Arti cinta dalam islam

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Cinta, apa sih arti dari cinta itu ??? semua orang atau bahkan para ahli mempunyai pengertian sendiri tenatng arti dari cinta secara subjektif menurut dirinya sendiri. Jika kalian bertanya kepada saya apa itu cinta, menurut saya pribadi cinta ya cinta XD, saya sendiri juga bingung mengartikan apa yang namanya cinta itu.

Namun sebaiknya cinta itu selalu kita berikan hanya untuk Allah SWT dan Rasulullah SAW. Cinta juga hendaknya selalu kita berikan untuk ke dua orang tua kita terutama emak kita, juga keluarga, sahabat, dan orang-orang di sekitar kita.

Menurut id.wikipedia.org, Cinta adalah sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaan kasih sayang terhadap seseorang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.

Ibnul Qayyim pun juga pernah mengatakan bahwa : “Cinta tidak bisa didefinisikan dengan jelas, bahkan bila didefinisikan tidak menghasilkan (sesuatu) melainkan menambah kabur dan tidak jelas, (berarti) definisinya adalah adanya cinta itu sendiri”.

Pada hakekatnya Cinta itu adalah sebuah amalan hati (bathiniah) yang akan terwujud dalam (amalan) lahiriah. Apabila cinta tersebut sesuai dengan apa yang diridhai Allah SWT, maka ia akan menjadi ibadah. Dan apabila sebaliknya, jika cinta itu tidak sesuai dengan ridha Allah SWT maka akan menjadi perbuatan maksiat (seperti yang terjadi pada zaman sekarang ini). Berarti jelas bahwa cinta adalah ibadah hati yang bila keliru menempatkannya akan menjatuhkan kita ke dalam sesuatu yang dimurkai Allah yaitu kesyirikan. 

Islam menyeru kepada kita tentang cinta, yaitu cinta kepada Allah, cinta kepada Rasulullah, cinta kepada Agama, cinta kepada aqidah, juga cinta kepada sesama makhluk, sebagaimana Allah menjadikan perasaan cinta antara suami istri sebagai sebagian tanda dan bukti kekuasaan-Nya, firman Allah SWT:


“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir (QS. Ar-Ruum: 21)”.

Sumber :
http://www.iseng-iseng.tk/

http://brebes-punya.blogspot.com

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar