Kerja Ilmiah : Macam-macam Bentuk Penelitian (Materi Biologi Kelas X BAB 1)

19.33

Baca Juga ya

Kerja Ilmiah : Macam-macam Bentuk Penelitian (Materi Biologi Kelas X BAB 1) - Selamat malam kali ini semangat27 akan kembali melanjut materi terkait Kerja Ilmiah (Materi Biologi Kelas X BAB 1) pada bagian Unsur-unsur Penting yang harus dilakukan oleh seorang Peneliti.

A. Merencanakan Penelitian Ilmiah

Penelitian adalah suatu tahap yang ada pada metode ilmiah, dimana didalamnya menggunakan beberapa langkah yang teratur dan sistematis serta terdapat proses berpikir yang logis. Semua orang yang hendak melakukan suatu penelitian harus berdasarkan kepada langkah-langkah yang teratur atau sistematis. Langkah-langkah teratur atau sistematis tersebut haruslah standar dan pastinya juga baku. Langkah yang pertama pada tahap penelitian selalu diawali terlebih dahulu dengan adanya perencanaan penelitian ilmiah yang didalamnya terdiri atas beberapa pekerjaan seperti dibawah ini.


1. Menetapkan Bentuk Penelitian

Bentuk dari suatu penelitian dapat dibedakan menjadi beberapa aspek seperti aspek tujuan dan aspek metode.

a. aspek tujuan
Dilihat dari aspek tujuan bentuk penelitian dibedakan menjadi 2, yakni :
  • Penelitian Dasar adalah penelitian yang mengarah pada perluasan ilmu
  • Penelitian Terapan adalah penelitian yang didalamnya memecahan masalah yang ada dalam masyarakat hingga setelahnya mendatangkan manfaat bagi masyarakat atas pemecahan permasalahan tersebut

b. aspek metode.
Dilihat dari aspek metode maka bentuk dari penelitian dapat dibedakan menjadi beberapa seperti diberikut ini :
  • Penelitian Praeksperimen atau Penelitian Deskriptif  : Eksplorasi penggambaran suatu objek tertentu dengan jelas dan juga sistematis untuk memprediksi suatu gejala terjadi atas dasar data yang telah dimiliki.
  • Penelitian Sejarah : Penelitian yang serupa dengan penelitian deskriptif, yang membedakan adalah darimana data diperoleh. Penelitian sejarah memperoleh data dari hasil wawancara dengan para pelaku sejarah, contohnya para pemimpin dan tokoh-tokoh yang terlibat atau memiliki hubungan dengan suatu peninggalan sejarah
  • Penelitian Status atau Penelitian Normatif atau Penelitian Survei : Penelitian yang menggunakan variabel serta populasi yang luas dengan maksud dan tujuan mengawali penelitian, pengembangan eksplorasi pada objek, dan selanjutnya akan melakukan suatu klasifikasi pada permasalahan yang akan dipecahkan. 
  • Penelitian Eksperimen : Menggunakan metode inti yang ada pada penelitian yang ada selama ini. Penelitian ini memliki tiga syarat yakni kontrol, manipulasi, serta mengobservasi. Sedangkan objeknya akan dibagi menjadi dua grup yakni grup perlakuan, yang akan mendapatkan perlakuan. Dan berikutnya yakni grup kontrol, grup yang tidak mendapatkan perlakuan. Penelitian eksperimen seperti ini paling sering dilakukan pada bidang IPA, yang didalamnya termasuk pada biologi.
Demikian lah pembahasan kali ini, untuk kelanjutan materi bab 1 biologi ini akan dibahas diartikel selanjutnya
Previous
Next Post »
0 Komentar