Cara Cerdas Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

23.50

Baca Juga

Meningkatkan daya ingat adalah hal yang sangat penting agar kamu menjadi orang cerdas. Salah satu peralatan yang paling ampuh untuk menghemat waktu dan tenaga adalah daya ingat. Tanpa daya ingat semua hal yang sudah kita pelajari akan tidak ada gunanya. Berikanlah respon pada setiap keadaan. Seolah-olah kita belum pernah mengalaminya. Manfaatkan daya ingat untuk belajar, berjalan, berbicara, mengenal fakta, memecahkan masalah, mengendarai mobil, membaca, dan melakukan kegiatan yang lain.


Kegunaan dan kemampuan memori manusia adalah mukjizat. Ketahuilah, kamu dapat menyimpan jauh lebih banyak informasi di dalam otak yang beratnya hanya setengah kilogram dibandingkan dengan memori computer yang paling canggih dewasa ini. Tapi permasalahannya banyak di antara kita tidak pernah mengasah kemampuan daya ingatnya, mungkin karena sudah biasa dengan melihat catatan dan menggunakan mesin pengingat pesan otomatis.

Tapi, jika kamu ingin menjadi seseorang unggul yang mecuri perhatian banyak orang, kamu harus cerdas dengan daya ingat kuat. Simak petunjuk untuk meningkatkan kemampuan daya ingat seperti berikut ini:

1. Pusatkan segenap perhatian terhadap hal-hal yang penting di dalam ingatanmu apabila sedang beristirahat dan rieks. Kalau kamu mencoba mengingat sesuatu pada saat sedang lelah, besar kemungkinan kamu akan kecewa.

2. Rincilah menjadi beberapa unit dan subunit yang lebih kecil yang benar-benar dapat dilaksanakan sebelum mengingatnya. Untuk belajar menghafalkan nama-nama ibukota dan dua puluh Negara, rincilah Negara-Negara itu menjadi lima kelompok yang masing-masing terdiri dari empat Negara dan satu kelompok yang terdiri tiga Negara dan satu kelompok yang terdiri dari satu Negara.

3. Ulangilah bahan tersebut untuk kamu sendiri beberapa kali. Mencatat bahan yang harus dihafalkan secara tertulis akan banyak membantu.

4. Bagilah proses belajar dalam beberapa tahap waktu. Mulailah untuk setiap tahap baru dengan memeriksa apa yang telah kamu ingat sebelumnya agar hal-hal itu dapat terbentuk lebih kuat di dalam memori.

5.Kaitkanlah bahan yang sedang kamu pelajari dengan berbagai ide, orang, symbol, atau benda-benda lain yang sudah kamu kenal dan sudah tertanam kuat di dalam memori.
6. Susunlah berbagai gagasan yang harus dipelajari di dalam suatu system rumusan atau kode untuk lebih mengingatnya.

7. Manfaafkan waktu-waktu terluang, misalnya tengah menunggu bis sekolah, untuk mengingat sesuatu. Bawalah buku catatan kecil di dalam saku agar kamu dapat merujuk kembali dengan lebih mudah dan cepat atas apa yang diingat.
Previous
Next Post »
0 Komentar