Hal Yang Perlu Diperhatikan pada saat Mereview Paper Jurnal Ilmiah

16.55

Baca Juga ya

Hal Yang Perlu Diperhatikan pada saat Mereview Paper Jurnal Ilmiah - Selamat sore para pengunjung semangat27.com yang sekarang sedang berjuang untuk cepat lulus. Kali ini kita akan melanjutkan pembahasan kita terkait mereview paper/jurnal ilmiah, namun jika anda belum membaca artikel sebelumnya kami sarankan agar anda membacanya terlebih dahulu.
Cara Mudah mereview Paper/Jurnal Ilmiah + Contohnya 
Untuk pembahasan artikel kali ini adalah berkaitan dengan Hal apa saja Yang Perlu mendapat perhatian lebih pada saat anda ingin Mereview atau membuat review suatu Paper/Jurnal Ilmiah. Tulisan ini admin ulas ulang menggunakan gaya bahasa admin sendiri dengan merujuk pada artikel yang sumbernya bisa teman-teman semua kunjungi, silakan liat linknya dibawah artikel ini.

Menurut situs sumber yang sebelumnya memuat informasi dibawah ini, penulisnya mendapatkan informasi tersebut dari catatan yang disampaikannya sendiri pada mata kuliah Research Methodology. Baiklah langsung saja bagi anda yang ingin mengetahui hal apa aja yang seharusnya diperhatikan pada saat ingin membuat sebuh review paper atau jurnal ilmiah adalah seperti dibawah ini


Hal Yang Perlu Diperhatikan pada saat Mereview Paper/Jurnal Ilmiah

Hal yang seharusnya mendapat perhatian lebih pada saat melakukan suatu literature review baik itu paper ataupun jurnal ilmiah meliputi :
  1. Diusahakan anda tidak langsung mempercayai secara 100% kesempurnaan (perfect) dari suatu paper atau jurnal ilmiah. Tips dalam kondisi seperti ini adalah pada saat anda berhadapan dengan data yang telah disajikan, anda boleh saja mempercayainya sekitar 70%, namun untuk bagian diskusi/isinya, diusahakan tidak lebih dari 50%.
  2. Baca dengan seksama bagian awal (introduction) dari paper atau jurnal ilmiah tersebut, dan cobalah anda cari beberapa informasi dibawah ini :
    a. Objektive (tujuan) keadaan yang ingin dicapai pada riset yang dilakukan dalam paper atau jurnal ilmiah tersebut
    b. Temukan alasan mengapa sang author atau peneliti riset tersebut memilih problem itu? Cari juga sisi atau bagian yang manakan yang kira-kira membuatnya tertarik dan terasa signifikan?
    c. Perhatikan dimanakah letak dari originalitas penelitian yang dilakukan? Apakah penelitian tersebut menggunakan suatu pendekatan yang baru terkait masalah yang sebelumnya sudah ada, atau malah penelitian tersebut menggunakan suatu metode yang sudah ada sebelumnya untuk dapat memecahkan suatu permasalahan atau pengaplikasian baru yang lebih menarik, atau bahkan baik pendekatan yang dilakukan maupun permasalahan atau pengaplikasian yang coba untuk diselesaikan semuanya sama-sama baru?
    d. Problem atau Masalah seperti apa yang coba dijawab atau diselesaikan oleh authornya (problem formulation)?
  3. Berikutnya Baca juga bagian diskusi/isi dari paper atau jurnal ilmiah tersebut, kemudian cobalah untuk mencari informasi dibawah ini :
    a. Solusi atau cara apakah yang digunakan oleh sang author dalam menjawab berbagai pertanyaan yang dilakukan riset tersebut?
    b. Bagaimana cara author dalam mendesain berbagai eksperimen yang dilakukan untuk menguji sistem yang dibuatnya?
    d. Lalu Apakah eksperimen yang dilakukannya itu sukses dan berhasil? Dan jika tidak berhasil atau gagal apakah ada contoh eksperimen yang tidak berhasil atau gagal tersebut? (seharusnya akan selalu ada contohnya, sebab perlu disadari bahwa tidak ada satupun penelitian ketika dilakukan akan langsung menjadi sempurna). Selanjutnya bagaimanakah cara author tersebut membahas penyebab kegagalannya itu? Atau justru author tidak sama sekali membahas penyebab ketidak berhasilan atau kegagalan eksperimennya itu?
  4. Dan jangan lupa juga untuk membacal bagian kesimpulan atau conclusion dari paper atau jurnal tersebut dan coba juga untuk mencari informasi berikut ini :
    a. Apakah semua kesimpulan yang dibuat dalam paper atau jurnal ilmiah tersebut mampu menjawab seluruh pertanyaan yang sebelumnya telah diajukan dalam bagian introduction?
    b. Temukan letak dimana kontribusi terbesar yang telah dicapai oleh penelitian tersebut?
    c. Dan apakah masih terdapat suatu masalah dalam penelitian tersebut yang tidak terselesaikan
  5. Apakah dimoment tersebut anda terpikir suatu ide lain yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang sama?
  6. Cari letak kelemahan atau kekurangan dari paper atau jurnal ilmiah yang anda baca itu? (baik dalam isi, penyajian, atau yang lainnya)
  7. Baca juga bagian referensi yang terletak dibawah paper atau jurnal ilmiah tersebut dan cobalah anda cari informasi-informasi ini :
    a. Apakah sumber referensi yang digunakan dalam penelitian tersebut merupakan referensi terbaru atau referensi teruptodate? Atau justru paper atau jurnal yang dijadikan referensi merupakan edisi sudah terlalu lama?
    b. Jika terlintas dalam benak anda merasa tertarik untuk mulai mengerjakan suatu riset dalam tema yang serupa atau berdekatan, mulailah ambil perangkat alat tulis anda kemudian catatlah setiap paper ataupun buku yang terasa penting, yang dicantumkan dalam bagian referensi di paper atau jurnal ilmiah tersebut.
Demikianlah informasi terkait Hal Yang Perlu Diperhatikan pada saat Mereview Paper Jurnal Ilmiah, semoga bermanfaat untuk anda sekalian.

Sumber berikut ini ya
Previous
Next Post »
0 Komentar