Kerja Ilmiah (Materi Biologi Kelas X BAB 1)

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Kerja Ilmiah (Materi Biologi Kelas X BAB 1) - Selamat malam para pengunjung semangat27.com, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan materi pelajaran biologi untuk kelas X atau kelas 10 BAB 1 tentang kerja ilmiah. Sebelum itu tujuan utama dari bab 1 materi bilogi kelas 10 kali ini adalah untuk


  1. Untuk dapat melakukan identifikasi terhadap ruang lingkup yang ada dalam biologi 
  2. Untuk dapat melakukan deskripsi terhadap objek dan juga permasalahan yang ada dalam biologi di berbagai tingkatan organisasi kehidupan yang ada dalam biologi dimulai dari tingkat molekul kemudian tingkat  sel lalu tingkat jaringan selanjutnya organ menuju tingkat populasi dan tingkat ekosistem hingga akhirnya sampai pada tingkat bioma
Jika sudah memahami tujuan dari Kerja Ilmiah (Materi Biologi Kelas X BAB 1), untuk memudahkan proses pembelajaran perhatikan gambar dari peta konsep yang ada di bawah ini, karena gambar peta konsep ini adalah isi dari materi Kerja Ilmiah (Materi Biologi Kelas X BAB 1. Perharikan lalu kemudian cobalah untuk memahaminya agar anda memiliki gambaran tentang materi Kerja Ilmiah (Materi Biologi Kelas X BAB 1 yang akan dipelajari kali ini.


Sebelum memasuki materi Kerja Ilmiah (Materi Biologi Kelas X BAB 1) cobalah anda perhatikan dengan seksama gambar yang ada dibawah ini. 


Nampak gambar peneliti yang terlihat sedang melakukan penelitian di sebuah laboratorium yang dimilikinya dengan tujuan untuk menemukan suatu obat bagi para penderita penyakit kanker. Peneliti tersebut melakukan suatu pengujian terhadap penemuan miliknya, dalam melakukan pengujian peneliti tersebut menggunakan hewan tikus terlebih dahulu sebagai objek dari penelitiannya.

Dan apakah anda mengetahui, alasan apa yang menyebabkan manusia tersebut melakukan suatu penelitian? 

Manusia sendiri adalah makhluk hidup yang sangat istimewa sebab para manusia telah dibekali dengan sangat luar biasa oleh Tuhan sifat rasa ingin tahu yang besar. Rasa ingin tahu yang ada dalam diri manusia terhadap adanya suatu permasalahan yang ada di sekelilingnya bisa menjurus kepada rasa ingin tahu yang ilmiah. Contohnya saja ada suatu pertanyaan, ”Mengapa hewan ayam bertelur?” atau ”Apakah benar bulan itu mengitari bumi?”, dari pertanyaan tersebut lalu kemudian mucul suatu keinginan untuk dapat mengadakan suatu pengamatan dengan cara yang sistematik hingga pada akhirnya akan melahirkan suatu kesimpulan yang membuktikan bahwa bulan ternyata mengitari matahari dan ayam masuk kedalam golongan binatang ovipar.

Dari semua hal diatas kita dapat mengetahui bahwa hakikatnya, dengan adanya suatu rasa ingin tahu yang ilmiah serta didukung dengan cara berpikir yang ilmiah juga, yang kemudian ditunjang oleh suatu metode yang pas dan tepat, maka akan dapat menghasilkan suatu kerja ilmiah hingga pada akhirnya akan memperoleh suatu jawaban dan dapat menyimpulkan pokok jawaban dari rasa keingin tahuan yang muncul tersebut. 

Metode yang sering digunakan itu sering dinamakan dengan metode ilmiah. Sedangkan kerja ilmiah atau yang bisa juga disebut dengan penelitian yang didalamnya menggunakan suatu metode ilmiah menandakan juga bahwa suatu penyelidikan dilakukan dengan hati-hati dan juga kritis pada saat mencari suatu fakta dan prinsip-prinsip yang ada; suatu penyelidikan yang tergolong amat cerdik ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat menetapkan sesuatu serta mendapatkan kebenaran. Pada saat dilakukan sebuah penelitian ilmiah atau kerja ilmiah, ada berbagai unsur penting yang perlu dilakukan oleh para peneliti, diantaranya seperti, merencanakan terlebih dahulu penelitian tersebut, lalu melaksanakan penelitiannya, kemudian mengomunikasikan berbagai hasil yang diperoleh dalam penelitian, dan yang terpenting para peneliti tersebut harus mampu bersikap secara ilmiah.

Di artikel selanjutnya kami akan mencoba menjelaskan satu persatu berbagai unsur penting yang yang perlu dilakukan seorang peneliti pada saat melakukan penelitian ilmiah atau kerja ilmiah yang dilakukannya. Kerja Ilmiah : Macam-macam Bentuk Penelitian (Materi Biologi Kelas X BAB 1)

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar