Motivasi dalam Belajar Ala Anak SMA 1 BREBES

04.49

Baca Juga

Motivasi dalam Belajar Ala Anak SMA 1 BREBES - Apakah motivasi itu? Motivasi adalah proses yang menjelaskan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya.

Seseorang akan sukses ketika memiliki motivasi yang kuat dalam dirinya. Tak peduli tantangan berat apa yang harus dihadapi, seseorang itu akan tabah menjalani kehidupannya. Seseorang yang memiliki motivasi pasti memiliki mimpi. Pengejar mimpi akan terus berlari demi menjemput mimpinya. Tak akan mau menyerah begitu saja.     Motivasi sangat penting artinya dalam kegiatan belajar, sebab adanya motivasi mendorong semangat belajar dan sebaliknya kurang adanya motivasi dapat melemahkan semangat belajar. Motivasi memegang peranan yang amat penting dalam belajar yaitu mendorong manusia untuk bertindak mewujudkan keinginan untuk memperoleh sesuatu atau keinginan diterima oleh orang lain.

Lalu bagaimanakah cara yang tepat untuk meningkatkan motivasi dalam diri seseorang agar memiliki motivasi berprestasi tinggi, khususnya bagi mereka yang tidak memiliki motivasi dalam hidupnya?

1. Rasa sakit
Kita perlu bersakit-sakit dahulu, setelah itu bersenang-senang kemudian. Rasa sakit dapat menjadikan seseorang tumbuh menjadi kuat dan dewasa. Banyak orang sukses muncul karena mereka tetap semangat melawan rasa sakit itu. Seperti pegas yang semakin ditekan akan semakin tinggi loncatannya. Itulah orang-orang yang bermental baja.

2. Rival
Kita butuh rival. Baik yang individu atau kelompok, dapat menjadi sarana untuk meningkatkan motivasi belajar. Karena dengan adanya rival kita akan menjadi lebih bersemangat dalam mencapai hasil yang terbaik. Terkadang kita termotivasi dengan orang lain yang mempunyai kemampuan lebih dari kita. Maka timbulah dorongan yang kuat (motivasi) untuk bisa dalam diri kita. Tapi perlu diingat bakat alami sehebat apapun tidak akan bisa mengalahkan kerja keras. Maka dari itu jangan sesekali menyerah jika Anda masih merasa sanggup.

3. Tujuan hidup
Kita harus memiliki tujuan hidup yang jelas. Sehingga kita memiliki motivasi yang kuat untuk mencapai tujuan hidup itu. Setiap orang ada untuk sebuah alasan. Sekecil apapun alasan itu, saya yakin Anda juga memiliki alasan untuk tetap untuk hidup.

Kita dapat belajar apa saja, kapan saja, dan di mana saja. Motivasi ada untuk mendorong seseorang mau belajar. Belajar tentang apa saja yang bermanfaat. Dengan belajar pemikiran jadi lebih terbuka dan berkembang.

Belajar itu melatih berpikir dan mencari jalan bagaimana menjadi sukses. Dengan catatan, belajar dijalani dengan proses dan prosedur yang benar karena belajar dan pembelajaran hakekatnya adalah proses itu sendiri.

Inilah salah satu kalimat yang dapat memotivasi Anda:
“ Di sekolah kita dapat pelajaran dahulu dan kemudian akan ada ujian, dalam kehidupan kita mendapat ujian dahulu dan kemudian kita mengambil pelajaran.”
Semoga bermanfaat ya!


Biodata penulis

Nama saya Resmitha Diadara lahir pada tanggal 11 Mei 1998. Bertempat tinggal di Brebes jalan dokter Sarjito Rt 01/Rw 06 dusun Gandasuli. Saya adalah siswi SMA Negeri 01 Brebes. Saya duduk di bangku kelas XII SMA yang berarti akan mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Hobi saya adalah membaca dan menulis. Menulis tidak dapat dipisahkan dari membaca. Hakekatnya pada saat membaca, otak akan menerjemahkan kalimat ke dalam bahasa yang mudah dipahami. Semakin sering membaca, maka pembendaharaan kata akan semakin banyak. Dan ini memudahkan dalam menuangkan ide atau gagasan pada secarik kertas. Menulis merupakan hiburan tersendiri bagi saya tetapi saya sadar bahwa untuk meningkatkan kemahiran menulis dibutuhkan kreativitas yang lebih lagi dan pembendaharaan kata yang lebih banyak lagi.
Previous
Next Post »
0 Komentar