Contoh Soal + Jawaban Mata Kuliah Enterprise System (Sistem Enterprise) PART 1

12.07

Baca Juga ya

Contoh Soal Mata Kuliah Enterprise System (Sistem Enterprise) PART 2 - Selamat sore para pengunjung setia semangat27, setelah sebelumnya telah dibuat Contoh Soal Mata Kuliah Enterprise System (Sistem Enterprise) PART 1 maka kali ini akan dibuat part 2 yang merupakan lanjutan dari part 1.

Untuk soal-soal dibawah ini diambil langsung dari salah satu sumber buku pegangan berjudul "enterprise systems integration a process oriented approach" yang didalamnya berisi penjelasan tentang Enterprise System atau sistem enterprise. Baiklah tanpa berlama-lama langsung saja berikut adalah Contoh Soal + Jawaban Mata Kuliah Enterprise System (Sistem Enterprise) PART 1. Bagi yang ingin melihat seperti apa isi dari buku pegangan dengan judul "enterprise systems integration a process oriented approach" tersebut silakan kunjungi link dibawah artikel ini.

Baiklah langsung saja berikut ini adalah Contoh Soal Mata Kuliah Enterprise System (Sistem Enterprise) PART 2

BAB III Messaging Systems


1) JMS menyediakan berapa jenis komunikasi pesan? Jelaskan masing-masing jenisnya? (hal 50) dan apa perbedaannya dengan komunikasi pesan pada MSMQ (hal 60)

Ada 2, queues komunikasi point-to-point (one-to-one) antar aplikasi & topics komunikasi satu aplikasi ke beberapa aplikasi (one-to-many). Sementara MSMQ, komunikasi chanel lebih kedalam queue. Akan tetapi MSMQ juga bisa melakukan komunikasi one-to-many melalui protokol multicast IP yang sering disebut dengan Pragmatic GeneralMulticast (PGM)

2) Jelaskan yang dimaksud dengan producers, consumers, and JMS Provider dalam JMS (hal 50) sender dan receiver dalam MSMQ (hal  60)

Producers : pengirim pesan, consumers : penerima pesan, dan JMS Provider : sistem pesan yang mengimplementasikan antarmuka JMS
B. sender : penghasil pesan, receiver : pengonsumsi pesan

3) Jelaskan 6 tahap menggunakan Java Message Service (hal 54)

1 Gunakan JNDI untuk mengambil objek yang mengimplementasikan antarmuka ConnectionFactory. 
2. Gunakan objek ConnectionFactory untuk membuat objek Connection. Ini akan membuka koneksi ke sistem pesan tapi, pada tahap ini, pengiriman pesan masih dinonaktifkan. 
3. Gunakan objek Connection untuk membuat satu atau beberapa objek Session. 
4. Gunakan JNDI lagi untuk mencari satu atau lebih referensi ke objek Tujuan. 
5. Gunakan objek Sesi dan referensi Tujuan untuk membuat objek MessageProducer dan MessageConsumer. 
6. Untuk mengirim pesan, gunakan Sesi untuk membuat objek Pesan, dan gunakan MessageProducer untuk mengirim pesan. Untuk menerima pesan, lakukan pengiriman pesan pada Sambungan dan gunakan MessageConsumer untuk menerima pesan.


BAB IV Message Brokers


1.   Sistem pesan dapat dilihat sebagai infrastruktur integrasi berdasarkan antrian pesan yang dapat digunakan aplikasi untuk berkomunikasi satu sama lain secara asinkron. Jelaskan keuntungan yang didapat jika menggunakan infrastruktur itu!

  • Yang pertama adalah semua aplikasi menggunakan interface yang sama (sistem pesan API) untuk berkomunikasi satu sama lain, daripada harus mengintegrasikan setiap aplikasi dengan API khusus dari aplikasi lain.
  • Keuntungan kedua adalah bahwa penggunaan antrian pesan memisahkan aplikasi satu sama lain dengan membiarkan setiap aplikasi menangani permintaan dengan kecepatannya sendiri, tanpa menghalangi aplikasi lain.
  • Dan keuntungan ketiga adalah aplikasi dapat mengandalkan mekanisme sistem pesan yang menyediakan pengiriman terjamin, routing yang efisien, penyimpanan, dll tanpa harus menerapkan mekanisme tersebut sendiri.

2.  Dengan menggunakan Message Broker, Sebutkan dua kemungkinan untuk mengintegrasikan aplikasi!

Jawab : at the level of the messaging platform,
or at the level of the orchestrator.

3.  Jelaskan perbedaan Promoted Property dan Distinguished Property

To summarize, promoted properties digunakan pada message level untuk mengimplementasikan message routing berdasarkan filter yang terkair dengan port pengiriman. Sedangkan, Distinguished properties digunakan pada orkestrasi level untuk menentukan bagaimana orkestrasi akan berperilaku pada saat run-time sesuai dengan isi pesan.

4.      Dalam konteks korelasi, Jelaskan apa itu correlation.id!

Himpunan dari promoted property yang digunakan untuk mengkorelasikan pesan.


BAB V Data Adapters

1) Jelaskan mengapa dalam suatu organisasi diperlukan integrasi antar sistem/aplikasi !

Integrasi sistem/aplikasi dalam suatu organisasi penting dilakukan agar di dalam organisasi tersebut kita dapat berkolaborasi satu sama lain atau dapat melakukan proses bisnis yang baik. Hal itu disebabkan karena dalam suatu aplikasi yang didevelop dalam suatu organisasi mungkin memiliki perbedaan seperti teknologi yang digunakan, adanya pembaruan atau upgrade baik dari sisi pengambilan informasi, programing interface, serta penyimpanan data yang akan mengakibatkan proses pertukaran informasi akan terhambat.

2) Jelaskan 3 Aplications Layer dalam suatu perangkat lunak !


3) Jelaskan apa yang disebut dengan Web Crawling serta sebutkan manfaat yang dapat digunakan dari adanya web crawling tersebut !

Web crawling adalah salah satu metode untuk mengambil data dari suatu websites tertentu dengan menggunakan script secara otomatis. Tujuan dari melakukan web crawling adalah untuk mengumpulkan data dari internet serta melakukan indexing dari data tersebut untuk dapat dilakukan pencarian dari data-data tersebut (Search Engine).

1) [Database Access APIs] Gambarkan skema Database APIs di Windows berkerja!

2) [Returning Data in XML] Jelaskan perbedaan RAW mode dan AUTO mode pada XML?

Raw mode merupakan opsi paling simpel/mudah pada XML, karena hanya menghasilkan 1 element untuk setiap hasil SQL query. Sedangan pada auto mode, struktur XML akan langsung ter-generate dengan sendirinya.

3) [Using the SQL Adapter] Apa itu SQL Adapter? Jelaskan Fungsinya!

SQL adapter adalah suatu layer software yang mengatur hubungan antara orchestration dengan external database yang sedang diakses. Fungsinya adalah sebagai client yang mengkomunikasikan dengan database melalui database API.

BAB VI Application Adapters

1. Data dapat digunakan untuk menyelesaikan beberapa problem, namun penggunaan dan spesifikasi data yang digunakan berbeda beda tiap problem. sebutkan problem apa saja yang dapat diselesaikan dan presentasi data yang digunakna di tiap problem!

Scientific problem menggunakan kuantiti untuk mempresentasikan data sebagai angka dengan keakuratan tertentu, sedangkan business problem menggunakan cara manipulasi objek dengan attribut yang disusun dari tipe yang berbeda. Untuk sub-problem terdapat struktur data yang berbeda dan fungsi dapat dikelompokkan berdasarkan struktur data yang digunkana.(6.1 Methods and Interfaces)

2. Seberapa pentingkah penggunaan interfaces pada adapter?

interfaces sangat penting untuk adapter di dalam konteks integrasi. interface sebagai kumpulan metode-metode yang terbuka oleh aplikasi atau komponen yang mengizinkan untuk dipanggil oleh aplikasi lain. gagasan dari API persis berdasarkan ide untuk memaparkan aplikasi interface callable ke seluruh dunia, ini mungkin diterapakan dalam kasus aplikasi berbeda yang dapat mengizinkan interface secara langsung dan integrasi dengan fasilitasi yang bagus.

3. Gambarkan flow penggunakan callback interface untuk asynchronous calls menuju adapter!


1. Sebutkan dan Jelaskan 3 faktor yang menyebabkan pergeseran penggunaan CORBA

  • XML, CORBA masih menggunakan marshalling mechanisms yaitu merepresentasikan data menjadi binary dan opaque. Dengan menggunakan XML akan memudahkan representasi data seperti tipe data primitif, array
  • HTTP, Merupakan sebuah trasport protocol yang bisa diigunakan untuk membawa XML. Kalau pada CORBA membutuhkan inter-ORB protocol
  • IDL, Pada CORBA IDL yang digunakan memerlukan sintak yang khusus dan compiler yang digunakan untuk menggenerate stubs dan skeleton

2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan WSDL

WSDL adalah Web Services Description Language yang merupakan bahasa yang berbasis XML untuk menentukan antarmuka dari Web Service

3. Sebutkan jenis-jenis teknologi Web Service

XML-RPC
WSDL
UDDI
SOAP

4. [Invoking a Web Service from an Orchestration] Sebutkan tahapan penerapan Web Service


Demikian artikel berjudul Contoh Soal Mata Kuliah Enterprise System (Sistem Enterprise) PART 2 semoga bermanfaat
Previous
Next Post »
0 Komentar