Langkah Selanjutnya Yang Harus Dilakukan Setelah Lolos SNMPTN 2017

03.54

Baca Juga

Langkah Selanjutnya Yang Harus Dilakukan Setelah Lolos SNMPTN 2017 - Selamat sore menjelang malam para pengunjung setia Semangat27.com. Bagaimana perasaannya setelah dinyatakan lolos dalam salah satu jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri yakni lolos SNMPTN 2017? Pasti senang bukan main. Perasaan yang sama seperti yang penulis dahulu pernah rasakan ketika dinyatakan lolos SNMPTN, kira-kira 2 tahun yang lalu, lolos SNMPTN 2015 disalah satu universitas terbaik yang ada di Indonesia pula.

sumber : google image
Eitss tapi jangan terbawa suasana terlalu berlarut larut ya kawan, ada beberapa langkah dan kewajiban yang harus teman-teman penuhi setelah dinyatakan lolos SNMPTN 2017. Biasanya sih panduannya sudah tertera langsung di masing-masing halaman dimana teman-teman dinyatakan lolos SNMPTN atau dinyatakan diterima masuk salah satu perguruan tinggi negeri. Baiklah tak perlu berlama-lama langsung saja berikut  Langkah Selanjutnya Yang Harus Dilakukan Setelah Lolos SNMPTN 2017

Semua langkah dibawah ini adalah berdasar pada pengumuman yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti)

1. Siapkan Rapor dan Surat Keterangan Tanda Lulus (SKTL) asli

Sebab bagi perserta yang dinyatakan lolos SNMPTN 2017, maka PTN atau perguruan tinggi negeri yang menerima si calon mahasiswa nantinya akan memverifikasi rapor dan Surat Keterangan Tanda Lulus (SKTL) asli calon mahasiswa, baik kesesuaian isi rapor yang dimasukkan pada saat seleksi SNMPTN dengan Rapor asli maupun Surat bukti bahwa calon mahasiswanya telah benar-benar dinyatakan lulus

2. Siapkan Berkas-berkas penting terkait daftar ulang

Setiap peserta yang dinyatakan lolos SNMPTN 2017 wajib melakukan pendaftaran ulang atau registrasi pada 16 Mei 2017 nanti, tidak mau kan jika sudah dinyatakan lolos SNMPTN lalu gugur hanya karena lupa registrasi? Jadi siapkan sebaik mungkin berkas-berkas penting, baik itu bukti bahwa kamu lolos seleksi SNMPTN maupun berkas penting lain terkait pendaftaran ulang sebagai calon mahasiswa baru perguruan tinggi negeri. Perlu digaris bawahi bahwa setiap Perguruan Tinggi Negeri memiliki syarat registrasi yang berbeda-beda. Jadi jangan lupa untukcek situs masing-masing PTN tempat kami diterima ya. Contohnya dulu penulis pernah melampirkan surat keterangan bebas narkoba guna melengkapi berkas daftar ulang.

3. Siapkan Berkas Terkait Kondisi Ekonomi

Terlebih bagi kalian yang mendaftarkan diri sebagai peserta SNMPTN sekaligus peserta bidikmisi. Tidak usah minder, penulis juga mahasiswa bidikmisi ko, jadi persiapkan ya agar semuanya berjalan lancar. Bagi kalian yang tidak terdaftar sebagai peserta bidikmisi juga persiapkan. Siapa tahu nanti diperlukan, untuk daftar beasiswa :)

4. Siapkan Diri Sebaik Mungkin dan Jangan Lupa Bersyukur

Perlu diketahui bahwa tercatat 517.166 yang mendaftar SNMPTN serta tercatat sebanyak 101.906 calon mahasiswa yang berhasil lolos SNMPTN dan kamu salah satunya. Maka dari itu jangan lupa bersyukur atas apa yang telah kamu dapatkan, setelah itu juga jangan lupa untuk lakukan yang terbaik ketika nanti menjadi mahasiswa. Jangan sia-siakan kesempatan yang telah Tuhan berikan kepadamu. Jadilah yang terbaik dan pulanglah membangun daerah mu. Karena lolos SNMPTN bukanlah tujuan, tapi ini barulah awal dari semuanya.

Mungkin itu saja untuk artikel Langkah Selanjutnya Yang Harus Dilakukan Setelah Lolos SNMPTN 2017 kali ini. Bagi kalian yang ingin melihat nama-nama yang lolos SNMPTN silakan bisa melihatnya di link ini.

Sumber ; https://news.detik.com/berita/d-3484381/ini-syarat-dan-proses-yang-harus-dilalui-siswa-lulus-snmptn
Previous
Next Post »
0 Komentar