Panduan Penulisan Soal US, USBN, PAS DAN PAT Sekolah Menengah Atas SMA/MA-SMK Versi 2017

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Panduan Penulisan Soal US, USBN, PAS DAN PAT  Sekolah Menengah Atas SMA/MA-SMK Versi 2017 - Tidak terasa selangkah lagi kita semua akan sampai pada akhir tahun pelajaran 2017/2018. Salah satu momen yang sangat penting yang wajib disukseskan oleh pihak-pihak sekolah terutama  Sekolah Menengah Atas SMA/MA-SMK yakni pelaksanaan dari Ujian Sekolah (US), yang sekarang ini sudah ditambahkan dengan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstadar Nasional (USBN), serta Penilaian Akhir Tahun (PAT). Diketiga pelaksanaan dari kegiatan tersebut setiap ­soal ujian yang dibuat oleh para guru menentukan kredibilitas dari para guru tersebut dalam membuat ­soalnya. Kesalahan kecil yang sepele pada saat pembuatan setiap soal untuk tiga kegiatan diatas dapat menjadi suatu malapetaka tersendiri.

Dalam rangka untuk menghadapi saat-saat pembuatan soal untuk tiga kegiatan di atas, pada momen ini semangat27.com kembali lagi membagikan kepada para pengunjung sekalian Panduan untuk Penulisan Soal US, USBN, PAS DAN PAT  Sekolah Menengah Atas SMA/MA-SMK Versi 2017 yang dilengkapi dengan adanya Video Tutorial untuk Penulisan setiap Soal HOTS nya. Panduan Penulisan Soal ini diterbitkan secara langsung oleh Kemendikbud bagian PUSPENDIK atau Pusat Penilaian Pendidikan.

Panduan Penulisan Soal US, USBN, PAS DAN PAT  Sekolah Menengah Atas SMA/MA-SMK Versi 2017



Panduan Penulisan Soal US, USBN, PAS DAN PAT Sekolah Menengah Atas SMA/MA-SMK Versi 2017 tidak hanya digunakan untuk panduan dalam rangka penyusunan setiap soal Ujian Sekolah atau Ujian Sekolah Berstandar Nasional  Sekolah Menengah Atas SMA/MA-SMK saja tetapi juga dapat digunakan sebagai panduan dalam penyusunan soal untuk penilaian harian, penyusunan soal penilaian Ujian Tengah Semester (UTS), Penilaian Ujian Akhir Tahun atau Ujian Akhir Semester (UAS) termasuk untuk jenjang  Sekolah Menengah Atas SMA/MA-SMK.

Dalam pengantar Panduan Penulisan Soal US, USBN, PAS DAN PAT Sekolah Menengah Atas SMA/MA-SMK Versi 2017 ini dikatakan bahwa penulisan soal adalah suatu proses yang menentukan kualitas dari tes, oleh karena itu penulisan soal seperti demikian perlu dilakukan dengan sungguh-­sungguh. Buku Panduan Penulisan Soal US, USBN, PAS DAN PAT Sekolah Menengah Atas SMA/MA-SMK Versi 2017 ini adalah usaha guna membantu para guru penulis soal untuk dapat menghasilkan suatu soal yang berkualitas, juga menghasilkan soal yang mampu digunakan untuk mengukur tingkat berpikir yang tinggi. Kaedah dari penulisan soal semacam ini, untuk contoh­-contoh yang diberikan didalamnya diharapkan mampu memberi gambaran ilustrasi tentang bagaimana kedua bentuk dari tes baik itu berupa tes dengan adanya pilihan ataupun tes tanpa adanya pilihan tersebut dapat digunakan guna menilai hasil belajar dari setiap peserta didik dan yang pastinya juga dapat memberikan informasi yang valid.


Dalam isi buku Panduan Penulisan Soal US, USBN, PAS DAN PAT Sekolah Menengah Atas SMA/MA-SMK Versi 2017 ini dipaparkan secara rinci mengenai Pedoman atau Panduan dari Penulisan Soal baik soal Pilihan Ganda, Pedoman atau Panduan Penulisan Soal Isian atau Uraian dan Pedoman atau Panduan Penulisan Soal HOTS.

Untuk preview atau tampilan dari buku Panduan Penulisan Soal US, USBN, PAS DAN PAT Sekolah Menengah Atas SMA/MA-SMK Versi 2017 yang dapat dijadikan sebagai pedoman silakan lihat digambar diatas dan untuk memilikinya silakan kunjungi link yang ada dibawah artikel ini

Untuk Video yang berisi Tutorial Cara Pembuatan dari Soal, Video yang berisi Tutorial Cara Pembuatan dari kisi ­kisi Soal, Video yang berisi Tutorial Cara Pembuatan Soal Pilihan Ganda (PG), Video yang berisi Tutorial Cara pembuatan Soal Isian atau Video yang berisi Tutorial Cara Pembuatan Soal Uraian dan Video yang berisi Tutorial Cara Pembuatan Soal HOTS ada dibawah ini.

Tutorial Cara Penulisan Kisi ­kisi Soal Sekolah Menengah Atas SMA/MA-SMK (Video)
Tutorial Cara Penulisan Soal Pilihan Ganda (PG) Bagian 1 Sekolah Menengah Atas SMA/MA-SMK (Video)
Tutorial Cara Penulisan Soal Pilihan Ganda (PG) Bagian 2 Sekolah Menengah Atas SMA/MA-SMK (Video)
Tutorial Cara Penulisan Soal Pilihan Ganda (PG) Bagian 3 Sekolah Menengah Atas SMA/MA-SMK (Video)
Tutorial Cara Tutorial Penulisan Soal Isian Sekolah Menengah Atas SMA/MA-SMK (Video)
Tutorial Cara Tutorial Penulisan Soal Uraian Sekolah Menengah Atas SMA/MA-SMK Sekolah Menengah Atas SMA/MA-SMK (Video)
Tutorial Cara Tutorial Penulisan Soal Tingkat Kognitif HOTS Sekolah Menengah Atas SMA/MA-SMK (Video)
Tutorial Cara Tutorial Penulisan Soal Karakteristik Soal HOTS Sekolah Menengah Atas SMA/MA-SMK (Video)
Tutorial Cara Tutorial Penulisan Soal Contoh Soal HOTS Sekolah Menengah Atas SMA/MA-SMK (Video)

Nah itulah semua informasi Panduan Penulisan Soal US, USBN, PAS DAN PAT Sekolah Menengah Atas SMA/MA-SMK Versi 2017 baik yang berupa materi tertulis maupun video tutorial Panduan Penulisan Soal US, USBN, PAS DAN PAT  Sekolah Menengah Atas SMA/MA-SMK Versi 2017 yang bisa dijadikan sebagai salah satu petunjuk acuan dalam menyusun Soal untuk Penilaian Harian, soal untuk Penilaian
Ujian Tengah Semester (UTS), Soal untuk Penialaian Ujian Akhir Semester (UAS) dan Soal untuk Penilaian Ujian Sekolah (US) serta Soal untuk Penilaian Ujian Sekolah Berstadar Nasional (USBN)

untuk memiliki Panduan Penulisan Soal US, USBN, PAS DAN PAT  Sekolah Menengah Atas SMA/MA-SMK Versi 2017 yang ada diatas silakan kunjungi link ini ya

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar