Sejarah Singkat, Lengkap Terbentuk dan Berdirinya Organisasi ASEAN

07.46

Baca Juga

Sejarah Singkat, Lengkap Terbentuk dan Berdirinya Organisasi ASEAN - Assalamualaikum, selamat malam, salam sejahtera bagi kita semua. Malam ini admin akan ceritakan sedikit bagaimana sejarah terbentuknya asean, siapa sajakah para pendiri asean, atau organisasi asean atau negara pendiri asean itu beserta tokoh pendiri asean, negara mana saja yang termasuk negara negara asean atau negara anggota asean. Baik langsung saja tanpa lama-lama berikut Sejarah Singkat, Lengkap Terbentuk dan Berdirinya Organisasi ASEAN.

Sebelum ASEAN di bentuk pada tanggal 1967, terdapat beberapa negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara sudah melakukan sejumlah upaya untuk dapat membentuk berbagai kerja sama dalam lingkup regional di kawasan ini, contohnya sebut saja seperti Association of Southeast Asia atau ASA, 'Malaya, Philipina, Indonesia' atau Maphilindo, dan South East Asian Ministers of Education Organization atau SEAMEO, serta juga sempat menjalin kerjasama dengan negara yang bahkan di luar dari kawasan ini, contohnya seperti kerjasama South East Asia Treaty Organization atau SEATO dan Asia and Pacific Council atau ASPAC.

Rangkuman Sejarah Singkat, Lengkap Terbentuk dan Berdirinya Organisasi ASEAN dalam bentuk gambar
Isi deklarasi Bangkok, Lima negara pemrakarsa/pendiri ASEAN, Profil Negara ASEAN, Makna warna pada lambang ASEAN, Makna gambar pada Lambang ASEAN, Urutan kronologis terbentuknya ASEAN, Struktur teks "Peristiwa Pembentukan ASEAN", Kelompok nomina dan kelompok verba, Nomina yang terdapat di dalam teks "Peristiwa Pembentukan ASEAN", Mencari paragraf yang memiliki empat ciri yaitu, keterpaduan (kohesi), keterkaitan (koherensi), kekonsistenan sudut pandang, dan ketuntasan.,


Dan dapat dilihat bersama bahwa komunikasi yang ada diantara negara kawasan Asia Tenggara juga dengan negara yang berada di kawasan luar Asia Tenggara tersebut lanjut berkembang dalam Economic Commission for Asia and the Far East atau ECAFE, Colombo Plan, dan yang sering kita dengar yakni Konferensi Asia Afrika atau KAA. ECAFE sendiri telah dibentuk tepatnya pada tanggal 28 Mei 1947 yang kemudian setelahnya diubah nama menjadi Economic and Social Commission for Asia and the Pacific atau ESCAP, yakni merupakan badan yang khusus dalam PBB yang memberikan banyak inspirasi bagi aspek pertumbuhan kerja sama antar regional di wilayah Asia Tenggara.

source : google image
ASEAN adalah suatu organisasi regional yang terbentuknya didasari atas kesadaran dari bangsa-bangsa di kawasan Asia Tenggara akan perlunya suatu solidaritas dan juga kerjasama di antara mereka semua, melalui hubungan kebersamaan sikap dan juga tindakan ini, di harapkan kedepannya akan dapat menciptakan suatu perdamaian, dan kemajuan, serta juga kemakmuran bagi seluruh bangsa-bangsa yang ada di kawasan Asia Tenggara. Assosiation of Sounth East Asia Nations atau ASEAN ini lebih rincinya didirikan atas latar belakang yang ada berikut ini:


  1. Berlatar belakang atas Persamaan dari letak geografis, yang artinya bahwa negara-negara dari anggota ASEAN ini semuanya berada atau terletak di kawasan wilayah Asia Tenggara
  2. Berlatar belakang atas Persamaan dari nasib dan juga sejarah, yang artinya bahwa negara-negara dari anggota ASEAN ini dahulunya adalah sama-sama bekas dari negara jajahan imperialisme Barat terkecuali negara Thailand
  3. Berlatar belakang atas Persamaan dari kepentingan, yang artinya bahwa sebagai negara yang termasuk kedalam keadaaan sedang berkembang, maka perlu kiranya diadakan jalinan kerja sama baik di bidang ekonomi, bidang sosial dan juga bidang budaya di antara masing-masing negara yang berada di dalam satu kawasan ini.
  4. Berlatar belakang atas Persamaan dari budaya, yang artinya bahwa negara dari anggota ASEAN ini dahulunya berasal dari rumpun yang sama yakni rumpun Austronesia
Assosiation of Sounth East Asia Nations atau lebih mudah disebut ASEAN ini terbentuk tepatnya pada tanggal 8 bulan agustus tahun 1967 di negara Bangkok. Adapun para tokoh pendiri ASEAN yang mewakili negaranya sebagai negara pendiri ASEAN lebih rincinya di prakasai langsung oleh lima orang mentri luar negeri dari lima negara, nama-namanya adalah sebagai berikut ini:

Tokoh Pendiri Asean : Adam Malik sebagai Mentri luar negeri dari negara pendiri Asean : Indonesia
Tokoh Pendiri Asean : Tun Abdul Razak sebagai Mentri luar negeri dari negara pendiri Asean : Malaysia
Tokoh Pendiri Asean : Thanat Komansebagai Mentri luar negeri dari negara pendiri Asean : Thailand
Tokoh Pendiri Asean :  Narsisco Ramos sebagai Mentri luar negeri dari negara pendiri Asean :  Filipina
Tokoh Pendiri Asean : S.Rajaratnam sebagai Mentri luar negeri dari negara pendiri Asean :  Singapura

Sedangkan berdirinya ASEAN secara resmi di tandai dengan adanya Deklarasi Bangkok, didalam Deklarasi Bangkok ini telah di sebutkan bahwa maksud serta tujuan dari dibentuknya ASEAN ini ntara lain adalah sebagai berikut :


  • Mempecepat pertumbuhan dari sektor ekonomi, kemajuan dari sektor sosial dan juga perkembangan dari kebudayaan yang ada di kawasan Asia Tenggara.
  • Memelihara terciptanya perdamaian dan juga stabilitas dari wilayah regional Asia Tenggara
  • Memajukan hubungan kerja sama dan juga saling dapat membantu untuk kepentingan bersama di baik dalam bidang ekonomi, bidang sosial, bidang kebudayaan, bidang tehnik, bidang ilmu pengetahuan dan juga bidang administrasi.
  • Memajukan aspek pendidikan atau studi tentang Asia Tenggara

Dan perlu anda semua ketahui bahwa dalam rangka untuk menetapkan berbagai kebijakan yang ada didalam ASEAN, maka secara rutin sering di selenggarakan suatu konferensi, yakni KTT atau kepanjangan dari Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN, yang didalamnya di hadiri oleh para kepala negara dan ataupun kepala pemerintahan, adapun KTT atau Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ini semenjak diadakan pertaa kali, sampai saat ini pernah di laksanakan hingga sebanyak kurang lebih tiga belas kali yakni lebih jelasnya sebagai berikut sebagai berikut:


1. Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN I
KTT pertama ini dilaksanakan di Indonesia atau lebih tepatnya di Bali, pada tanggal 23-24 bulan Februari tahun 1976

2. Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN II
KTT pertama ini dilaksanakan di Malaysia atau lebih tepatnya di Kuala Lumpur, pada tanggal 4-5 bulan agustus tahun 1977

3. Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN III
KTT pertama ini dilaksanakan di Filipina atau lebih tepatnya di Manila, pada tanggal 14-15 bulan desember tahun 1987

4. Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN IV
KTT pertama ini dilaksanakan di Singapura, pada tanggal 27-28 bulan februari tahun 1992

5. Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN V :
KTT pertama ini dilaksanakan di Thailand atau lebih tepatnya di Bangkok, pada tanggal 14-15 bulan desember tahun 1995

6. Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN VI :
KTT pertama ini dilaksanakan di Vietnam atau lebih tepatnya di Hanoi , pada tanggal 15-16 bulan desember tahun 1998

7. Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN VII
KTT pertama ini dilaksanakan di Brunei Darussalam atau lebih tepatnya di bandar Seri Begawan, pada tanggal 5-6 bulan november 2001

8. Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN VII
KTT pertama ini dilaksanakan di  Kamboja atau lebih tepatnya di do Pnom Phen, oada tanggal 4-5 bulan november tahun 2002

9. Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN IX
KTT pertama ini dilaksanakan di  Indonesia atau lebih tepatnya di bali, pada tanggal 7-8 bulan oktober tahun 2003

10. Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN X
KTT pertama ini dilaksanakan di  Laos atau lebih tepatnya di Vientiane, pada tanggal 29-30 bulan november tahun 2004

11. Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN XI
KTT pertama ini dilaksanakan di Malaysia atau lebih tepatnya di Kuala Lumpur, pada tanggal 12-14 bulan November tahun 2005

12. Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN XII
KTT pertama ini dilaksanakan di Filipina atau lebih tepatnya di Cebu, pada tanggal 2-14 bulan november tahun 2007

13. Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN XIII : KTT pertama ini dilaksanakan di Singapura, pada tanggal 18-22 bulan november tahun 2007

Demikianlah Sejarah Singkat, Lengkap Terbentuk dan Berdirinya Organisasi ASEAN tentang sedikit bagaimana sejarah terbentuknya asean, siapa sajakah para pendiri asean, atau organisasi asean atau negara pendiri asean itu beserta tokoh pendiri asean, negara mana saja yang termasuk negara negara asean atau negara anggota asean. terima kasih sudah berkunjung, sampai jumpa.
Previous
Next Post »

1 komentar

  1. Isi deklarasi Bangkok
    Lima negara pemrakarsa/pendiri ASEAN
    Profil Negara ASEAN
    Makna warna pada lambang ASEAN
    Makna gambar pada Lambang ASEAN
    Urutan kronologis terbentuknya ASEAN
    Struktur teks "Peristiwa Pembentukan ASEAN"
    Kelompok nomina dan kelompok verba
    Nomina yang terdapat di dalam teks "Peristiwa Pembentukan ASEAN"
    Mencari paragraf yang memiliki empat ciri yaitu, keterpaduan (kohesi), keterkaitan (koherensi), kekonsistenan sudut pandang, dan ketuntasan.

    BalasHapus