Langkah-Langkah Praktis untuk Bisa Menulis Cerita

05.33

Baca Juga

Kalau di sekolah kamu bias jadi siswa yang menonjol dalam pelajaran menulis, tentu kamu akan punya peluang untuk dikenal sebagai siswa  yang cerdas dan menarik. Apalagi kalau ada tulisanmu yang dipublikasikan di Koran atau majalah, dijamin deh, nama kamu akan disebut-sebut baik di kalangan teman-teman dan guru-guru.


Menulis punya banyak sekali manfaat buatmu, bukan sekedar untuk mencari popularitas, menulis juga bias menjadikanmu lebih kreatif dan dapat menuangkan ide-ide yang ada di otak. Masalahnya, banyak remaja seusiamu tidak kepikiran ke arah situ, atau kalaupun kepikiran. mereka bingung bagaimana caranya untuk bias menulis. Nah, berikut ini dihadirkan pula langkah-langkah praktis gimana caranya agar kamu bisa menulis cerita, lebih tepatnya cerpen. Yuk simak langkah-langkah berikut ini:

1. Tanamkan Sugesti untuk Menulis
Menulis tidak sama sulitnya seperti meminum puyer, bayangkan menulis itu sama seperti kamu menikmati ice cream dan sebatang coklat yang lezat. Pasti kamu akan merasakan sesuatu yang berbeda di dalamnya.

2. Mulailah menulis!
1. Tentukan tema cerita, tema adalah hal yang paling mendasar jika kamu ingin membuat sebuah tulisan.
2. Jika ceritamu berlatar belakang sejarah, atau setting daerah. Jangan lupa untuk mengumpulkan data-data, keterangan, atau informasi yang berkaitan dengan cerita tersebut,
3. Tentukan tokoh-tokoh yang terlibat dalam cerita tersebut.
4. Tentukan latar cerita, tempat di mana cerpen itu dikisahkan.
5. Tentukan alur atau plot cerita. Alur adalah jalan cerita.
6. Pengembangan cerita secara utuh setelah dibuat alur.
7. Periksa ejaan, diksi, dan unsur-unsur kebahasaan dalam cerita.

3. Buat Cerita jadi Menarik
Jika kamu sudah terbiasa dengan menulis cerita, pasti akan bertanya-tanya apakah ceritamu menarik atau tidak, jangan pernah ragu untuk meminta kritik pada orang lain berkenaan dengan cerita di dalam tulisanmu.
Tips di bawah ini akan membantumu untuk menghasilkan cerita yang menarik:
1. Perbaiki tulisanmu berdasarkan kritik dari seorang teman, cuek saja dengan berbagai macam kritik karena kritikan itu dapat menjadi masukkan tulisanmu ke depan.
2. Jangan pernah kehabisan dengan ide cerita, karena ide cerita itu sangat banyak di sekelilingmu. Kamu bisa menceritakan kejadian hari ini, kejadian yang terjadi pada orang lain, atau kisah yang mungkin saja fiktif atau khayalan.
3. Banyak membaca, mrmbaca akan membantumu dalam memperkaya diksi.
4. Setelah kamu menulis cerita, jangan langsung diperbaiki. Selesai ditulis, simpan dulu dalam folder laptopmu. Setelah itu buatlah cerita yang lain. karena seringnya kamu menulis akan semakin membuat imajinasimu berkembang.
5. Setelah itu, coba buka kembali cerita yang pernah kamu tulis, pasti kamu akan menemukan tulisan yang berbeda dari sebelumnya.
6. Setelah terkumpul banyak cerita yang kamu tulis, perbaikilah tulisanmu itu.
Previous
Next Post »
0 Komentar