian yang patut kita contoh:

1. Makanan lebah adalah nektar bunga dan serbuk sari
Lebah selalu memakan sari bunga yang manis dan tak pernah keliru ke makanan lain. Semisal makanan busuk atau air comberan. Beragam tanaman yang dipilih oleh lebah, maka beragam pula jenis madu dan khasiatnya. Hal ini menunjukkan kepada kita bahwa kita juga harus memakan makanan yang sehat dan jelas kehalalannya. 

2. Lebah tidak mematahkan ranting yang dihinggapi
Tubuh lebah yang mungil memudahkan ia terbang untuk hinggap di manapun tanpa merusak tempat tersebut. Hal ini menunjukkan kepada kita bahwa kita harus bisa membawa diri di manapun Anda berada. Kita harus dapat beradaptasi dengan lingkungan dan masyarakat di sekitar kita.

3. Lebah hanya menghasilkan madu
Dari bahan yang berharga akan dihasilkan produk yang berharga pula. Begitu juga dengan lebah, mereka hanya menghasilkan madu. Hal ini menunjukkan kepada kita adar dapat selalu menghasilkan sesuatu yang baik dan sesuatu berharga yang penuh manfaat bagi orang lain.

Demikianlah apa yang kita bisa pelajari dari lebah, kepribadiannya yang demikian itu kiranya dapat menjadi contoh yang baik bagi kita semua. Sekian dari apa yang dapat saya tuliskan diartikel kali ini. Semoga bermanfaat, terima kasih, jangan lupa mampir di semangat27.com
Previous
Next Post »
0 Komentar