Kuliah Sambil Kerja atau Kerja Sambil Kuliah?

07.50

Baca Juga

Kuliah Sambil Kerja atau Kerja Sambil Kuliah? - Tak dapat dipungkiri bahwa dewasa ini ada begitu banyak orang yang memutuskan untuk berkuliah sembari mencari tambahan uang baik untuk membayar biaya kuliah ataupun memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Atau dilain sisi terdapat pula orang yang memutuskan untuk bekerja namun juga sembari belajar, menuntut ilmu demi memperoleh gelar pendidikan yg lebih tinggi lagi. Ya benar, tentu saja, kedua keputusan yang ada itu diambil atas dasar bukan tanpa alasan. Baik karena faktor yang mencolok yakni faktor ekonomi, maupun faktor yang lain yang menjadikan seseorang tersebut memutuskan untuk Kuliah Sambil Kerja atau Kerja Sambil Kuliah.

Meskipun kita ketahui bersama bahwa adanya pilihan-pilihan itu memiliki resiko yang cukup, akan tetapi anda semua tak perlu merasa khawatir baik Kuliah Sambil Kerja atau Kerja Sambil Kuliah tak masalah karena kali ini semangat27 akan berbagi sebuah tips, mindset, pola-pikir atau apa sajalah terserah anda semua menyebutnya, yang pasti apa yang akan admin bahas dibawah ini akan merasa siap baik nantinya Kuliah Sambil Kerja atau Kerja Sambil Kuliah. Baiklah langsung saja simak baik-baik

source : google image

  • Suatu Peluang ataupun Suatu kebutuhan?

Suatu pekerjaan yang terlihat ada tepat di depan anda rupa-rupanya menawarkan gaji yang cukup besar. Akan tetapi sayang sekali, jadwal dari pekerjaan dengan gaji cukup besar tersebut berbenturan atau bentrok dengan jadwal dari kuliah anda. Sebelum anda memilih untuk menentukan kira-kira mana yang akan menjadi prioritas anda, cobalah sejenak anda untuk dapat memahami secara mendalam apakah pada saat ini, waktu ini anda sedang mencari suatu peluang atau justru malah mencari suatu kebutuhan?

Bila dari lubuk hati yang paling dalam, serta pertimbangan yang matang anda merasakan bahwa pekerjaan yang ada pada saat ini merupakan suatu peluang, sedangkan dilain sisi kegiatan kuliah anda merupakan suatu kebutuhan, inilah waktu yang tepat saatnya anda untuk bisa mengatur sedemikian rupa jadwal dari kegiatan rutinitas anda dengan lebih cerdas lagi.


  • Kesulitan dalam pengaturan waktu

Stamina diri anda yang nantinya akan terkuras banyak setelah menjalani pekerjaan, seringkali akan memicu datangnya rasa malas pada saat berhadapan dengan sekumpulan tugas-tugas. Hal seperti itulah yang sering kali menjadi pemicu penyebab dalam kesulitan anda untuk membagi waktu yang ada antara waktu belajar dan waktu bekerja.

Apabila memang diri anda tidak dapat sedikitpun berkompromi dengan waktu yang ada, maka cobalah untuk diri anda mencari suatu pekerjaan yang termasuk dalam pekerjaan yang tidak terikat dengan adanya waktu (contohnya freelance). Atau anda dapat mempergunakan waktu hari libur anda untuk dapat fokus kepada salah satu hal saja, contohnya pelajaran. Pergunakanlah seoptimal mungkin waktu luang yang anda miliki sehingga dapat dipastikan nantinya diantara kedua hal yang ada tersebut tidak ada satupun yang terbengkalai.


  • Perasaan malas

Inilah fase yang sangat sulit pada saat siapun anda terjebak dalam kenikmatan pada saat sudah mulai menghasilkan uang atau pundi-pundi rupiah anda sendiri, perlahan-lahan namun pasti hal seperti ini akan dapat membuat diri anda terlena. Lambat laun anda pasti menjadi semakin tidak fokus hingga pada akhirnya muncul perasaan malas untuk bisa mengikuti setiap mata pelajaran kuliah. Untuk menyadarkan diri kamu harus selalu ingat, bahwa keuntungan dari melanjutkan studi kuliah ke arah jenjang yang lebih tinggi setiap waktunya merupakan suatu investasi jangka panjang yang sangat baik demi kelangsungan dalam karier yang ada di masa depan.

Mungkin stres dan juga rasa lelah memang akan menjadi suatu resiko yang pastinya akan anda rasakan. Akan tetapi percayalah, pada akhirnya anda akan mendapatkan hasil akhir yang lebih indah melebihi dari seluruh penat yang anda rasakan disaat sekarang ini anda sedang alami. Kuliah Sambil Kerja atau Kerja Sambil Kuliah pastinya akan dapat anda lakukan dengan catatan anda mempunyai niat serta usaha yang lebih untuk dapat selalu hidup dengan disiplin.


  • Mental yang Siap

Kuliah Sambil Kerja atau Kerja Sambil Kuliah memanglah sangat amat menguras waktu, juga menguras tenaga, serta juga bahkan menguras pikiran. Ditambah lagi juga anda harus pandai beradaptasi dengan kedua lingkungan yang benar-benar berbeda. Oleh sebab itu, kondisi Mental yang Siap harus benar-benar anda utamakan. Bertempat pada lingkungan yang tidak anda sukai, tentu saja akan dapat menjadi suatu beban tersendiri. Akan tetapi seperti apa anda mampu untuk dapat bertahan, tergantung dari kondisi Mental yang Siap dari diri anda.


  • Belajar, belajar dan belajar

Keuntungan dari Kuliah Sambil Kerja atau Kerja Sambil Kuliah adalah anda akan bisa mendapatkan begitu banyak macam pengalaman yang nantinya dapat anda dijadikan sebagai gambaran pada waktu yang akan datang dimasa depan. Seperti apa dunia pekerjaan yang sesungguhnya serta seperti apa cara bergaul yang benar, hal-hal seperti itulah yang nantinya akan menjadi suatu pengalaman yang sangat amat luar biasa.

Minimal, diri anda dapat sadar bahwasanya tidak ada hidup yang bisa berjalan tanpa diri kita ini mau belajar. Mencari uang atau pundi-pundi rupiah memanglah penting, akan tetapi pendidikan tetaplah menjadi yang utama. Ilmu untuk dapat terus bertahan hidup adalah dengan cara mandiri serta senantiasa mampu dan sanggup untuk dapat berjalan di atas kaki sendiri.

 Semoga sukses, salam dari sebuah asrama ditengah sawah yang tenang nan damai
Previous
Next Post »
0 Komentar