Jurus Ampuh Agar Gemar Membaca

06.15

Baca Juga

Membaca adalah satu aktivitas yang memiliki berbagai macam manfaat. Tentu saja salah satunya adalah dapat memperluas wawasan dan dapat menjadikanmu pintar. Jika kamu gemar membaca, kamu akan dikagumi banyak orang karena keterbukaan pikiran dan wawasanmu, apalagi ketika kamu berbicara. Tentu kamu pernah merasa begitu terkagum-kagum melihat seorang pembicara yang tampil cerdas dalam menyampaikan gagasan-gagasannya, hal itu dapat dilakukannya karena orang itu gemar membaca.
Tapi permasalahannya tidak semua orang bisa gemar membaca. Bisa jadi hal ini karena dia belum begitu menyadari banyaknya manfaat yang bisa didapat dari kegemaran membaca. Tapi banyak juga orang yang walaupun sudah mengetahui manfaatnya, tetapi dia memang kesulitan untuk bisa tahan lama dalam membaca. Nah, atas alas an ini dihadirkan jurus ampuh biar kamu gemar membaca. Simak ya hal yang berikut ini:

1. Tentukan tujuan membaca

Pembaca yang baik adalah pembaca yang tahu betul akan tujuan ia membaca. Membaca bukan hanya aktivitas mata saja, tapi melibatkan aktivitas pikiran dan hati. Jika seseorang membaca buku tanpa tujuan maka apa yang dibacanya hanya akan sedikit saja memberi manfaat.
Berbeda dengan orang yang memiliki sebuah tujuan yang jelas. Sebelum ia membaca buku ia tahu betul buku mana yang dibutuhkan dan manfaat apa yang bisa diambil dari buku yang akan dibaca. Hal inilah yang selama ini kurang dipahami oleh banyak orang, sehingga mereka pun sulit menumbuhkan minat membaca dalam dirinya.

2. Buatlah perencanaan dalam membaca

Dalam segala hal rencana selalu memegang peranan penting. Kenapa demikian? Karena perencanan akan membantu seseorang menjadi lebih siap dalam menjalankan tugasnya. Apakah termasuk dalam membaca buku? Ya. Membaca buku juga butuh perencanaan. Dalam hal ini kamu harus tahu betul kapasitas kemampuanmu, yakni berupa waktu yang tepat, buku yang sesuai dan kapasitas menguasainya.
Setelah kamu mengetahui kemampuanmu, teruskan dengan membuat target misalnya kamu akan membaca 1 buku dalam waktu 1 buku dalam waku satu bulan, dalam waktu 6 bulan kamu akan membaca 6 buku dan satu tahun akan membaca 12 buku. Dalam menyusun perencanan ini awalnya sangat berat, tapi dengan sebuah kesungguhan dan komitmen manfaat besar akan kamu raih di kemudian hari.

3. Mulailah dari yang paling kamu sukai

Ketika seseorang ingin menumbuhkan semangat membaca buku, sebaiknya bacalah buku-buku yang paling disukai terlebuh dulu. Namun, di sini kamu juga harus melihat kualitas buku bacaanmu. Tentu saja buku yang baik dibaca adalah buku-buku yang bisa memberikan manfaat kepada dirimu, bukan malah sebaliknya meskipun kamu suka. Mungkin ada yang bertanya jika tidak ada buku yang saya sukai bagaimana? Jika itu yang kamu alami, sebaiknya banyak-banyaklah merenung, untuk menemukan masalahmu, karena hanya kamu yang tahu tentang masalah itu.

4. Aturlah waktumu

Tidak punya waktu satu alasan yang sering diucapkan oleh seseorang ketika ditanya tentang membaca buku. Mungkin memang benar, karena kesibukan terkadang membuat tubuh menjadi capek dan sedikit punya waktu dibandingkan dengan seseorang yang aktivitasnya tidak banyak. Namun itu bukan alasan kenapa seseorang enggan membaca buku. Sebenarnya waktu itu banyak. Hanya saja seseorang cenderung mengingkarinya. Sekarang kalau kita mau jujur dalam sehari pastilah kita memiiki waktu luang, meskipun hanya antara 30 menit sampai 1 jam. Intinya adalah kenali waktu luangmu dan gunakan itu untuk membaca.

5. Mulailah secara bertahap

Banyak orang ketika menemukan semangat membaca pertama kali, biasanya mereka ingin langsung membaca buku, ada juga yang langsung mencari buku di took buku, kemudian ia menyempatkan waktu yang banyak untuk itu. Sampai-sampai mereka mengorbankan waktu-waktu yang lain hanya untuk membaca buku, bagi mereka buku adalah hal yang sangat penting.
Bagi orang yang seperti ini sebaliknya santai saja. Sesungguhnya membaca itu hanya butuh istiqomah atau kontinuitas , khususnya bagi mereka yang belum terbiasa membaca. Karena kalau tidak kamu akan cepat merasa bosan.
Previous
Next Post »
0 Komentar