10 Jurus Menjadi Pelajar Berprestasi

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Untuk seorang pelajar, menjadi pelajar yang berprestasi di sekolah ternyata tidak sesulit apa yang dibayangkan. Banyak teman-teman kamu yang berprestasi karena mereka mengetahui rahasianya untuk menjadi pelajar yang berprestasi. Mau tahu apa rahasia para pelajar berprestasi tersebut? Ini dia rahasianya:


1. Jadilah seorang pemimpin

Latihlah rasa tanggung jawabmu. Apabila guru meminta bantuanmu untuk mengerjakan sesuatu misalnya membersihkan kelas, jangan ragu untuk menerimanya. Ajak beberapa teman kelas dan pimpin mereka untuk membersihkan kelas bersama-sama.

2. Mendengarkan penjelasan guru dengan baik

Jawablah setiap pertanyaan yang diajukan oleh guru apabila kamu mengetahui jawabannya. Jangan menunggu guru untuk memanggil kamu untuk menjawab pertanyaan.

3. Jangan malu untuk bertanya

Selalu ajukan pertanyaan kepada guru apabila tidak mengerti tentang sesuatu.

4. Kerjakan PR dengan baik

Jangan selalu mencari alas an untuk tidak mengerjakan PR (Pekerjaan Rumah). Jangan malas mengerjakan PR dengan alas an lupa atau menunda-nunda mengerjakannya. Enak kan kalau kita cepat mengerjakan PR, jadi masih punya banyak waktu untuk bermain dan nonton TV.

5. Mengulang pelajaran

Setiap pulang dari sekolah, selalu mengulang pelajaran yang tadi diajarkan. Nanti sewaktu ada ulangan jadi tidak banyak yang harus dipelajari.

6. Cukup istirahat, makan, dan bermain

Semuanya dilakukan secara berimbang. Setelah pulang sekolah, kita sering ingin cepat-cepat bermain dan melupakan segala hal penting lainnya, contohnya makan dan istirahat. Padahal, setelah seharian di sekolah tak terasa badan kita memerlukan masukan energy tambahan yang bisa didapatkan dari istirahat dan makanan yang kita makan. Oleh karenanya kita harus dapat membagi waktu untuk makan, istirahat dan bermain. Kalau semuanya dilakukan dengan baik, badan jadi segar setiap hari! Jadi tidak sering mengantuk di kelas!

7. Banyak berlatih pelajaran yang kurang disuka

Apabila kamu tidak menyenangi suatu mata pelajaran, contohnya matematika, maka banyak-banyaklah berlatih, mengikuti kursus atau belajar kelompok dengan teman. Sehabis belajar bisa bermain dan menambah teman baru di tempat kursus. Selain itu, siapa tahu dari kurang menyukai matematika, kamu jadi menyukainya.

8. Ikutilah kegiatan ekstrakulikuler yang kamu senangi

Cari tahu kegiatan apa yang cocok dan kamu suka. Contohnya apabila kamu suka pelajaran Tae Kwon Do, cobalah untuk mengikuti kursus dari kegiatan tersebut. Sehingga selain belajar pelajaran-pelajaran yang diajarkan di sekolah, kamu juga mendapatkan pelajaran tambahan di luar sekolah.

9. Cari seorang pembimbing yang baik

Orang tua adalah pembimbing yang terbaik selain guru. Apabila ada yang kurang jelas dari keterangan guru di sekolah, kamu dapat menanyakan hal tersebut kepada orang tua. Selain itu, kamu juga dapat belajar dari teman yang berprestasi.

10. Jangan suka mencontek teman

Kalau mencontek, kamu bisa bodoh karena tidak berpikir sendiri. Lagipula belum tentu, teman yang kamu contek itu menjawab pertanyaan dengan benar. Belum lagi kalau ketahuan guru dan teman lain, malu kan? Kalau kamu rajin belajar, pasti bisa menjawab semua pertanyaan dengan benar sehingga ulangan dapat nilai baik.

Nah, atau kalau kamu sudan bisa menjadi pelajar yang berprestasi, maka eksistensi di sekolah bukan lagi menjadi suatu hal yang jauh untuk diraih, karena semua guru senang dengan siswa yang pintar dan mereka sering ngomongin murid-muridnya yang berprestasi untuk dijadikan contoh teladan adik kelas dan teman-teman seangkatanmu. Bayangin, kan keren kalau namamu dijadikan contoh teladan yang baik.

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar