20 Fakta Unik & Menarik Tentang Sapi yang Belum diketahui Banyak Orang

13.43

Baca Juga ya

20 Fakta Unik & Menarik Tentang Sapi yang Belum diketahui Banyak Orang - Hewan Sapi dikenal oleh banyak orang didunia sebagai hewan yang penghasil susu dan daging. Serta bukan rahasia lagi bahwa kandungan yang terdapat didalam susu dan juga daging pada hewan sapi sangat dibutuhkan oleh manusia sehari-harinya. Tidak hanya itu saja, di beberapa daerah lain dipenjuru dunia hewan sapi juga tenaganya dapat dimanfaatkan dalam sektor pertanian seperti untuk membajak juga sebagai penarik dari gerobak.

Sedang di negara India, hewan sapi adalah hewan yang dianggap suci. Data menyebutkan hampir seperempat jumlah sapi dari seluruh populasi yang ada didunia terdapat di negara India. Sapi di negara India dianggap juga lambang dari kelimpahan serta kesucian seperti yang telah disebutkan diatas, oleh karena itu kehidupan sapi di negara India dilindungi secara sah oleh Undang-undang pemerintahannya.

Namun apakah Anda mengetahui bahwa selain fakta umum yang ada diatas, ternyata hewan sapi mempunyai banyak fakta lainnya yang unik dan menarik untuk diketahui dan dipelajari. Dibawah ini adalah 20 Fakta Unik & Menarik Tentang Sapi yang Belum diketahui Banyak Orang yang sengaja semangat27.com rangkum untuk pembaca sekalian yang berasal dari banyak sumber.

  1. Waktu mengunyah makanan lebih lama dari pada waktu makannya. Seekor hewan sapi sanggup menghabiskan waktu hingga 6 (Enam) jam lamanya untuk makan, namun hal ini lebih sedikit bila dibandingkan dengan lama waktu yang digunakan untuk mengunyah makanan tersebut yakni mencapai waktu 8 (Delapan) jam per hari 
  2. Hewan Sapi sendiri mulai dijadikan sebagai hewan ternak sudah dari zaman dahulu kala yakni sekitar 9.500 (Sembilan Ribu Lima Ratus) sebelum masehi atau yang sejak jaman yang dikenal dengan nama neolitik.
  3. Seekor hewan sapi yang sudah dewasa dengan spesifikasi berat tubuh yang mencapai 500 (Lima Ratus) kilogram mampu menghasilkan pupuk kandang hingga 10 (Sepuluh) ton setiap tahunnya.
  4. Seekor hewan sapi perah dengan nama Cown hingga saat ini memegang rekor untuk sapi dengan penghasil susu yang terbanyak selama hidupnya, yakni menembus angka 211,465 kg.
  5. Seekor hewan sapi perah sanggup memproduksi sekitar 200.000 (Dua Ratus Ribu) gelas susu selama hidupnya.
  6. Hewan Sapi ternyata mempunyai daya penciuman yang sangat tajam, hingga jarak 9 (Sembilan) Kilometer hewan sapi masih dapat mencium bau sesuatu.
  7. Hewan Sapi juga sanggup mendengar suatu bunyi yang memiliki frekuensi bunyi lebih rendah dari pada frekuensi bunyi yang biasa didengar oleh manusia.
  8. Hewan Sapi memiliki angka hidup 15 (Lima Belas) hingga 45 (Empat Puluh Lima) tahun lamanya. Sedangkan untuk rekor sapi tertua telah dipecahkan oleh sapi dengan nama “Big Bertha” yang berasal dari Meadowbrook, Amerika Serikat, menembus angka 49 (Empat Puluh Sembilan) tahun untuk usia hidupnya.
  9. Hewan Sapi mempunyai kemampuan untuk dapat melihat hingga angka 360 (Tiga Ratus Enam Puluh) derajat & bisa melihat semua warna yang ada, kecuali warna merah.
  10. Bercak berwarna hitam yang ada pada hewan sapi layaknya seperti sidik jari pada manusia, sebab tidak akan ada hewan sapi yang mempunyai corak yang sama antara satu dan yang lainnya.
  11. Hewan Sapi sendiri berkomunikasi dengan sesamanya melalui suara, juga posisi tubuh, dan bahkan ekspresi wajah mereka. Hewan Sapi juga termasuk kedalam makhluk sosial sama seperti manusia sebab mereka selalu berada dalam satu kawanan.
  12. Hewan Sapi juga sanggup menaiki anak tangga, tetapi tidak untuk sebaliknya yakni menuruni tangga, sebab lutut dari hewan sapi tidak mampu menekuk sempurna.
  13. Hewan Sapi terlihat berdiri dan juga duduk kurang lebih sekitar 14 (Empat Belas) kali dalam per hari.
  14. Setelah sapi terbesat kali ini terdapat rekor sapi yang terkecil, yang dipegang oleh Archie dengan tinggi badan yang hanya 76 (Tujuh Puluh Enam) centimeter. Sedangkan untuk rekor sapi terbesar yang ada di dunia dipegang oleh Big Cow Chili dengan ukuran tinggi badan yang mencapai hingga 2 (Dua) meter dan berat badan menyentuh sekitar 1.200 (Seribu Dua Ratus) kilogram.
  15. Hewan Sapi senang dengan jenis-jenis musik klasik. Jika hewan yang satu ini kesehariannya didengarkan alunan musik-musik klasik, maka secara tidak sadar produksi dari susunya dapat semakin bertambah banyak.
  16. Gambar hewan sapi juga telah banyak muncul diberbagai relief-relief kuno zaman dahulu yang bersejarah, sebab hewan yang satu ini memang sering dianggap sebagai salah satu hewan yang suci.
  17. Didunia ini paling tidak terdapat sekitar 920 (Sembilan Ratus Dua Puluh) jenis hewan sapi hasil dari berbagai perkembangbiakan.
  18. Hewam sapi telah menjadi hewan ternak sejak zaman dahulu kala sekitr 5.000 (Lima Ribu) tahun silam.
  19. Usia dari hewan sapi bisa diprediksi dengan cara menghitung jumlah lingkaran yang terdapat dalam tanduk dikepalanya.
  20. Hewan Sapi dapat berjalan lebih cepat pada saat berada di tanah berlumpur, dibandingkan dengan pada saat berjalan di atas tanah yang kering. Kuku kaki dari hewan sapi relatif lebar, hal ini yang menyebabkan mereka tidak mudah tenggelam pada saat berada ditanah yang berlumpur.

Ya diataslah rangkuman dari banyak sumber 20 Fakta Unik & Menarik Tentang Sapi yang Belum diketahui Banyak Orang. Semoga bermanfaat, sehat selalu dan banyak rejeki para pengunjung semangat27.com sampai ketemu diartikel selanjutnya. Bye bye
Previous
Next Post »
0 Komentar