Kisi kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2018 SMA SMK Semua Mata Pelajaran

10.23

Baca Juga ya

Kisi kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2018 SMA SMK Semua Mata Pelajaran - selamat pagi para pengunjung semangat27.com, pada kesempatan ini kembali kami ingin berbagi dokumen terkait USBN yang dapat dijadikan patokan untuk teman-teman semuanya belajar dalam persiapan menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional tersebut.

Untuk jenjang SMP SMA SMK sendiri USBN ini merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka untuk mengukur pencapaian dari kompetensi para siswa yang dilaksanakan oleh pihak sekolah untuk semua mapel dengan mengacu pada SKL atau Standar Kompetensi Lulusan guna mendapatkan pengakuan atas prestasi belajarnya. Semua mapel diujikan dalam USBN untuk jenjang SMP SMA dan SMK terkecuali mapel Mulok atau Muatan Lokal.


Sedangkan untuk USBN atau Ujian Sekolah Berstandar Nasional jenjang SD atau Sekolah Dasar Merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengukur seberapa pecapaian kompetensi para siswa dan siswa sekolah yang ditahun ini hanya untuk beberapa macam mapel tertentu saja.

Totok Suprayitno Kepala Balitbang atau Badan Penelitian dan Pengembangan mengatakan bahwa untuk mapel yang akan diujikan pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau USBN dijenjang SMP SMA SMK serta Pendidikan Luar Biasanya, dan bahkan untuk Pendidikan Kesetaraan seperti Paket B/Wustha, dan Paket C/Ulya semua mata pelajaran akan diujikan dalam pelaksanaan USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) yang berarti dengan adanya USBN ini maka ujian sekolah yang biasanya tidak akan dilaksanakan lagi.

“Tahun ini, seluruh Mapel akan diujikan dengan komposisi soal 90% pilihan ganda, dan 10% esai,”

Untuk rincian lainnya sendriri seperti dibawah ini


  • jenjang SMP, SMA, dan SMK :
    75% - 80% dibuat oleh para guru di satuan pendidikan serta dikondolidasi dengan MGMP
    20% - 25% soal dibuat oleh pihak pusat sebagai anchor atau soal jangkar
  • jenjang SMPLB, dan SMALB
    100% soal dalam naskah ujian dibuat oleh sekolah sesuai dengan kisi kisi nasional
  • jenjang Pendidikan Kesetaraan Program Paket A/Ula, Paket B/Wustha, dan Paket C/Ulya
    75% - 80% dibuat oleh para tutor yang dikonsolidasikan bersama forum tutor
    20% - 25% soal dibuat oleh pihak pusat sebagai anchor atau soal jangkar


"Soal itu kemudian diperiksa dan dirakit bersama oleh KKG atau MGMP, di bawah koordinasi Dinas Pendidikan Provinsi/Kab/Kota atau Kanwil/Kantor Kemenag. Standar dan kisi­kisi ditetapkan oleh BSNP,”

Ujat pak totok selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang).

Nah bagi anda yang ingin memiliki berkas Kisi kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2018 SMA SMK Semua Mata Pelajaran silakan kunjungi link dibawah artikel ini. Sekian saja apa yang dapat kami sampaikan, sehat selalu dan banyak rejeki. Sampai ketemu lagi diartikel semangat27.com selanjutnya. Semoga bermanfaat. Bye Bye

Kisi­ Kisi USBN SMA/MA 2018 Semua Mata pelajaran

Kisi­ Kisi USBN SMA/MA 2018 Semua Mata pelajaran Kurikulum 2006

Kisi­ Kisi USBN SMA/MA 2018 Semua Mata pelajaran Kurikulum 2013

Kisi­ Kisi USBN SMK/MAK 2018 Semua Mata pelajaran

Kisi­ Kisi USBN SMK/MAK 2018 Semua Mata pelajaran Kurikulum 2006

Previous
Next Post »
0 Komentar