Skill Development Fund dan Unemployment Benefit

05.27

Baca Juga ya

Skill Development Fund dan Unemployment Benefit - Menghadapi revolusi Industri 4.0, saat ini Kementerian Ketenagakerjaan sedang mengkaji rencana penerapan Skill Development Fund (SDF), yaitu skema dana pengembangan pelatihan keterampilan kerja dan Unemployment Benefit (UB), yaitu tunjangan sosial bagi pengangguran dan korban PHK. Skema ini merupakan dana jangka panjang untuk pengembangan keterampilan dan kompetensi, meningkatkan kualitas SDM, mempercepat pengurangan pengangguran, dan meningkatkan kesejahteraan pekerja. Beberapa negara Asia yang sudah menerapkan kebijakan ini diantaranya adalah Malaysia, Singapura, Korea Selatan, India, Sri Lanka, dan Philiphina. Bagi Indonesia kebijakan SDF terakhir diterapkan melalui Peraturan Menteri Tenga Kerja Republik Indonesia No. PER-01/MEN1997.


Dalam penerapannya terdapat empat mekanisme pendanaan SDF.  Pertama, se-bagian besar dana berasal dari iuran perusahaan dan dikelola se¬cara bersama oleh pemerintah, industri dan wakil pekerja. Kedua, SDF berasal dari iuran industri dan dikelola sendiri oleh asosiasi industri. Ketiga, SDF sektoral, dimana dana berasal dari iuran sektor industri tertentu dan dana dikelola oleh asosiasi industri. Keempat, SDF sepenuhnya berasal dari pemerintah dan kemudian disalurkan kepada industri atau perusahaan dengan cara penawaran terbuka.

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri menjelaskan bahwa terdapat lima tantangan yang harus dikaji secara mendalam mengenai penerapan SDF dan UB. Pertama, pentingnya lapangan kerja berkualitas. Kedua, reorientasi pendidikan agar proses pendidikan benar-benar demand driven. Ketiga, kesempatan upskilling dan reskilling. Keempat, bantalan sosial untuk korban PHK atau unemployment benefit. Kelima, labour market information yang masih sangat lemah.

Referensi :

_____. (2018) Pemerintah Perlu Terapkan Skill Development Fund. http://www.koran-jakarta.com/pemerintah-perlu-terapkan--skill-development-fund-/.  [Diakses 20 Mei 2018]

Purba, Gervin Nathaniel. (2018) Kemenaker Matangkan Kajian Skill Development Fund. http://ekonomi.metrotvnews.com/mikro/PNgePeXk-kemenaker-matangkan-kajian-skill-development-fund. [Diakses 20 Mei 2018]

Song, Eunbi. (2016) Skills Development Funds: Country Experiences and Implications for South Asia. ADB Initial Internship Report.

sumber Departemen Kajian dan Aksi Strategis :
https://timeline.line.me/post/_dUenPNzjJVeTKvCY2DQPVZQHdi_ORHTjh9XHi5w/1152829147603066827
Previous
Next Post »
0 Komentar