Pendaftaran Mahasiswa Baru IPB 2018 Jalur Undangan Ketua Osis (Syarat dan Jadwal)

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Pendaftaran Mahasiswa Baru IPB 2018 Jalur Undangan Ketua Osis (Syarat dan Jadwal) - Selamat pagi para pengunjung semangat27.com, kali ini kami akan membagikan informasi tentang PMB atau pendaftaran mahasiswa baru di Institut Pertanian Bogor (IPB) 2018 melalui jalur undangan ketua osis.

Di IPB sendiri selain siswa aktif dan berprestasi, terdapat pula jalur undangan lainnya yang dapat digunakan untuk masuk menjadi menjadi salah satu mahasiswa baru disalah satu Universitas terbaik di Indonesia yakni Institut Pertanian Bogor atau yang sering disingkat IPB ini. Tahun 2018 ini IPB telah meluncurkan format yang baru dalam penerimaan mahasiswa barunya (PMB IPB) yakni pendaftaran mahasiswa baru jalur undangan ketua osis. Lebih tepatnya jalur undangan ini mulai dilaksanakan tahun 2018 (tahun akademik 2018/2019).


Kepastian dari jalur undangan baru ini yakni jalur undangan ketua osis IPB di sampikan secara langsung oleh bapak Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) yakni bapak Arif Satria. Beliau telah meresmikan jalur undangan khusus Ketua OSIS IPB 2018 ini pada hari Rabu bulan Januari tahun 2018. Program jalur undangan khusus ketua osis penerimaan mahasiswa baru institut pertanian bogor ini memiliki tujuan untuk dapat mencetak para calon pemimpin bangsa yang intelek dan juga bermartabat.

Berdasarkan siaran pers yang beredar, jalur undangan penerimaan mahasiswa baru Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun 2018 melalui Jalur talenta kepemimpinan atau jalur Undangan Ketua OSIS itu sampai saat ini adalah yang pertama yang ada di Indonesia. Seleksi yang satu ini sangat terbuka bagi para calon mahasiswa yang mempunyai rasa kecintaan dengan bidang pertanian juga sekaligus
mempunyai bakat dalam diri sebagai seorang pemimpin dan seorang  wirausahawan.

Selama ini IPB sendiri sudah mempunyai UTMI atau Ujian Talenta Masuk Institut Pertanian Bogor (IPB) yang didalamnya menerapkan seleksi berdasarkan tes potensi akademik dan mekanisme pemetaan talenta. Namun ditahun 2018 sekarang ini, bakat kepemimpinan dijadikan sebagai salah
satu potensi yang dipisahkan.

"Kini di era demokrasi dan desentralisasi, ketika kualitas kepemimpinan di pusat dan daerah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat mendesak, IPB mengembangkan salah satu skema seleksi calon mahasiswa baru jalur khusus bagi Ketua OSIS yang memenuhi syarat akademik sebagai mahasiswa IPB," kata Bapak Arif Satria Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB)

Skema seleksi calon mahasiswa IPB 2018 jalur khusus bagi ketua osis ini merupakan suatu seleksi mandiri dengan tujuan untuk mencari para calon mahasiswa yang sudah terbukti mempunyai jiwa kepemimpinan dari pengalamannya sebagai Ketua OSIS selama duduk dibangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Serta mempunyai kemampuan dibidang akademik yang memadai untuk dapat dididik di Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi para calon pemimpin bangsa yang mempunyai tingkat intelektualitas yang tinggi.

"Dengan kata lain intelektual yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat,"
kata Bapak Arif Satria, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB).

Dengan adanya skema penerimaan calon mahasiswa baru Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun 2018 ini diharapkan dapat menghasilkan para calon pemimpin bangsa, baik para pemimpin ditingkat nasional, para pemimpin ditingkat daerah, para pemimpin ditingkat perusahaan maupun para pemimpin penggerak masyarakat yang dapat memimpin dengan cara pendekatan yang transformatif.

Kuota Pendaftaran Mahasiswa Baru IPB 2018 Jalur Undangan Ketua Osis

Untuk kuota calon mahasasiwa baru Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun 2018 Jalur baru yakni penerimaan mahasiswa baru institut pertanian bogor (IPB) jalur Undangan Khusus Ketua OSIS
tahun 2018 sudah dijelakan juga oleh Bapak Rektor IPB.

Bapak Arif Satria sudah menjelaskan bahwa Institut Pertanian Bogor (IPB) ditahun 2018 ini akan mengalokasikan sekitar 130­-160 kursi dari jumlah total kuota sebanyak 4.000 mahasiswa untuk jalur baru tersebut yakni penerimaan mahasiswa baru IPB jalur khusus Ketua OSIS ditahun 2018 ini.

Persyaratan Pendaftaran Mahasiswa Baru IPB 2018 Jalur Undangan Ketua Osis

Syaratan dari para calon Mahasiswa baru Institut Pertanian Bogor (IPB) melalui Jalur seleksi Undangan Ketua OSIS Tahun 2018 ini, selain yang sudah pasti seperti pernah menjadi seorang Ketua OSIS yang dibuktikan dengan adanya surat keterangan (SK) dari Kepala Sekolah, para calon mahasiswa baru Institut Pertanian Bogor (IPB) 2018 juga harus memenuhi berbagai persyaratan yang lainnya, Seperti dibawah ini


  • Merupajan siswa lulusan jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolahnya,
  • Memiliki rata-rata nilai untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi sedikitnya 80. 
  • Membuat Surat lamaran yang ditujukan kepada Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan menyertakan biodata dan berbagai kegiatan yang sudah dilaksanakan selama menjabat sebagai Ketua OSIS disekolahnya yang telah disetujui/diketahui/disahkan oleh Kepala Sekolahnya.
  • Berikutnya, membuat suatu Sinopsis dari Kontribusi yang nantinya akan dilakukan untuk Pembangunan yang akan dilakukan di Indonesia di masa mendatang, 
  • Terakhir yakni bersedia untuk mengikuti pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan serta pelatihan yang lainnya. 

Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru IPB 2018 Jalur Undangan Ketua Osis

Semua berkas lamaran dapat dikirimkan kepada Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) mulai tanggal 1 April­ hingga 1 Juni 2018 atau rincian timeline dari penerimaan calon mahasiswa baru Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun 2018 jalur khusus Ketua OSIS seperti dibawah ini.

  • Pengiriman berkas : 1 April - 1 Juni 2018
  • Pengumuman hasil seleksi : 9 Juli 2018 (direncanakan)

Bagi anda yang tertarik untuk mendapatkan keterangan lebih lengkap berkenaan dengan penerimaan calon mahasiswa baru Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun 2018 di berbagai jalur mandiri, jalur khusus Ketua OSIS dan Jalur selain jalur khusus ketua osis akan segera diunggah pada lama website Admisi milik Institut Pertanian Bogor (IPB) admisi.ipb.ac.id sekitar bulan Februari tahun 2018 ini.

"IPB akan mengasah potensi mereka untuk kita jadikan calon­ calon pemimpin bangsa, baik di bidang technopreneur, teknokrat, sociopreneur, maupun di bidang lainnya," kata Bapak Rektor IPB, Arif Satria.

Menurut Bapak Rektor IPB, para siswa yang sebelumnya pernah menjadi Ketua OSIS sudah mempunyai bibit gen seorang pemimpin yang bagus dan pastinya juga sudah teruji sehingga bisa menjadi bibit ­bibit yang unggul nantinya sebagai calon pemimpin bangsa.

Rincian Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru IPB 2018

Secara umum untuk jalur seleksi masuk Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun 2018 terdiri dari tiga jalur inti, yakni
  • Jalur SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) 2018 Institut Pertanian Bogor (IPB), 
  • Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018Institut Pertanian Bogor (IPB) , 
  • dan Jalur Mandiri 2018 Institut Pertanian Bogor (IPB), 
dengan kuota masing masingberjumlah sekitar 50%, 30% dan 20%. 

Informasi tersebut telah disampaikan langsung oleh bapak Rektor dalam Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri
(SBMPTN) di Graha Widya Wisuda (GWW) Kampus IPB Dramaga, Bogor, Rabu (31/1). 

Sumber: republika berikut ini ya

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar