Maksud dari PPSMB dan Apa Pentingnya?

19.48

Baca Juga

Maksud dari PPSMB dan Apa Pentingnya? - Selamat pagi semua para calon mahasiswa, pastinya sekarang ini semuanya dalam perasaan yang senang dan berbahagia, sebab jika sampai keblog ini kalian berarti telah dinyatakan lolos seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) di kampus terbaik yang ada di negara tercinta kita ini negara Indonesia.

Awal masuk jejang pendidikan memang tak dapat dipungkiri bagi sebagian pelakunya terasa sangat melelahkan atau bahkan menakutkan. Tapi percayalah justru awal yang seperti ini kedepannya akan menjadi modal yang sangat berarti bagi kita dalam menjalani masa-masa studi nantinya. Baiklah langsung saja berhubung artikel ini berjudul Maksud dari PPSMB dan Apa Pentingnya? Maka akan kang techno jelaskan semuanya secara singkat dan jelas kepada teman-teman semual. Jadikan hal ini sebagai referensi yang bisa menambah pengetahuan teman-teman semua, tidak hanya sekedar melengkapi kewajiban dalam tugas. Percayalah sekecil apapun suatu hal, jika kita menaruh perhatian lebih atasnya pasti hal tersebut akan menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kita semua.

Namun sebelum lebih jauh kita bahas tentang pentingnya dari kegiatan PPSMB ini, maka akan kita bahas terlebih dahulu mengenai apakah sebenarnya PPSMB itu sendiri.

Maksud dari PPSMB dan Apa Pentingnya?
source : google image

PPSMB yang merupakan suatu kepanjangan dari Pelatihan Pembelajaran Sukses Mahasiswa Baru adalah suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada atau UGM dalam rangka untuk menyiapkan para generasi terbaru agar mereka siap dalam menghadapi setiap tantangan yang nantinya akan dihadapi oleh mahasiswa-mahasiswa tersebut kedepannya. Dengan diadakannya kegiatan PPSMB seperti ini juga mampu untuk dapat membentuk kepribadian dari semua mahasiswa Universitas Gadjah Mada atau UGM untuk dapat menjadi sosok pribadi yang lebih baik.

Sedangkan untuk Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan PPSMB ini ada beberapa poin, berikut ini diantaranya :

  • Menjadikan mahasiswa yang Berkualitas   
  • Mahasiswa yang Berkemanusiaan   
  • Mahasiswa yang Bermartabat     

Untuk waktu pelaksanaanya sendiri dari PPSMB ini adalah dilaksanakan tepat saat sebelum para mahasiswa baru menjalani kegiatan perkuliahan atau tepat sebelum semua kegiatan perkuliahan para mahasiswa baru dimulai.

Untuk rundown atatu susunan acara dari PPSMB ini biasanya dilaksanakan dalam kurun waktu 7 hari dengan pembagian diantaranya sebagai berikut ini:

  1. Pada hari 1-2 adalah Pembekalan PPSMB dari pihak Universitas yang nantinya akan bertempat di GSP atau gedung pusat 
  2. Pada hari 3-4 adalah Pembekalan PPSMB dari pihak Fakultas yang nantinya akan bertempat di fakultas masing-masing 
  3. Hari 5-6 adalah Pembekalan PPSMB tentang softskill yang nantinya akan bertempat biasanya di fakultas-fakultas yang telah ditentukan pada saat pembagian kelompok 
  4. Hari 7 adalah moment Penutupan dari PPSMB Palapa, ini adalah puncaknya. Akan ada selebrasi yang sangat luar biasa juga termasuk formasi pembentukan lambang atau simbol dari kumpulan seluruh mahasiswa baru yang bentuknya berbeda setiap tahunnya.


Lalu Sesungguhnya apa sih pentingnya kegiatan PPSMB sendiri? Berikut ini menurut jawaban pribadi

Merupakan sarana perkenalan antara Mahasiswa baru dengan kampus Universitas Gadjah Mada (UGM)

Seluruh tugas yang saat ini kalian semua kerjakan yang telah diberikan para kakak tingkat yang merupakan panitia PPSMB sendiri sebenarnya mempunyai arti dan juga tujuan loh. Diantaranya adalah kalian bisa mulai untuk mengenal lebih jauh lagi tentang Universitas atau kampus yang nantinya akan kalian tempati untuk menuntut ilmu. Dari mulai Jati Dirinya, dimana lokasi-lokasinya dan masih banyak lagi. Jika kalian peka dan perhatian maka sebagian dari tugas yang diberikan dari PPSMB ini adalah belajar lebih dalam mengenai kampus tercinta kalian UGM.

Menjalin keakraban antara mahasiswa baru dengan kakak tingkat dan juga teman satu angkatan 

Jika kalian semua peka lagi maka kalian akan sadar bahwa semua tugas yang diberikan sebenarnya tidak hanya untuk dikerjakan oleh seorang diri, kalian harus aktif mulai menyapa teman baru untuk bahu membahu (bukan contek mencontek) dalam menyelesaikan tugas ini. Kalian semua sebagi calon mahasiswa dituntut dalam keaktifannya dalam bertanya kesana kemari mencari informasi yang berkenaan dengan tugas yang memang masih terasa belum jelas bagi kalian. Dilain sisi kalian juga akan dibentuk dalam sebuah kelompok di PPSMB ini, biasanya di PPSMB Fakultas hari ke 3-4, dari kelompok yang dibentuk ini kalian semua dapat mulai mengenal dan mengakrabkan diri dengan para teman satu angkatan kalian yang berbeda jurusan dalam fakultas tersebut. Semakin sering bahu membahu dalam pengerjaan tugas kelompok maka akan semakin dalam juga rasa kebersamaan yang terjalin.

Melatih menjadi pribadi yang disiplin, kerja keras, tanggung jawab dan kreatif 

Memang benar tugas-tugas yang telah diberikan para kakak panitia  PPSMB ini sangat beragam, ada jenis tugas yang memang susah, akan tetapi ada pula yang tidak kesulitannya tidak terlalu. Yang tergolong mudah biasa dapat diselesaikan dalam hitungan jari bahkan sambil menonton film keluaran terbaru valak pun bisa, akan tetapi untuk soal dengan tingkat kesulitan tinggi membutuhkan daya konsentrasi yang lebih.

Untuk tugas dengan kesulitan tinggi ini memang semua pesertanya dituntut untuk dapat berpikir dengan kreatif. Coba kalian resapi, bagaimana caranya agar kalian dapat mengerjakan tugas yang tidak biasa kalian kerjakan itu bila kalian tidak mulai berfikir kreatif pada saat mengerjakannya. Dari mulai pembutan atribut wajib yang dikenakan setiap hari dari hari pembukaan sampai hari penutupan hingga pembuatan atribut yang hanya dibawa pada hari tertentu saja, semuanya sangat memerlukan daya kreatifitas kalian agar hasil yang didapat menjadi bagus dan menarik.

Selain memiliki daya kreatif, kalian juga harus bekerja keras pada saat mejalani seluruh rangkaian acara PPSMB ini, baik pada saat awal mengerjakan tugas-tugas pra acara hingga pelaksanaan. Dengan tekad kalian yang bekerja keras dan tidak bermalas-malasan maka semua jenis tugas apapun saat pra acara maupun pelaksaan dapat cepat untuk kalian selesaikan dan setelahnya hati kalianpun akan menjadi lega.

Melatih dalam kedisiplinan juga merupakan salah satu dari manfaat PPSMB, dengan adanya batas akhir waktu atau deadline dari tugas PPSMB dapat menjadikan kalian semua menjadi lebih disiplin. Juga kalian nantinya akan menjadi seseorang yang bertanggung jawab, denganterdapatnya banyak tugas kalian semua dituntut untuk dapat tanggung jawab.

Mendapatkan sertifikat PPSMB

Nah hal yang paling menarik dari PPSMB ini adalah nantinya kalian akan mendapat reward berupa sertifikat. Apakah kalian tahu

apa kegunaan sertifikat ppsmb, bagaimana kriteria kelulusan, dan konsekuensi apa yang akan anda terima jika tidak lulus ppsmb?

Untuk kalian yang memperoleh sertifikat kelulusan PPSMB ini, kalian perlu merasa senang karena dimana sertifikat kelulusan PPSMB tersebut merupakan sertifikat yang sangat penting untuk keperluan kalian selama menjadi mahasiswa di Universitas Gadjah Mada mendatang. Contoh dari penggunaan sertifikat PPSMB ini adalah seperti pengajuan beasiswa, ujian, bahka prasyarat dalam kelulusan kalian nantinya dari Universitas Gadjah Mada. Untuk kriteria kelulusannya sediri mahasiswa baru pastinya harus mengikuti seluruh rangkaian acara dari PPSMB ini dari mulai pra acara seperti tugas sampai hari-hari pelaksanaannya. Dan apabila para mahasiswa baru ini tidak mengikutinya atau mengikutinya namun tidak lulus PPSMB, maka para mahasiwa baru ini mendapatkan konsekuensi harus mengulangnya kembali di PPSMB tahun berikutnya hingga sampai para mahasiswa ini dinyatakan lulus dan memperoleh sertifikan kelulusan PPSMB. Jika enggan melakukan hal ini maka para mahasiwa akan kesulitan dalam pengajuan beasiswa, ujian dan bahkan proses kelulusan karena sertifikat ini merupakan prasyarat dari hal-hal tersebut
Previous
Next Post »

2 komentar