Kemampuan Analisis Situasi dan Kejujuran

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Kemampuan Analisis Situasi dan Kejujuran - Berbicara tentang analisis situasi, arti yang sebenarnya merupakan tahap pengumpulan data yang ditempuh peneliti sebelum merancang dan merencanakan program. Analisis situasi bertujuan untuk mengumpulkan informasi mencakup jenis dan bentuk kegiatan, pihak atau publik yang terlibat, tindakan dan strategi yang akan diambil, dan taktik yang digunakan dalam melaksanakan kerja.

Berbicara tentang kejujuran pastinya Anda sudah paham arti kejujuran, bukan? baiklah, kami akan membahas arti kejujuran secara sederhana. Kata “Jujur” artinya tidak berdusta ketika berbicara. Kejujuran juga berarti tidak melebih-lebihkan sesuatu yang hanya untuk membuat orang lain terkesan kepada kita.

Sudah lama berlalu tetapi ada sebuah pengalaman yang sangat berkesan sampai pada kesimpulan bahwa kemampuan analisis situasi dan kejujuran itu sangat penting. Pengalaman tersebut mengisahkan seseorang yang akan melamar pekerjaan. Setelah melalui proses seleksi, akhirnya mendapat panggilan interview tahap akhir di perusahaan Samsung Electronics, dan jalannya sebuah proses interview dihadiri oleh dua orang panel yaitu Direktur dan General Manager.

Pada awal interview ditanyakan hal - hal umum seputar pengalaman pribadi, dan pengalaman pekerjaan. Tetapi ada satu hal yang mengejutkan pada akhir interview dan tidak pernah terlintas di pikiran.

General Manager itu bertanya, “Anda bisa berbohong?”
Peserta interview itu spontan tersenyum lebar, “Jelas bisa.”
General Manager itu bertanya lagi, “Anda pernah bohong?”
Peserta itu menjawab santai, “Pernah. Saya manusia biasa.”
General manager masih penasaran, “Contohnya?”
Peserta interview itu menjawabnya dengan tenang, “Contohnya sekarang saya datang ke interview ini. Saya sudah bekerja di perusahaan baja. Terpaksa meminta izin tidak masuk kerja dengan alasan tidak sehat, padahal saya datang ke interview.”
General manager itu melebarkan senyumnya, “Ok. Cukup.”

Ketenangan, kejujuran, dan kemampuan analis situasi memang diperlukan. Kalau saja bimgung dan terlalu lama berpikir menjawab pertanyaan tersebut mungkin akan aneh jadinya. Karena pertanyaan ini sangat mudah hanya perlu ketenangan dan kejujuran dalam menjawab.

Seminggu kemudian mendapat pemberitahuan bahwa peserta interview itu diterima sebagai Domestic Materials Purchasing Staff. Entah mengapa ditempatkan ke posisi tersebut walaupun sebenarnya memilih bagian produksi. Inilah pentingnya sebuah kejujuran.

Semoga bermanfaat ya!



Biodata penulis
Nama saya Resmitha Diadara

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar