Penjelasan Macam-Macam Pencemaran Lingkungan serta Berbagai Dampaknya Terhadap Lingkungan Sekitar

08.42

Baca Juga ya

Penjelasan Macam-Macam Pencemaran Lingkungan serta Berbagai Dampaknya Terhadap Lingkungan Sekitar - Selamat pagi para pengunjung semangat27.com, diartikel kali ini admin akan berbagi kembali materi pelajaran yang berkaitan dengan penjelasan jenis-jenis pencemaran lingkungan. Tak hanya penjelasan macam-macam pencemaran lingkungannya saja akan tetapi penjelasan dampak apa saja uyang akan ditimbulkan dari adanya pencemaran lingkungan tersebut. Baiklah langsung saja berikut adalah Penjelasan Macam-Macam Pencemaran Lingkungan serta Berbagai Dampaknya Terhadap Lingkungan Sekitar.

Pengertian Pencemaran Lingkungan

Pencemaran Lingkungan bisa kita artikan secara lebih sederhana sebagai adanya zak asing yang masuk ke dalam lingkungan, zat asing tersebut menyebabkan keadaan lingkungan yang ada menjadi tidak normal, padahal sebelumnya baik-baik saja sebelum zat tersebut masuk. Oleh karena itu zat yang masuk tersebut menyebabkan suatu pencemaran yang akan bisa mengganggu berbagai kehidupan dari makhluk hidup yang tinggal didalam lingkungan yang sudah tidak lagi normal itu.

Pencemaran yang selama ini sering terjadi bisa disebabkan karena proses alam atau bisa juga disebabkan karena ulah dari manusia itu sendiri. Berbagai jenis bahan ataupun zat yang bisa menyebabkan terjadinya pencemaran (polusi) disebut dengan nama polutan. Pencemaran lingkungan sendiri bisa kita bedakan menjadi beberapa jenis, pada artikel kali ini akan kita kelompokan menjadi tiga jenis yakni pencemaran udara, pencemaran air, dan pencemaran tanah, meskipun ada juga yang menambahkan pencemaran suara.

Jenis pencemaran lingkungan yang kita kelompokan pada artikel kali ini dibuat berdasarkan bahan yang menjadikan atau menyebabkan pencemaran lingkungan. Untuk penjelasan secara lebih rinci atau detail terkait ketiga jenis pencemaran lingkungan tersebut yakni pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah akan dijelaskan dibawah ini, baiklah langsung saja

Pencemaran Udara

Penjelasan Pencemaran Udara

Pencemaran udara atau pencemaran lingkungan yang terjadi diudara, oleh karena suatu zat atau bahan yang masuk dan menjadikan udara sekitar menjadi tidak normal sehingga menggangu kehidupan yang ada didalamnya. Pasti itulah definisi yang serta merta muncul dalam benak para pembaca sekalian, namun apakah benar seperti itu definisi dari pencemaran udara?

Pencemaran udara merupakan masuknya suatu polutan (berbagai jenis bahan ataupun zat yang bisa menyebabkan terjadinya pencemaran atau polusi) ke dalam udara, yang selanjutnya menyebabkan komposisi dari udara yang ada menjadi berubag tidak pada keadaan normalnya.

Keadaan normal dari suatu kondisi udara sendiri memiliki rincian komposisi udara kering dan bersih sebagai berikut :

  • N2 atau Nitrogen sebanyak 78,08%; 
  • O2 atau Oksigen sebanyak 20,95%; 
  • dan CO2 atau karbon dioksida sebanyak 0,035%.
Jika komposisi persentase dari karbon dioksida atau CO2 yang ada di lingkungan atmosfer sekitar kita melebihi 0,035%, berarti dapat dikatakan bahwa lingkungan udara yang ada disekitar kita sudah mengalami pencemaran oleh gas karbon dioksida atau CO2 dan hal ini dapat menyebabkan gangguan pada berbagai kehidupan dari makhluk hidup yang ada disekelilingnya.


Contoh Pencemaran Udara

Pencemaran udara seperti ini bisa terjadi oleh karena proses alam. Contoh dari pencemaran udara yang disebabkan oleh proses alam ini seperti berbagai polutan gas dan debu yang muncul oleh karena adanya letusan dari gunung berapi,  serta polutan gas-gas lainnya yang berasal dari hasil pembusukan sampah-sampah organik seperti pembusukan kulit sayur atau buah.

Dilain sisi, pencemaran udara seperti ini juga bisa disebabkan oleh perbuatan manusia sendiri. Contoh dari pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh manusia seperti polutan gas, asap dan juga debu yang merupakan hasil dari pembakaran berbagai bahan bakar fosil seperti halnya pembakaran batubara dan pembakaran bensin.

Upaya Pengurangan Pencemaran Udara

Tidak dapat dipungkiri bahawa pencemaran udara seperti ini seringkali terjadi, oleh karena itu kita sebagai manusia hendaknya menjaga. Berikut ini ada berbagai upaya yang bisa kita lakukan untuk dapat mengurangi terjadinya pencemaran udara yang ada.


  • Menanam pepohonan di taman atau dipinggir-pinggir jalan (jalur hijau) yang bertujuan untuk dapat menyerap setiap gas CO2 atau karbon dioksida dari asap kendaraan bermotor.
  • Membuat semacam air mancur di daerah yang padat dengan manusia, hal ini bertujuan untuk dapat menurunkan suhu udara disekitarnya.
  • Mengurangi sedikit demi sedikit penggunaan dari bahan bakar fosil seperti pembakaran batubara dan bensin yang bisa memicu terjadinya kenaikan gas CO2 atau karbon dioksida dan bahkan terjadinya hujan asam.


Pencemaran Air

Penjelasan Pencemaran Air

Pencemaran air atau pencemaran lingkungan yang terjadi diair, oleh karena suatu zat atau bahan yang masuk dan menjadikan air sekitar menjadi tidak normal sehingga menggangu kehidupan yang ada didalamnya. Pasti itulah definisi yang serta merta muncul dalam benak para pembaca sekalian.

Air murni atau air yang bersih atau air yang normal tidak tercemar di alam adalah air yang mempunyai ciri-ciri tidak berwarna atau bening, tidak berbau, tidak berasa atau memiliki rasa, dan pastinya tidak memiliki kandungan bahan kimia yang lainnnya. Pada kenyataannya fungsi dari air yang ada dimuka bumi ini bisa kita olah menjadi air untuk diminum, air untuk berbagai kepentingan rumah tangga, air untuk berbagai kebutuhan industri, air untuk bidang perikanan, dan air sebagai pengairan di sawah.

Contoh Pencemaran Air

Namun perlu diketahui bahwa saat ini air yang terdapat di alam sebagian besar suda yang tidak murni lagi. Bahkan air hujan sendiri saat ini sudah mengandung banyak sekali polutan atau bahan pencemar, beberapa diantaranya seperti  SO4, NH3, spora dan debu. Tak hanya itu saja, air-air yang berasal dari berbagai sumber air dimuka bumi ini, saat ini juga telah banyak memiliki kadungan polutan seperti  Mg, Na, Fe, Ca, jamur dan bakteri.


Faktor Kualitas Air

Pada dasarnya, untuk dapat mengetahui apakah suatu air memiliki kualitas yang baik, bersih dan bahkan dapat diminum bisa dilihat dari beberapa faktor-faktor kualitas air berikut ini.

pH atau Tingkat keasaman air, Suhu air, Bahan-bahan Kimia, Jasad Renik, Bau, Rasa dan Warna

Pencemaran Tanah

Penjelasan Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah atau pencemaran lingkungan yang terjadi ditanah, oleh karena suatu zat atau bahan yang masuk dan menjadikan tanah sekitar menjadi tidak normal sehingga menggangu kehidupan yang ada didalamnya. Pasti itulah definisi yang serta merta muncul dalam benak para pembaca sekalian, namun apakah benar seperti itu definisi dari pencemaran tanah?

Pencemaran tanah sendiri sebenarnya dapat ditandai melalui adanya berbagai bahan di permukaan tanah atau di bawah permukaan tanah yang bisa menggaunggu atau bahkan merusak kemampuan dari tanah tersebut, sehingga tanah tidak dapat lagi mendukung berbagai kehidupan dari makhluk hidup yang ada di atasnya.

Tanah yang sampai detik ini masih menjadi tempat hidup dari berbagai jenis makhluk hidup. Secara nyata dapat kita lihat bahawa tanah mempunyai kemapuan untuk dapat memberikan dukungan bagi banyak makhluk hidup, sehingga para makhluk hidup itu bisa hidup di atasnya. Tanah sendiri bisa dikatakan telah tercemar oleh polutan jika kemampuan dari tanah tersebut menjadi lebih rendah untuk dapat memberikan dukungan bagi kehidupan yang ada di atasnya.


Contoh Pencemaran Tanah

Polutan tanah atau bahan yang dapat menjadi pencemar atau mencemari tanah bisa kita bedakan kedalam dua jenis, yakni polutan berbahan padat dan polutan berbahan cair. Polutan atau bahan pencemar atau yang dapat mencemari tanah berwujud bahan yang padat, contohnya seperti sampah, baik sampah yang organik seperti sisa-sisa kehidupan, sampah dapur dan sampah pasar ataupun sampah yang anorganik contohnya seperti kaca plastik, logam atau sisa dari bongkaran-bongkaran bangunan rumah. Sedangkan untuk polutan atau bahan pencemar atau yang dapat mencemari tanah berwujud bahan yang cair, contohnya seperti berbagai jenis minyak, larutan detergen ataupun insektisida yang sering digunakan pada tanaman.

Ya itulah dia artikel tentang Penjelasan Macam-Macam Pencemaran Lingkungan serta Berbagai Dampaknya Terhadap Lingkungan Sekitar yang dapat kami berikan dipertemuan kali ini. Semoga bermanfaat
Previous
Next Post »
0 Komentar