Ebook Panduan Menyusun Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun 2018 Resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk Jenjang SD SMP SMA SMK

06.36

Baca Juga ya

Ebook Panduan Menyusun Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun 2018 Resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk Jenjang SD SMP SMA SMK - Dalam rangka mempersiapkan diri untuk menghadapi datangnya Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) kementerian pedidikan mengedarkan buku elektronik atau ebook resmi panduan dalam menyusun Soal soal pada naskah Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun 2018 untuk jenjang, baik SD, SMP, SMA dan SMK pastinya.

Berdasarkan hal diatas, kali ini semangat27.com akan membagikan kepada para pengunjung semuanya buku elektronik atau ebook yang dapat disimpan dalam perangkat elektronik miki anda yakni dengan judul Panduan Penyusunan Soal Ujian Sekolah Berstadar Nasional Tahun 2018 yang bisa digunakan untuk menyusun soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional jenjang SD, SMp, SMA dan SMK.

Buku elektronik atau Modul elektronik atau kerennya ebook edisi tahun 2018 dengan judul Panduan dalam menyusun Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional untuk jenjang pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK tahun 2018 ini diterbitkan secara resmi oleh Pusat Penilaian Pendidikan.

Untuk isi dari buku elektronik atau ebook dengan judul panduan penyusunal soal USBN 2018 SD SMP SMA SMK ini sendiri bisa anda lihat previewnya dibawah ini, sedang untuk menyimpannya silakan kunjungi link dibawah artikel ini



Dengan adanya USBN tahun ini kita bisa menilai seberapa besar hasil belajar yang telah didapatkan oleh para siswa dan siswi suatu sekolah dengan standar yang sama. Hal ini dilakukan tidak lain untuk bisa mendiagnosa apa saja kekuatan serta kelemahan dari para siswa siwi, juga nantinya dapat memonitor seberapa jauh perkembangan belajar dari para siswa siswi, bisa juga untuk menilai apakah suatu kurikulum sudah mencapai titik pencapaiannya, tidak hanya itu saja denga adanya USBN seperti ini pihak sekolah bisa memberi nilai siswa serta menentukan efektivitas pembelajaran
baik dari segi pengetahuan maupun segi keterampilan.


Untuk beberapa tujuan yang ada diatas bisa digunakan nantinya dengan berbagai bentuk serta instrumen penilaian. Penilaian sendiri sebenarnya bisa dilakukan secara tertulis, lisan, penugasan seperti halnya projek maupun melalui praktikum. Namun perlu digaris bawahi bahwa suatu bentuk atau Instrumen dari penilaian yang berkualitas adalah faktor yang sangat penting dalam melaksanakan suatu penilaian. Oleh sebab hal diataslah kemampuaan dari seorang guru dalam melakukan pengembangan setiap instrumen penilaiannya perlu ditingkatkan secara terus menerus dengan tujuan agar informasi yang nantinya diperoleh melalui hasil penilaian bisa dipertanggung jawabkan kualitasnya.

Nah dengan tujuan dan maksud seperti yang telah tertulis diatas yakni guna tercapainya suatu peningkatan kompetensi para guru dalam hal mengembangkan berbagai instrumen penilaian, Pusat Penilaian Pendidikan telah membuat suatu panduan untuk mengembangkan berbagai instrumen penilaian yang khususnya dalam hal ini untuk USBN atau Ujian Sekolah Berstandar Nasional.

Sama dengan yang telah kita ketahui semenjak tahun pelajaran 2016/2017 yang lalu bahwa ujian untuk satuan pendidikan dibeberapamacam mata pelajaran akan ditingkatkan levelnya menjadi USBN atau Ujian Sekolah Berstandar Nasional baik untuk jenjang SD, SMP, SMA, maupun SMK dan sederajat, namun yang perlu digaris bawahi untuk jenjang SD dan MI sendiri USBN baru akan diberlakukan pada ditahun pelajaran 2017/2018.

Untuk rincian komposisi dalam menyusun naskah soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sendiri jika melihat atau berpegangan pada apa yang telah dibuat oleh BNSP sebelumnya maka memiliki komposisi pada beberapa mata pelajaran yakni 20% (dua puluh persen) hingga­ 25% (dua puluh lima persen) soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) akan bersumber langsung dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan sisanya yakni sekitar 75% (tujuh puluh lima persen) hingga 80% (delapan puluh persen) soal akan disusun langsung oleh para pendidik yang berikutnya akan dikonsolidasikan MGMP/KKG.

Untuk secara garis besar atau inti kasarnya, ebook atau buku elektronik panduan penyusunan soal USBN 2018 ini didalamnya berisi teknik dalam penyusunan suatu indikator soal, terdapat juga penyusunan jenis soal tes tertulis serta penyusunan jenis soal tes praktik. Untuk isi atau bentuk dari soal USBN sendiri pada jenis soal tes tertulis didalamnya akan terdiri dari pilihan ganda serta uraian. Nah fokus utama dari ebook panduan penyusunal soal USBN 2018 ini terpusan pada penyusunan untuk kedua jenis soal itu, meski sebenarnya terlepas dari jenis soal diatas masih ada berbagai jenis soal tertulis yang lainnya.

Dengan terbentuknya buku elektronik tersebut Pusat Penilaian Pendidikan kementerian pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para tim, baik tim penyusun, tim penelaah, maupun kepada seluruh pihak yang sudah berperan aktif dalam rangka untuk dapat menyelesaikan panduan ini. Diharapkan dengan adanya panduan ini bisa
memberikan berbagai manfaat bagi untuk pihak guru maupun pihak ­pihak lain yang relevan atau terkait dalam rangka untuk dapat meningkatkan mutu dari penilaian pendidikan dinegeri kita tercinta ini.

Sekian apa yang dapat kami informasikan terkait Ebook Panduan Menyusun Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun 2018 Resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk Jenjang SD SMP SMA SMK. Semoga bermanfaat, sehat selalu dan banyak rezeki. sampai berjumpa diartikel selanjutnya. bye bye salam semangat27.com

Silakan simpan file diatas : berikut ini

Previous
Next Post »
0 Komentar