Jika Anda Penikmat Kopi Maka Anda Harus Baca Kisah Secangkir Kopi

07.16

Baca Juga

Tatkala menyeruput secangkir kopi nikmat, tahukah Anda bagaimana panjangnya biji kopi sehingga menjadi minuman yang membuat penikmatnya ketagihan?

Sejarah kopi berasal dari Afrika Timur. Tepatnya dari Ethiopia spesies kopi terbaik ditemukan, yaitu Coffee Arabica. Ditemukan oleh seorang imam yang bereksperimen memanggang dan merebus biji kopi, lalu mencampurkannya sebagai minuman hangat yang ternyata mengobati rasa kantuk sebelum sembahyang. Kebiasaan ini pun menyebar dari di daerah tersebut.

Selanjutnya, invasi orang Ethiopia ke semenanjung Arab dan kependudukan Ethiopia di Yaman selama lima puluh tahun, menularkan kebiasaan minum kopi di Semenanjung Arab. Cofee Bean, dan Tea Leaf, kita jumpai di setiap mal kota-kota besar. Penikmat kopi tidak saja dari kalangan mapan dan orang tua, generasi muda pun menggemarinya sebagai bagian gaya hidup. kafe-kafe kopi pun berlomba-lomba menciptakan berbagai racikan baru untuk memuaskan konsumennya.

Nikmatnya Aroma Kopi

Saat diseduh dengan air panas, aroma kopi yang khas membuat penikmatnya ketagihan, selalu ingin dan menginginkan lagi. Beberapa penikmat kopi yang sejati, merasa sulit berkonsentrasi dan tak dapat bekerja jika belum menyeruput secangkir kopi.

Kopi pahit atau kopi tubruk adalah kopi kental kegemaran bapak-bapak kita sejak dahulu sampai sekarang. Nongkrong di warung kopi adalah istilah mereka yang gemar minum kopi jenis ini sambil ngobrol aneka cerita kehidupan. Sementara generasi muda lebih memilih racikan kopi yang ringan dan ngepop dengan kafe yang crazy. Menu favorit di kafe kopi yang selalu tersedia adalah Cappucino, Espresso, Latte, Frappucino, atau Mocchaciato. Dari semua menu favorit itu, espresso merupakan dasar minuman kopi, maka setiap kafe atau resto pasti memiliki mesin espresso. Setiap tahun, menu baru minuman kopi diciptakan dalam kreativitas dan kepiawaian bertender dengan bahan pencampur inovatif, seperti minuman beralkohol, sirop aneka rasa dan aroma, serta es krim.

Di balik nikmatnya minum kopi, ada anggapan keliru tentang efek kafein yang dikandungnya. Menurut penelitian, minum kopi berlebihan dapat menyebabkan detak jantung meningkat dan pembuluh darah melebar. Sedangkan sisi positifnya, kafein menyebabkan aliran pikiran menjadi cepat dan jernih serta mampu mengusir lelah dan rasa kantuk. Dosis kafein  yang aman adalah 300 mg sehari. Satu gelas kopi mengandung 100 mg kafein, artinya aman-aman saja jika kita mengonsumsi 3 gelas kopi sehari. Namun, harus diingat bahwa reaksi tiap orang terhadp kafein tidak sama. Ada yang baik-baik saja walaupun minum 5 cangkir kopi sehari. Ada juga orang yang tidak bisa minum kopi sedikitpun!a

Previous
Next Post »
0 Komentar