Fakta Menarik dan Unik Kehidupan Cacing Tanah yang Perlu Anda ketahui

15.04

Baca Juga ya

Fakta Menarik dan Unik Kehidupan Cacing Tanah yang Perlu Anda ketahui - Hewan Cacing tanah sering dianggap oleh kebanyakan orang sebagai hewan yang menimbulkan rasa jijik. Meskipun demikian, hewan cacing tanah rupanya mempunyai peran yang sangat besar dan juga penting untuk kesuburan tanah. Hewan cacing tanah selain perannya yang penting bagi kesuburan tanah juga sering kali digunakan untuk umpan pada saat akan memancing ikan.

Hewan cacing tanah mempunyai bentuk tubuh menyerupai tabung yang tersegmentasi dalam filum Annelida. Hewan cacing tanah ini umumnya sering kita jumpai hidup didalam tanah, mereka senduri memakan makan bahan organik baik yang bahan orgaik yang hidup maupun bahan organik yang mati. Cacing tanah juga mempunyai sistem pencernaan yang berjalan disepanjang tubuhnya.

Nah selain beberapa fakta yang ada diatas, ternyata oh ternyata masih ada Fakta Menarik dan Unik Kehidupan Cacing Tanah yang Perlu Anda ketahui, yang sengaja semangat27.com sajikan pada artikel dibawah ini. Baiklah langsung saja berikut ini adalah fakta yang unik dan menarik dari cacing tanah yang belum diketahui banyak orang, yang telah dirangkum oleh semangat27.com dari banyak sumber untuk para pengunjung sekalian


Berikut ini fakta unik tentang cacing tanah yang jarang diketahui orang, dihimpun dari berbagai sumber.

Fakta Unik tentang Cacing Tanah yang Jarang Diketahui Orang

  • Cacing tanah menggerakan tubuhnya dengan bantuan otot sirkular yang berbentuk menyerupai cincin serta otot memanjang yang ada pada tubuhnya yang dapat mengendur dan meregang secara bergantian. Gerakan-gerakan seperti inilah yang membuat cacing tanah mampu bergerak di dalam tanah yang lembab dan juga basah.
  • Meski didunia ini ada banyak jenis atau spesies dari cacing tanah, bahkan mencapai angka 6000 (Enam Ribu) spesies cacing tanah, akan tetapi hanya terdapat beberapa jenis atau spesies saja yang sanggup membantu dalam penggemburan tanah.
  • Perlu diketahui bahwa kotoran cacing tanah ternyata banyak unsur hara yang terkandung didalamnya yang sangat dibutuhkan oleh hampir semua jenis tanaman, itulah alasan mengapa keberadaan dari cacing tanah dapat membantu proses penyuburan tanah.
  • Meskipun tidak memiliki rangka dan tulang, cacing tanah tetap saja membutuhkan kalsium.
  • Cacing tanah sangat suka sekali dengan kondisi tanah yang gelap dan lembab, itulah mengapa cacing tanah mudah ditemukan dibawah batu ataupun di bawah kayu yang sudah lapuk. Bahkan beberapa cacing tanah lainnya ada yang senang hidup didalam kotoran sapi atau kuda.
  • Cacing tanah merupakan hewan berkelamin ganda atau hermaprodit, yang berarti di dalam tumbuh mereka terdapat organ penghasil ovarium (sel telur), serta terdapat juga organ penghasil sel perma.
  • Meski mereka memiliki kelamin ganda atau hemaprodit, cacing tanah tetap saja melangsungkan perkawinan dengan sesamanya untuk saling bertukar sel sperma.
  • Cacing tanah cenderung menjauhi tempat-tempat yang terdapat makanan bersifat asam, seperti halnya jeruk dan nanas.
  • Cacing tanah sanggup hidup hingga umur 4 (Empat) tahun apabila hidup dalam kondisi serta lingkungan yang sesuai. Sedangkan pada kenyataannya di alam bebas, cacing tanah hanya sanggup bertahan hidup paling lama 2 (Dua) tahun saja.
  • Jika salah satu bagian tubuh cacing tanah terpotong atau hilang maka akan tumbuh kembali penggantinya.
  • Cacing tanah bernapas dengan menggunakan kulitnya.
  • Setelah menetas para bayi cacing tanah akan dapat langsung hidup dengan mandiri, tidak memerlukan perawatan sekalipun dari induknya.
  • Telah ditemukan fosil-fosil cacing yang sangat mirip dengan cacing tanah, fosil-fosil tersebut diperkirakan telah hidup pada masa sekitar 600 (Enam Ratus) juta tahun silam.
  • Cacing tanah masuk kedalam golongan hewan yang berdarah dingin, sebab suhu dari tubuhnya sanggup menyesuaikan diri dengan suhu lingkungannya.
  • Cacing tanah sendiri tidak tahan jika terkena radiasi dari sinar ultraviolet, itulah alasan mengapa hewan yang satu ini akan terlihat lemas lalu kemudian mati setelahnya apabila terlalu lama tersengat sinar matahari. Sebab cacing tanah hanya mempunyai kulit yang tipis dan kulit tipis seperti yang dimiliki oleh cacing tanah tidak tahan dengan sengatan dari sinar matahari.

Sekian rangkuman tentang Fakta Menarik dan Unik Kehidupan Cacing Tanah yang Perlu Anda ketahui yang telah semangat27.com tuliskan dalam artikel kali ini. Sampai jumpa, semoga bermanfaat, sehat selalu dan banyak rejeki para pengunjung semuanya, kita bertemu lagi di artikel berikutnya. Bye bye
Previous
Next Post »
0 Komentar