Petunjuk Teknis (JUKNIS) OSN SMP 2018 Semua Tingkat Kabupaten/Kota Provinsi Nasional

11.47

Baca Juga ya

Petunjuk Teknis (JUKNIS) OSN SMP 2018 Semua Tingkat Kabupaten/Kota Provinsi Nasional - OSN atau Olimpiade Sains Nasional adalah suatu wadah untuk para siswa dan siswi untuk dapat mengim­plementasikan aspek PPK atau Penguatan Pendidikan Karakter melalui bidang sains. Yang tidak lain dalam hal ini adala melalui berbagaimacam proses pembelajaran bidang sains yang ada di sekolah untuk bisa kedepannya memberikan dampak yang posi­tif bagi peningkatan mutu dari pendidikan sains itu sendiri yaitu seperti bidang Matematika, IPA atau Ilmu Pengetahuan Alam dan IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial.

Pihak pemerinta, Dinas pendidikan dan kebudayaan melalui Direktorat Pembi­naan Sekolah Menengah Pertama telah berusaha untuk dapat memberikan berbagai inovasi pada pen­ingkatan mutu pendidikan melalui ajang Olimpiade Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama atau disingkat OSN SMP sebelumnya yaitu pada periode tahun 2003 hingga tahun 2009. Untuk bidang yang diperlombakan pada Olimpiade Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama atau OSN SMP pada periode tersebut meliputi 3 (tiga) bidang mata pelajaran utama yakni seperti bidang Matematika, bidang Bi­ologi, dan bidang Fisika.





Setelah itu pada tahun 2010, Direktorat Pembinaan SMP menambahkan bidang lain yakni IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial pada bidang yang termasuk dilombakan dalam ajang Olimpiade Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama atau OSN SMP. Sehingga mulai tahun tersebut yakni 2010 hingga tahun 2015 bidang yang dilombakan pada Olimpiade Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama atau OSN SMP berjumlah 4 (empat) bidang.

Setelah itu masuk pada kurikulum 2013, yakni bidang Fisika dan bidang Biologi menjadi satu digabungkan dalam bidang yang diberi nama IPA atau Ilmu Pengetahuan Alam pada tahun 2015. Oleh karena itu sejak tahun 2015 hingga tahun 2018 sekarang ini untuk bidang yang di lomba dalam Olimpiade Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama atau OSN SMP meliputi 3 (tiga) bidang yaitu Matematika, Ilmu pengetahuan Sosial (IPS), dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Segala perubahan yang telah terjadi diatas dimaksudkan untuk dapat memotivasi, menumbuhkan dan mengembakan atmosfer suana dari kompetisi tersebut serta menjadi pendorong bagi pihak-­pihak
yang terkait dan memiliki wewenang untuk dapat memberikan ruang belajar, sekaligus memfasilitasi dan pastinya juga menstimulus para siswa siswi serta guru yang mempunyai prestasi dan mempunyai bakat serta minat lebih pada ilmu sains agar bisa meningkatkan ke­mampuan akademisnya itu dengan cara ikut berpartisipasi dalam ajang Olimpiade Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama atau OSN SMP ditahun 2018 ini.

Untuk itulah guna memperlancar, semangat27.com akan membagikan Panduan atau petunjuk teknis atau Juknis atau petunjuk pelaksanaan atau juklak dari ajang Olimpiade Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama atau OSN SMP tahun 2018 ini.


Olimpiade Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama atau OSN SMP tahun 2018 ini kembali menjadi ajang untuk dapat memberikan kesempatan kepada para siswa siswi sekolah semenengah pertama yang memiliki prestasi yang terbaik nantinya di tingkat nasional setelah mengikuti seleksi untuk dapat meningkatkan pencapaian prestasinya lagi di tingkat yang lebih tinggi yakni tingkat internasional.

Indonesia sendiri sebelumnya telah berhasil mengirimkan duta terbaiknya pada bidang sains yakni bidang Matematika dan bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk dapat meraih prestasi dalam ajang kompetisi tingkat internasional yaitu ITMO atau International Teenagers Mathematics Olympiad di Davao, Filipina dan IJSO atau International Junior Science Olympiad di Arnhem, Netherland.

Dan setelah pelaksanaan akhirnya mereka berhasil membawa pulang beberapa medali yang dapat dijadikan sebagai sesuatu yang berharga dan mengharumkan Negara Indo­nesia. Untuk rincian dari perolehan medali di 2 (dua) kompetisi Internasional tersebut ada sekitar 20 (dua puluh) medali berhasil diperoleh pada International Teenagers Mathematics Olympiad (ITMO), dan sekitar 6 (enam) medali berhasi diperoleh dalam ajang International Junior Science Olympiad (IJS0).

Bagi anda yang ingin melihat isi dari panduan atau petunjuk teknis atau Juknis atau petunjuk pelaksana atau juklak Olimpiade Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama atau OSN SMP tahun 2018 yang digunakan sebagai dari acuan bagi para panitia dalam melaksanakan kegiatan seleksi OSN tingkat sekolah, OSN tingkat kabupaten/kota, OSN tingkat provinsi, dan OSN tingkat nasional bisa melihatnya pada preview diatas.

Dan bagi anda yang ingin memilikinya silakan kunjungi link dibawah ini, sebab dengan anda memilikinya ajang yang akan anda ikuti ini akan berjalan dengan lancar dan memperoleh hasil yang baik dan maksimal pastinya.

Sekian yang dapat kami sampaiikan terkait berkas pendidikan kali ini yang berjudul Petunjuk Teknis (JUKNIS) OSN SMP 2018 Semua Tingkat Kabupaten/Kota Provinsi Nasional. Sampai jumpa diartikel selanjutnya

Simpan file diatas : berikut ini ya
Previous
Next Post »
0 Komentar