Tampilkan postingan dengan label Motivasi. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Motivasi. Tampilkan semua postingan

Start-up Industries: Treat or Threat?

Add Comment
Start-up Industries: Treat or Threat? - Lima belas tahun yang lalu, pekerja-pekerja Amerika khawatir soal persaingan dari pekerja-pekerja asal Meksiko yang bisa dibayar lebih murah. Hal yang masuk akal karena pada dasarnya manusia dapat saling menggantikan. Hari ini, fenomena ini kembali terjadi. Amerika mencemaskan kemajuan teknologi beberapa tahun mendatang karena dipandang sebagai Globalisasi yang berulang. Hanya saja, situasinya berbeda: orang-orang bersaing untuk mendapatkan pekerjaan dan sumber daya; komputer tidak bersaing untuk apapun.

Jalur karier sebagian besar insinyur cukup standar: sekolah, pelatihan lanjutan, bekerja di perusahaan multinasional selama 30 tahun atau lebih, kemudian pensiun dengan tenang. Seiring perkembangan zaman, trend kerja pun mengalami pergeseran. Startup telah menjadi primadona -baik di bidang industri teknologi, perangkat medis, layanan bisnis, atau bidang lainnya- sebagaimana perusahaan multinasional. Dinamika itu tidak hanya mengubah sifat jalur karir insinyur tetapi juga dunia industri secara keseluruhan.



Siapa yang tak kenal dengan GO-JEK? Perusahaan yang didirikan oleh Nadiem Makarim ini sukses menjadi salah satu startup Indonesia yang memecahkan masalah dan membawa dampak positif di kota-kota besar. Perusahan ini bahkan merupakan salah satu startup Indonesia yang dijuluki Unicorn Startup, atau startup yang sudah punya nilai jual paling tidak $1 milyar. Berawal dari Go-Ride, layanan ojek daring yang bisa dipesan kapanpun dan dari manapun, startup Indonesia yang berdiri di 2010 ini mengembangkan fitur-fitur lain yang berguna bagi kehidupan sehari-hari. Layanan taksi online Go-Car, pesan antar makanan Go-Food, pengiriman barang Go-Send, pengangkutan barang dalam mobil Go-Box, jasa titip beli Go-Mart, layanan pijat panggilan Go-Massage, jasa pembersihan rumah Go-Clean, hingga perawatan kecantikan yang hadir ke rumah Go-Glam.

Karena kesuksesannya, pada Agustus 2016 startup Indonesia ini memperoleh suntikan dana sebesar US$550 juta dari sebuah konsorsium internasional. Selain itu, GO-JEK juga berhasil mendapatkan ASEAN Entrepreneur Award dari World Knowledge Forum di Seoul, Korea Selatan pada Oktober 2016 lalu. Startup Indonesia ini tidak hanya berjaya di negeri sendiri, tapi juga sudah melanglang buana dengan membuka kantor perwakilan di Bengaluru, India.

Saat ini, perusahaan-perusahaan yang berusia kurang dari lima tahun terhitung menciptakan rata-rata 1,5 juta pekerjaan per tahun selama 30 tahun terakhir, menurut Yayasan Kauffman, sebuah yayasan berbasis non profit di Kota Kansas yang berfungsi untuk mendukung kewirausahaan nasional. Bahkan selama resesi terakhir, startup yang gesit ini bernasib lebih baik daripada rekan-rekan mereka yang lebih besar, terus menambah pekerjaan pada tingkat 8,6 persen antara tahun 2006 dan 2009.
Suka atau tidak, bagi banyak orang, pekerjaan startup adalah pekerjaan masa depan, belum lagi masa sekarang. Tom Meredith, CEO dari Bitminutes mengatakan “Pendidikan keteknikan adalah tentang beradaptasi dan belajar bagaimana mempraktikkan teori serta menangani masalah. Pola pikir itu sangat berguna bagi startup”.

Bekerja di startup berarti harus siap untuk menggulung lengan baju dan mengencangkan sabuk. Pekerja harus siap dengan ketidakpastian serta atmosfer kerja yang tidak stabil. Ada banyak stereotip yang berkaitan dengan kehidupan di startup: meja ping-pong di ruang istirahat, makan siang gratis setiap hari, gaji setinggi langit, dan jutawan berusia 20an tahun. Bekerja di startup tidak terlalu mementingkan hierarki. Seluruh inovasi bisa masuk dari siapa saja, selagi sejalan dengan visi dan menjawab permasalahan yang ada. Sebagai perusahaan kecil, setiap detak nadi startup akan didedikasikan untuk pertumbuhan dan kemajuan perusahaan atau mati. Sangat masuk akal bila orang-orang yang berkecimpung di dalamnya kerap menganalogikan seperti menaiki roller coaster. Ya, sedinamis itu. Keuntungan dari bekerja di perusahaan yang dinamis, startup dapat membuat Anda mampu bekerja lebih efisien, memperluas batasan tanggung jawab, pengetahuan, dan belajar mengerti segala hal tentang bisnis.

Kekurangannya tentu tidak bisa dielakkan. Bekerja di lingkungan yang begitu dinamis membuat pekerja harus siap dan selalu kuat dengan setiap keputusan yang ada karena menyangkut keberlangsungan usaha. Termasuk siap untuk dipecat, diarahkan ke pekerjaan lain, dsb. Pekerja dituntut memiliki mental dan psikologis yang baik dan hal ini susah didapat generasi masa kini. Bagaimana tidak, hidup yang dihabiskan di dunia sosial media membuat mereka lupa seni bersosialisasi dan mengembangkan mutu manajemen diri.

Pets.com diluncurkan pada bulan Agustus 1998, sebagai online marketplace untuk pemilik hewan peliharaan. Lewat Pets.com, pemilik hewan peliharaan akan menghemat waktu dengan berbelanja online dan membayar lebih sedikit untuk sejumlah besar produk hewan peliharaan. Dengan anggaran pemasaran yang cukup besar saat peluncuran, situs ini dengan cepat berhasil memperoleh pendanaan sebesar US$ 80 juta. Sayangnya, pada akhir tahun 2000, startup itu menutup layanannya setelah membakar US$ 300 juta dalam waktu sekitar dua puluh tiga bulan.

Lantas dengan berbagai pro dan kontra terkait bekerja di startup, semua keputusan dikembalikan kepada diri masing-masing. Bekerja di korporasi tertata ataupun di startup tak menjadi masalah selagi sejalan dengan visi hidup individu. Di era revolusi industri ini, tak mungkin bagi kita menyangkal kebutuhan akan teknologi informasi. Perbedaan yang mencolok antara manusia dan mesin mengandung arti bahwa keuntungan dari bekerja dengan mesin jauh lebih tinggi daripada pertukaran jasa dengan manusia lain. Perbedaan pada sisi permintaan bahkan lebih besar. Tidak seperti orang-orang di negara industri, mesin tidak menuntut makanan mewah; yang mereka minta hanya energi yang sesuai dengan kebutuhan, bahkan dalam hal ini pun mereka tidak cukup cerdas untuk memintanya. Ketika merancang teknologi baru untuk membantu memecahkan masalah, kita mendapatkan seluruh keuntungan dalam efisiensi dari sebuah mitra pertukaran dengan spesialisasi yang luar biasa tanpa harus bersaing dengannya dalam hal sumber daya. Sehingga teknologi tak layak disebut substitusi, melainkan melengkapi dunia industri itu sendiri.

Oleh : Iqbal Nurrhakim

Referensi:
Schwabb, Klauss. 2016. The Fourth Industrial Revolution. Geneva : World Economic Forum.
Thiel, Peter and Blake Masters. 2015. Zero To One. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
https://id.techinasia.com/20-startup-gagal-asia-2015 (diakses 24 Agustus 2018)
https://www.businessinsider.com/dont-work-for-a-startup-2016-3/?IR=T (accessed 24 August 2018)
Ries, Eric. 2017. The Lean StartUp. Jakarta : PT Bentang Pustaka.

________________
Kementerian Kajian Strategis
BEM KMFT UGM
Kabinet Langkah Seirama

Tips Ampuh Sidang Skripsi 15 menit dan A tanpa revisi (Kisah Nyata)

Add Comment
Tips Ampuh Sidang Skripsi 15 menit dan A tanpa revisi (Kisah Nyata) - Hampir tengah malam jam menunjukan waktu tapi admin semangat27.com greget ingin menuliskan artikel dengan judul yang aneh tapi nyata. Cerita ini true story dan admin ambil dari salah satu mahasiswa, entah mahasiswa mana karena tidak tertulis tapi tulisan yang ditulisnya sangat menginspirasi admin (maklum menjelang mahasiswa semester akhir) dan admin yakin juga akan menginspirasi teman-teman mahasiswa semester akhir semuanya.

Jika ada sesuatu yang kurang berkenan mohon maaf dan sebisa mungkin ambil yang baik-baiknya ya. Langsung saja berikut adalah Tips Ampuh Sidang Skripsi 15 menit dan A tanpa revisi (Kisah Nyata)



"15 menit dan A tanpa revisi"
Hal yg paling menegangkan bagi mahasiswa tahap akhir adalah sidang skripsi. Apalagi untuk mahasiswa jurusan akuntansi selain sidang skripsi harus sidang kompre (ujian dasar akuntansi) menjadi hal yg terkadang lebih menakutkan dibanding sidang skripsinya.
Tapi tips dari dosen pembimbing gw Dr.Nuryatno yg bikin semua paradigma kengerian itu berubah, pesannya simpel tapi dalem bgt "klo mau sidangnya digampangin dan lulusnya duluan, klo udah adzan segerakan dan utamakan shalat dan bantuin temen yg lagi kesulitan skripsinya"
Meskipun pesennya terdengar gak ada hubungannya sama proses persiapan sidang tapi coba gw ikutin dan dampaknya lumayan ampuh juga.
Ketika dapet dosen kompre yg terkenal lumayan killer klo nguji, entah kenapa saat dia nguji dosen penguji gw ditelpon sama mertuanya disuruh cepet pulang dan gw cuma disuruh sebutin jurnal penjualan dan pembelian. Kalo sidang kompre yg biasanya berjam-jam gw cuma 5menit.
Saat sidang skripsi dosen penguji skripsi gw entah kenapa baik bgt dan keliatannya kurang mendalami tema skripsi gw dan saat presentasi disuruh next2 terus tanpa ada pertanyaan yg mendalam tentang skripsinya dan hanya sekedar disuruh menjelaskan metodologi penelitian nya sekitar 10mnt
Dan tips ampuh itu menciptakan hasil A tanpa revisi dgn total waktu sidang 15mnt. "Terkadang faktor invisible hand (god impact) menciptakan jalan yg tak disangka-sangka"
Untuk para mahasiswa semester akhir utamakan panggilannya dan bantu teman anda yg dalam kesulitan jika ingin melihat "impossible solution"
Demikian artikel tentang Tips Ampuh Sidang Skripsi 15 menit dan A tanpa revisi (Kisah Nyata). Semoga bermanfaat dan apabila anda memiliki cerita yang menginspirasi juga silakan tuliskan dibawah ya

sumber : https://timeline.line.me/post/_dTWFIblFNFe-U-d2NSJjLH7ryRcTribwbRfAlJg/1150539736405076533

Apalah Artinya IPK?

Add Comment
Apalah Artinya IPK?
Oleh: Riris Aditia N

Teman-temanku mengeluh. Kabarnya, IPK semester ini turun. Milikku juga turun, tapi nyaris cuma angin lalu yang terhirup. Semacam angin ringan yang berhembus, sejenak lewat menghampiri, lalu enyah ke arah yang lain. Tidak timbul keluh kesah, marah, atau lainnya. 

“Apalah artinya IPK?” aku menegaskan kalimat itu lekat-lekat. Begitu melihat nilai A yang tertera di KHS, ingin sekali aku masuk ke dalam karung yang besar agar seluruh tubuhku tertutup sempurna. Aku enggan memperlihatkan si pemilik wajah yang beruntung dijatuhi durian berlebel nilai A tersebut. Kau tahu? Usaha untuk mendapatkan nilai A sangatlah mudah, tapi bersikap bijak dan bertanggung jawab atas nilai A tersebut nyaris tak mampu ditangguhkan. Belum lagi untuk terus menggenggam nilai A dengan baik agar semester selanjutnya ia masih bertengger di KHS milik kita.

Lalu, kenapa mesti kepayahan untuk mempertanggungjawabkan nilai A? Apakah terbesit curang? Atau aku saja yang pecundang? Bukan... apalah artinya IPK, toh nyatanya kita belum bisa apa-apa? Pengetahuan hanya sebatas di permukaan, dan hal praktis pun baru di level coba-coba. Apalagi soal pengabdian sosial, nihil dan seringkali sembunyi tangan.

Hayo.... mengaku, disyukuri saja KHS yang ada, kecuali kalau sudah jadi manusia super (baca: cerdas intelektual, emosional dan spiritual).

Eits, temanku mengelak, dia bilang, ada ketidakadilan dosen dalam memberikan nilai. Nilai miliknya kurang  memuaskan, padahal...

·         Dia merasa sudah mengerjakan tugas dengan maksimal, sampai wira wiri ke Surabaya dan begadang semaleman hanya untuk tugas kelompok yang justru dia kerjakan sendirian.
·         Kocek pun lenyap hanya untuk sebuah tugas yang nyatanya hanya dihargai nilai B

·         Eh, malah temannya yang lain—yang tidak ikut bekerja, bahkan untuk sekadar bertanya “bagaimana tugasnya?” saja tidak, dan terkadang berlagak seperti bendahara yang membayar semua pengeluaran dari uang mamanya—malah kejatuhan nilai yang lebih bagus.
Ya sudah teman, kamu hanya belum beruntung, hiburku padanya.

·         Kalau menurutmu dosen tidak adil, maklumi saja. Beliau toh juga manusia biasa, tak luput dari dosa. Dan jika memang dengan sengaja si dosen ugal-ugalan di jalan (baca: melakukan penyimpangan kode etik), semoga Allah segera menegurnya dan pimpinan menendangnya dari meja kehormatan, hehe..

·         Selanjutnya marilah kita berdo’a, semoga tidak ada tugas kelompok yang bagaimanapun sistemnnya, dijamin tidak akan mencapai kata objektif. Nah, daripada lempar tangan, lemparin saja tugas kelompok ke laut, hmm... just kidding!

·         Dan yang terakhir untuk salah satu temanku yang mengeluh, biar kata kamu begadang sebulan atau dompetmu terkuras tinggal kartu nama, kalau hasil tugas yang dikumpulkan acakadut tidak karuan, tentu saja tidak bisa ditukar dengan nilai A. Kan, dosen menilai hasil akhir tugas yang dikumpulkan, bukan proses atau besarnya biaya yang dikeluarkan?


Wusssss... jangan panas membacanya teman, kita hanya perlu ingat bahwa kuliah bukanlah bercocok tanam untuk memanen nilai A di KHS. Coba pejamkan mata, lalu bergumam, “Apalah artinya IPK?”, dan nikmati sensasinya. Bukan bermaksud mengajak untuk pesimis, tidak kompetitif, atau kontra dengan IPK dan dosen. Akan tetapi supaya kita tidak terjerumus pada tuhan-tuhan kecil bernama IPK. Yuk, kuliah dan belajar demi kualitas diri di mata Tuhan, bukan demi nilai A yang berbinar...

Sangat Cerdas! Belum Lulus SD, Anak Ini Sudah Diterima di Perguruan Tinggi

Add Comment
Belum Lulus SD, Anak Ini Sudah Diterima di Perguruan Tinggi - Satu lagi berita mengejutkan terbaru yang baru beberapa jam ini beredar. Sekarang ini yang masih termasuk kedalam waktu-waktu pendaftaran perguruan tinggi ternyata membuat sejumlah situs berita online gemar mencari berita yang berhubungan dengan perguruan tinggi. Kali ini sendiri ada berita yang menurut admin akan menjadi viral. Berita dengan judul "Belum Lulus SD, Anak Ini Sudah Diterima di Perguruan Tinggi" atau "Belum Lulus SD, Bocah Ini Sudah Diterima di Perguruan Tinggi" sedang ramai diperbincangkan.Untuk isi beritanya berikut langsung saja, dikutip langsung dari situs berita kompas internasional.

Seorang bocah perempuan yang masih baru saja duduk di bangku sekolah dasar kelas V di salah satu provinsi yang ada di negara China yakni provinsi Anhui, China, ini mempunyai kecerdasan yang sangat luar biasa mencengangkan.

source : google image
Bagaimana tidak demikian, Huang Sihan (12) namanya, adalah seorang bocah yang bahkan belum lulus dari SD atau sekolah dasar ini, sudah bisa diterima di suatu perguruan tinggi.

Menurut yang tertulis dalam situs berita yang bernama NetEase, pada saat para pelajar yang lainnya sedang asik mengikuti seleksi ujian masuk di perguruan tinggi atauyang sering disebut disana gaokao, Huang pun ikut juga mengikuti suatu ujian masuk independen di Suatu perguruan tinggi yang bernama Institut Seni Profesional Anhui setelah beberapa tahun sebelumnya telah mempelajari Opera Hui.

Huang sendiri memulai untuk mempelajari Opera Hui ini sekitar waktu empat tahun yang lalu dan kemudian dirinya langsung menunjukkan suatu bakat luar biasa yang dimilikinya.

Bakatdari Huang tersebut yang luar biasa itulah yang menjadikan gurunya itu mendorong anak didiknya ini agar mencoba untuk mengikuti suatu ujian masuk perguruan di Anhui Professional College of Art yang telah digelar sebelum gaokao tahun 2016.

Seusai Huang mengikuti ujian masuk perguruan tinggi tersebut ternyata didapatkan hasil yang sangat amat mengejutkan Huang ternyata dinyatakan lulus namun bukan hanya itu saja bahka dirinya juga telah menjadi salah satu dari sekian banyak peserta yang masuk kedalam urutan 10 peserta ujian masuk dengan nilai terbaik. Luar biasa cerdas sekali bukan Belum Lulus SD, tapi Anak Ini Sudah Diterima di Perguruan Tinggi

Tak berhenti sampai disitu saja Huang pun juga memperoleh "hadiah" yang lainnya, yakni dirinya digratiskan dalam membayar uang pendaftaran masuk diperguruan tinggi tersebut untuk jurusan opera yang telah dipilihnya.

Dan semenjak dirinya lolos dari ujian masuk perguruan tinggi tersebur, Huang tiba-tiba semakin terkenal dan bahkan dirinya menjadi seorang selebriti dadakan di sekolahnya.

Jurus Ampuh Agar Gemar Membaca

Add Comment
Membaca adalah satu aktivitas yang memiliki berbagai macam manfaat. Tentu saja salah satunya adalah dapat memperluas wawasan dan dapat menjadikanmu pintar. Jika kamu gemar membaca, kamu akan dikagumi banyak orang karena keterbukaan pikiran dan wawasanmu, apalagi ketika kamu berbicara. Tentu kamu pernah merasa begitu terkagum-kagum melihat seorang pembicara yang tampil cerdas dalam menyampaikan gagasan-gagasannya, hal itu dapat dilakukannya karena orang itu gemar membaca.
Tapi permasalahannya tidak semua orang bisa gemar membaca. Bisa jadi hal ini karena dia belum begitu menyadari banyaknya manfaat yang bisa didapat dari kegemaran membaca. Tapi banyak juga orang yang walaupun sudah mengetahui manfaatnya, tetapi dia memang kesulitan untuk bisa tahan lama dalam membaca. Nah, atas alas an ini dihadirkan jurus ampuh biar kamu gemar membaca. Simak ya hal yang berikut ini:

1. Tentukan tujuan membaca

Pembaca yang baik adalah pembaca yang tahu betul akan tujuan ia membaca. Membaca bukan hanya aktivitas mata saja, tapi melibatkan aktivitas pikiran dan hati. Jika seseorang membaca buku tanpa tujuan maka apa yang dibacanya hanya akan sedikit saja memberi manfaat.
Berbeda dengan orang yang memiliki sebuah tujuan yang jelas. Sebelum ia membaca buku ia tahu betul buku mana yang dibutuhkan dan manfaat apa yang bisa diambil dari buku yang akan dibaca. Hal inilah yang selama ini kurang dipahami oleh banyak orang, sehingga mereka pun sulit menumbuhkan minat membaca dalam dirinya.

2. Buatlah perencanaan dalam membaca

Dalam segala hal rencana selalu memegang peranan penting. Kenapa demikian? Karena perencanan akan membantu seseorang menjadi lebih siap dalam menjalankan tugasnya. Apakah termasuk dalam membaca buku? Ya. Membaca buku juga butuh perencanaan. Dalam hal ini kamu harus tahu betul kapasitas kemampuanmu, yakni berupa waktu yang tepat, buku yang sesuai dan kapasitas menguasainya.
Setelah kamu mengetahui kemampuanmu, teruskan dengan membuat target misalnya kamu akan membaca 1 buku dalam waktu 1 buku dalam waku satu bulan, dalam waktu 6 bulan kamu akan membaca 6 buku dan satu tahun akan membaca 12 buku. Dalam menyusun perencanan ini awalnya sangat berat, tapi dengan sebuah kesungguhan dan komitmen manfaat besar akan kamu raih di kemudian hari.

3. Mulailah dari yang paling kamu sukai

Ketika seseorang ingin menumbuhkan semangat membaca buku, sebaiknya bacalah buku-buku yang paling disukai terlebuh dulu. Namun, di sini kamu juga harus melihat kualitas buku bacaanmu. Tentu saja buku yang baik dibaca adalah buku-buku yang bisa memberikan manfaat kepada dirimu, bukan malah sebaliknya meskipun kamu suka. Mungkin ada yang bertanya jika tidak ada buku yang saya sukai bagaimana? Jika itu yang kamu alami, sebaiknya banyak-banyaklah merenung, untuk menemukan masalahmu, karena hanya kamu yang tahu tentang masalah itu.

4. Aturlah waktumu

Tidak punya waktu satu alasan yang sering diucapkan oleh seseorang ketika ditanya tentang membaca buku. Mungkin memang benar, karena kesibukan terkadang membuat tubuh menjadi capek dan sedikit punya waktu dibandingkan dengan seseorang yang aktivitasnya tidak banyak. Namun itu bukan alasan kenapa seseorang enggan membaca buku. Sebenarnya waktu itu banyak. Hanya saja seseorang cenderung mengingkarinya. Sekarang kalau kita mau jujur dalam sehari pastilah kita memiiki waktu luang, meskipun hanya antara 30 menit sampai 1 jam. Intinya adalah kenali waktu luangmu dan gunakan itu untuk membaca.

5. Mulailah secara bertahap

Banyak orang ketika menemukan semangat membaca pertama kali, biasanya mereka ingin langsung membaca buku, ada juga yang langsung mencari buku di took buku, kemudian ia menyempatkan waktu yang banyak untuk itu. Sampai-sampai mereka mengorbankan waktu-waktu yang lain hanya untuk membaca buku, bagi mereka buku adalah hal yang sangat penting.
Bagi orang yang seperti ini sebaliknya santai saja. Sesungguhnya membaca itu hanya butuh istiqomah atau kontinuitas , khususnya bagi mereka yang belum terbiasa membaca. Karena kalau tidak kamu akan cepat merasa bosan.

10 Jurus Menjadi Pelajar Berprestasi

Add Comment
Untuk seorang pelajar, menjadi pelajar yang berprestasi di sekolah ternyata tidak sesulit apa yang dibayangkan. Banyak teman-teman kamu yang berprestasi karena mereka mengetahui rahasianya untuk menjadi pelajar yang berprestasi. Mau tahu apa rahasia para pelajar berprestasi tersebut? Ini dia rahasianya:


1. Jadilah seorang pemimpin

Latihlah rasa tanggung jawabmu. Apabila guru meminta bantuanmu untuk mengerjakan sesuatu misalnya membersihkan kelas, jangan ragu untuk menerimanya. Ajak beberapa teman kelas dan pimpin mereka untuk membersihkan kelas bersama-sama.

2. Mendengarkan penjelasan guru dengan baik

Jawablah setiap pertanyaan yang diajukan oleh guru apabila kamu mengetahui jawabannya. Jangan menunggu guru untuk memanggil kamu untuk menjawab pertanyaan.

3. Jangan malu untuk bertanya

Selalu ajukan pertanyaan kepada guru apabila tidak mengerti tentang sesuatu.

4. Kerjakan PR dengan baik

Jangan selalu mencari alas an untuk tidak mengerjakan PR (Pekerjaan Rumah). Jangan malas mengerjakan PR dengan alas an lupa atau menunda-nunda mengerjakannya. Enak kan kalau kita cepat mengerjakan PR, jadi masih punya banyak waktu untuk bermain dan nonton TV.

5. Mengulang pelajaran

Setiap pulang dari sekolah, selalu mengulang pelajaran yang tadi diajarkan. Nanti sewaktu ada ulangan jadi tidak banyak yang harus dipelajari.

6. Cukup istirahat, makan, dan bermain

Semuanya dilakukan secara berimbang. Setelah pulang sekolah, kita sering ingin cepat-cepat bermain dan melupakan segala hal penting lainnya, contohnya makan dan istirahat. Padahal, setelah seharian di sekolah tak terasa badan kita memerlukan masukan energy tambahan yang bisa didapatkan dari istirahat dan makanan yang kita makan. Oleh karenanya kita harus dapat membagi waktu untuk makan, istirahat dan bermain. Kalau semuanya dilakukan dengan baik, badan jadi segar setiap hari! Jadi tidak sering mengantuk di kelas!

7. Banyak berlatih pelajaran yang kurang disuka

Apabila kamu tidak menyenangi suatu mata pelajaran, contohnya matematika, maka banyak-banyaklah berlatih, mengikuti kursus atau belajar kelompok dengan teman. Sehabis belajar bisa bermain dan menambah teman baru di tempat kursus. Selain itu, siapa tahu dari kurang menyukai matematika, kamu jadi menyukainya.

8. Ikutilah kegiatan ekstrakulikuler yang kamu senangi

Cari tahu kegiatan apa yang cocok dan kamu suka. Contohnya apabila kamu suka pelajaran Tae Kwon Do, cobalah untuk mengikuti kursus dari kegiatan tersebut. Sehingga selain belajar pelajaran-pelajaran yang diajarkan di sekolah, kamu juga mendapatkan pelajaran tambahan di luar sekolah.

9. Cari seorang pembimbing yang baik

Orang tua adalah pembimbing yang terbaik selain guru. Apabila ada yang kurang jelas dari keterangan guru di sekolah, kamu dapat menanyakan hal tersebut kepada orang tua. Selain itu, kamu juga dapat belajar dari teman yang berprestasi.

10. Jangan suka mencontek teman

Kalau mencontek, kamu bisa bodoh karena tidak berpikir sendiri. Lagipula belum tentu, teman yang kamu contek itu menjawab pertanyaan dengan benar. Belum lagi kalau ketahuan guru dan teman lain, malu kan? Kalau kamu rajin belajar, pasti bisa menjawab semua pertanyaan dengan benar sehingga ulangan dapat nilai baik.

Nah, atau kalau kamu sudan bisa menjadi pelajar yang berprestasi, maka eksistensi di sekolah bukan lagi menjadi suatu hal yang jauh untuk diraih, karena semua guru senang dengan siswa yang pintar dan mereka sering ngomongin murid-muridnya yang berprestasi untuk dijadikan contoh teladan adik kelas dan teman-teman seangkatanmu. Bayangin, kan keren kalau namamu dijadikan contoh teladan yang baik.

Pilih Mana, Otak Kiri Atau Otak Kanan?

Add Comment
Kita lanjutkan. Bagi otak kiri, tentulah seluruh penjabaran dan pemaparan di atas sulit dicerna. Orang yang cenderung menggunakan otak kiri berpikir realistis menganggap sholat dhuha itu mengurangi waktu produktif, sholat tahajjud itu mengurangi waktu istirahat, sedekah itu mengurangi rezeki, dan umrah itu menghabiskan rezeki. Kesimpulannya menurut orang kiri, "Ini tidak masuk akal!" Padahal ? Akalnya yang belum masuk!


Orang kiri cenderung:
1. Lebih banyak meminta daripada bersyukur
2. Meminta dulu, kalau terkabul, baru bersyukur
3. Keadaan sulit dulu, baru tawakkal, baru ikhlas
4. Mengeluh ketika keadaan sulit, sakit, rugi, atau ditipu
5. Mapan dulu, baru menikah, baru berbakti kepada orang tua
6. Kaya dulu, baru bersedekah, baru umrah
7. Kaya dengan berhemat dan menabung
8. Ikhlas dulu, baru bersedekah, dan baru berkurban
9. Merasa "dipanggil" dulu, baru ke Tanah Suci
10. Merasa berdosa dulu, baru istighfar, baru sholat taubat
11. Selesai sholat dulu, baru dzikir
12. Punya waktu luang dulu, baru sholat dhuha, baru sholat tahajjud
13. Mencari-cari alasannya untuk tidak dan menunda sedekah
14. Andai bersedekah sekalipun, focus pada kepentingan dirinya sendiri (self-centric)
15. Andai bersedekah sekalipun, sesudah itu akan kepikiran.

Orang kanan cenderung:
1. Lebih banyak bersyukur daripada meminta
2. Bersyukur dulu, baru meminta.
Terkabul atau tidak, tetap bersyukur.
3. Keadaan sulit atau tidak, tetap tawakal, tetap ikhlas.
4. Tetap tersenyum walaupun keadaan sulit, sakit, rugi, atau ditipu
5. Mapan atau tidak, tetap menikah, tetap berbakti kepada orang tua
6. Kaya atau tidak, tetap bersedekah, tetap berusaha untuk berumrah
7. Kaya dengan bersedekah , tetap berkurban
8. Memantaskan diri agar 'dipanggil' ke Tanah Suci
9. Senantiasa istighfar dan sholat taubat
10. Senantiasa zikir , tidak harus selesai sholat
11. Punya waktu atau tidak, tetap sholat dhuha, tetap sholat tahajjud
12. Tidak suka banyak alas an dan action oriented dalam bersedekah
13. Dalam sedekah, focus pada kepentingan orang lain (other-centric)
14. Dalam bersedekah, sebelum dan sesudahnya tidak pernah kepikiran

Sebaliknya, orang kanan yang imajinatif malah menganggap sholat dhuha itu malah melapangkan waktu, sholat tahajjud itu memelihara kesehatan, sedekah itu menambah rezeki, dan umrah itu mencurahkan rezeki. Bagaikan sebuah keberuntungan! Hm. Kira-kira Anda termasuk yang mana?

Masih menurut orang kiri, cukup dulu, baru menikah. Menurut orang kanan, menikah dulu, baru tercukupkan. Bukankah Allah sendiri yang menjanjikan bahwa menikah itu mengayakan.

Cara Cerdas Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Add Comment
Meningkatkan daya ingat adalah hal yang sangat penting agar kamu menjadi orang cerdas. Salah satu peralatan yang paling ampuh untuk menghemat waktu dan tenaga adalah daya ingat. Tanpa daya ingat semua hal yang sudah kita pelajari akan tidak ada gunanya. Berikanlah respon pada setiap keadaan. Seolah-olah kita belum pernah mengalaminya. Manfaatkan daya ingat untuk belajar, berjalan, berbicara, mengenal fakta, memecahkan masalah, mengendarai mobil, membaca, dan melakukan kegiatan yang lain.


Kegunaan dan kemampuan memori manusia adalah mukjizat. Ketahuilah, kamu dapat menyimpan jauh lebih banyak informasi di dalam otak yang beratnya hanya setengah kilogram dibandingkan dengan memori computer yang paling canggih dewasa ini. Tapi permasalahannya banyak di antara kita tidak pernah mengasah kemampuan daya ingatnya, mungkin karena sudah biasa dengan melihat catatan dan menggunakan mesin pengingat pesan otomatis.

Tapi, jika kamu ingin menjadi seseorang unggul yang mecuri perhatian banyak orang, kamu harus cerdas dengan daya ingat kuat. Simak petunjuk untuk meningkatkan kemampuan daya ingat seperti berikut ini:

1. Pusatkan segenap perhatian terhadap hal-hal yang penting di dalam ingatanmu apabila sedang beristirahat dan rieks. Kalau kamu mencoba mengingat sesuatu pada saat sedang lelah, besar kemungkinan kamu akan kecewa.

2. Rincilah menjadi beberapa unit dan subunit yang lebih kecil yang benar-benar dapat dilaksanakan sebelum mengingatnya. Untuk belajar menghafalkan nama-nama ibukota dan dua puluh Negara, rincilah Negara-Negara itu menjadi lima kelompok yang masing-masing terdiri dari empat Negara dan satu kelompok yang terdiri tiga Negara dan satu kelompok yang terdiri dari satu Negara.

3. Ulangilah bahan tersebut untuk kamu sendiri beberapa kali. Mencatat bahan yang harus dihafalkan secara tertulis akan banyak membantu.

4. Bagilah proses belajar dalam beberapa tahap waktu. Mulailah untuk setiap tahap baru dengan memeriksa apa yang telah kamu ingat sebelumnya agar hal-hal itu dapat terbentuk lebih kuat di dalam memori.

5.Kaitkanlah bahan yang sedang kamu pelajari dengan berbagai ide, orang, symbol, atau benda-benda lain yang sudah kamu kenal dan sudah tertanam kuat di dalam memori.
6. Susunlah berbagai gagasan yang harus dipelajari di dalam suatu system rumusan atau kode untuk lebih mengingatnya.

7. Manfaafkan waktu-waktu terluang, misalnya tengah menunggu bis sekolah, untuk mengingat sesuatu. Bawalah buku catatan kecil di dalam saku agar kamu dapat merujuk kembali dengan lebih mudah dan cepat atas apa yang diingat.

Alasan Untuk Kaya

Add Comment
Sebentar,sebentar. Sebelum dilanjutkan, Kami punya satu kuiz untuk Anda. Ini diambil dari sebuah surat di kitab suci. Tolong Anda jawab dulu.
- Allah-lah yang menjadikan tertawa dan menangis
- Allah-lah yang menjadikan kematian dan kehidupan
- Allah-lah yang menjadikan laki-laki dan perempuan
- Allah-lah yang memberikan kekayaan dan ...
Nah, apa jawabannya? Coba dipikirkan baik-baik.
1. Pertama, empat kalimat ini mungkin semacam lawan kata.
2. Kedua, lawan kata dari kekayaan adalah kemiskinan
3. Maka, pastilah jawabannya adalah kemiskinan
4. Apakah benar begitu? Kemiskinan?
5. Ternyata salah! Karena jawabannya adalah kecukupan.
6. Empat kalimat di atas, kami kutip dari Surat An-Najm 53: 43-48.

Penggalan surat ini bermaksud, Dia tidak pernah memberikan kemiskinan. Pada dasarnya Dia hanya memberikan kekayaan dan kecukupan. Lah, kalau miskin? Jelas, itu salah manusianya! Sejak awal, Dia telah mempersiapkan manusia untuk untung, kaya, kuat, sehat, selamat, aman, dan sejenisnya. Kalau yang terjadi sebaliknya sekali lagi itu salah manusianya! Masih mau membantah dan menyanggah? Baca dulu Surat An-Nisa 4:79, Surat Yasin36:19, dan Surat Asy-Syura 42:30. Intinya, segala kebaikan berasal dari Dia dan segala keburukan berasal dari manusia itu sendiri.

Yang Maha Kaya sangat menganjurkan dan mengajarkan hamba-Nya untuk kaya. Buktinya, ini tertulis melalui ayat-ayat, diriwayatkan melalui hadist-hadist, dan dicontohkan langsung melalui Nabi. Istilahnya, Warisan Nabi. Terlebih-lebih lagi, sampai detik ini, kami tidak menemukan satu pun ayat dan hadist yang menganjurkan dan mengajarkan untuk miskin. Yang ada hanyalah ayat dan hadist tentang menyikapi kemiskinan.

Inilah pesan Nabi:

"Kefakiran dekat dengan kekufuran"
"Allah Swt lebih menyukai muslim yang kuat iman dan nafkahnya daripada muslim yang lemah"
"Meninggalkan ahli warismu dalam keadaan cukup, itu jauh lebih baik daripada meninggalkan mereka dalam keadaan fakir, sehingga mereka meminta-minta kepada manusia." ini bermaksud, Anda dilarang mati sebelum mencukupkan anak-anak Anda! Di sini bukan berarti Anda mewariskan kekayaan, namun Anda memastikan mereka kaya.

Di sini perlu ditekankan, kekayaan bukanlah tujuan, melainkan alat. Yang dengan alat ini. Anda akan lebih mudah dalam:
-Berzakat dan bersedekah
-Berhaji dan berumrah, juga membayai haji dan umrah orang lain.
-menafkahi keluarga dan mencukupi ahli waris.

Ini tidak main-main. Dulu di Madinah, pasar dan sumber air sempat dikuasai oleh kaum yang lain. Apakah Nabi menanggapinya seperti itu? Tidak! Nabi langsung mengutus Abdurrahman bin Auf untuk menguasai balik pasar tersebut. Nabi pun langsung mengutus Usman untuk menguasai balik sumber air tersebut. Tentunya secara legal. Nabi sepaham-pahamnya, pasar dan sumber air sangat penting bagi kemaslahatan umat. Berdasarkan ini, kelak diriwayatkan Usman membeli surge dua kali.
Terlihat jelas di sini. nabi, malah menganjurkan dan mengajarkan kita untuk menang di dunia dan akhirat. Anjuran dan ajaran itu dibumikan oleh Abdurrahman bin Auf dan Usman dengan memberdayakan kekayaan mereka.

Bagi Anda yang masih malas untuk kaya, tolong jawab pertanyaan-pertanyaan ini:
1. Inginkah Anda memberangkatkan orang tua dan mertua Anda berhaji?
2. Inginkah Anda berlibur dengan fasilitas terbaik bersama Istri/Suami Anda setiap tahun?
3. Inginkah Anda memberikan rumah dan mobil terbaik untuk keluarga Anda?
4. Inginkah Anda memberikan pendidikan terbaik untuk anak Anda dan keponakan Anda?
5. Inginkah Anda memberikan perawatan terbaik untuk anak Anda ketika sakit?
6. Inginkah Anda membantu anggota keluarga dan tetangga Anda yang berkekurangan?
7. Inginkah Anda membantu orang-orang yang telah berjasa kepada keluarga Anda?

Hamdan ATT saja, penyanyi dangdut yang ngakunya orang termiskin di dunia, bias punya mobil, rumah, dan harta. Begitu juga Yusnia, penyanyi dangsut yang ngakunya makan sepiring berdua, bias jalan-jalan keluar negeri. Masa Anda kalah?
Terkadang, kita enggan dan sungkan bicara soal uang, terus mencari alas an yang menghibur diri, "Yang penting itu kaya hati, bukan kaya harta. Tidak semuanya bias dibeli dengan uang. Sedekah tidak harus berbentuk uang." Memang, pernyataan itu benar. Tapi, uang tetap penting, karena dengan uang kita lebih mudah dalam ibadah dan manfaat.
Hei, jangan salah! Rupa-ruapanya, amatlah banyak orang miskin yang diperbudak oleh harta. Meskipun mereka tidak punya harta, namun siang malam hartalah yang terbayang-bayang dipikiran mereka. Sungguh, mereka tidak kaya hati. Sebaliknya, banyak orang kaya yang berhasil memperbudak harta. Serupa dengan Nabi, Umar, dan sahabat-sahabat lainnya. Bagi mereka, harta bukanlah tujuan, melainkan alat untuk memudahkan ibada dan manfaat. Sungguh, mereka kaya hati.

Motivasi dalam Belajar Ala Anak SMA 1 BREBES

Add Comment
Motivasi dalam Belajar Ala Anak SMA 1 BREBES - Apakah motivasi itu? Motivasi adalah proses yang menjelaskan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya.

Seseorang akan sukses ketika memiliki motivasi yang kuat dalam dirinya. Tak peduli tantangan berat apa yang harus dihadapi, seseorang itu akan tabah menjalani kehidupannya. Seseorang yang memiliki motivasi pasti memiliki mimpi. Pengejar mimpi akan terus berlari demi menjemput mimpinya. Tak akan mau menyerah begitu saja.     Motivasi sangat penting artinya dalam kegiatan belajar, sebab adanya motivasi mendorong semangat belajar dan sebaliknya kurang adanya motivasi dapat melemahkan semangat belajar. Motivasi memegang peranan yang amat penting dalam belajar yaitu mendorong manusia untuk bertindak mewujudkan keinginan untuk memperoleh sesuatu atau keinginan diterima oleh orang lain.

Lalu bagaimanakah cara yang tepat untuk meningkatkan motivasi dalam diri seseorang agar memiliki motivasi berprestasi tinggi, khususnya bagi mereka yang tidak memiliki motivasi dalam hidupnya?

1. Rasa sakit
Kita perlu bersakit-sakit dahulu, setelah itu bersenang-senang kemudian. Rasa sakit dapat menjadikan seseorang tumbuh menjadi kuat dan dewasa. Banyak orang sukses muncul karena mereka tetap semangat melawan rasa sakit itu. Seperti pegas yang semakin ditekan akan semakin tinggi loncatannya. Itulah orang-orang yang bermental baja.

2. Rival
Kita butuh rival. Baik yang individu atau kelompok, dapat menjadi sarana untuk meningkatkan motivasi belajar. Karena dengan adanya rival kita akan menjadi lebih bersemangat dalam mencapai hasil yang terbaik. Terkadang kita termotivasi dengan orang lain yang mempunyai kemampuan lebih dari kita. Maka timbulah dorongan yang kuat (motivasi) untuk bisa dalam diri kita. Tapi perlu diingat bakat alami sehebat apapun tidak akan bisa mengalahkan kerja keras. Maka dari itu jangan sesekali menyerah jika Anda masih merasa sanggup.

3. Tujuan hidup
Kita harus memiliki tujuan hidup yang jelas. Sehingga kita memiliki motivasi yang kuat untuk mencapai tujuan hidup itu. Setiap orang ada untuk sebuah alasan. Sekecil apapun alasan itu, saya yakin Anda juga memiliki alasan untuk tetap untuk hidup.

Kita dapat belajar apa saja, kapan saja, dan di mana saja. Motivasi ada untuk mendorong seseorang mau belajar. Belajar tentang apa saja yang bermanfaat. Dengan belajar pemikiran jadi lebih terbuka dan berkembang.

Belajar itu melatih berpikir dan mencari jalan bagaimana menjadi sukses. Dengan catatan, belajar dijalani dengan proses dan prosedur yang benar karena belajar dan pembelajaran hakekatnya adalah proses itu sendiri.

Inilah salah satu kalimat yang dapat memotivasi Anda:
“ Di sekolah kita dapat pelajaran dahulu dan kemudian akan ada ujian, dalam kehidupan kita mendapat ujian dahulu dan kemudian kita mengambil pelajaran.”
Semoga bermanfaat ya!


Biodata penulis

Nama saya Resmitha Diadara lahir pada tanggal 11 Mei 1998. Bertempat tinggal di Brebes jalan dokter Sarjito Rt 01/Rw 06 dusun Gandasuli. Saya adalah siswi SMA Negeri 01 Brebes. Saya duduk di bangku kelas XII SMA yang berarti akan mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Hobi saya adalah membaca dan menulis. Menulis tidak dapat dipisahkan dari membaca. Hakekatnya pada saat membaca, otak akan menerjemahkan kalimat ke dalam bahasa yang mudah dipahami. Semakin sering membaca, maka pembendaharaan kata akan semakin banyak. Dan ini memudahkan dalam menuangkan ide atau gagasan pada secarik kertas. Menulis merupakan hiburan tersendiri bagi saya tetapi saya sadar bahwa untuk meningkatkan kemahiran menulis dibutuhkan kreativitas yang lebih lagi dan pembendaharaan kata yang lebih banyak lagi.

Meski Lahir Tanpa Otak Bayi Ini Tetap Dapat Memanggil Ibunya

Add Comment
Pernahkah diri anda membayangkan apa yang terjadi apabila seorang manusia lahir tanpa memiliki otak? Otak yang memang merupakan suatu organ yang sangat penting dari semua organ yang terdapat pada tubuh seorang manusia, menjadi satu-satunya alat pengendali yang utama dari seluruh fungsi tubuh. Jadi dapat disimpulkan bahwa apabila otak seseorang berhenti fungsinya selama kurang lebih satu detik saja maka tubuh dari manusia itu bisa saja mati.
Namun aneh tapi nyata! Demikianlah kisah yang telah dialami oleh seorang bayi yang bernama Aaron berasal dari Skotlandia ini. Semenjak dirinya masih berada di dalam kandungan sang ibu, dokter telah memberikan vonis kepadanya hanya mampu bertahan untuk hidup selama kurang lebih hanya dalam hitungan beberapa menit saja karena tidak dia memiliki organ otak. Akan tetapi ternyata takdir berkehendak lain, ternyata Aaron berhasil membuktikan perjuangan dirinya untuk hidup dan sampai saat ini usianya telah menginjak dua tahun. Bukan itu saja, yang lebih anehnya lagi, pada suatu pagi sang ibu yang bernama Emma itu mengucapkan kata “Mummy” dan kemudian bertepuk tangan di depan Aaron, bayi itu tak disangka juga ikut menyebutkan kata “Mum” sembari menatap wajah Emma. Emma yang tidak pernah menyangka bahwa bayinya itu akan dapat mengucapkan kata tersebutpun bercerita,
“Ketika Aaron lahir, saya diberitahu tidak ada cara untuk dia bisa bertahan hidup.Dia hanya bisa hidup selama tiga menit, tiga jam atau tiga hari. Namun ternyata Aaron membuktikan bahwa dia adalah seorang pejuang nyata,”
Dokter pernah mengatakan bahwa sejak di dalam kandungan ibunya Aaron sudah didiagnosa mengidap suatu kondisi kesehatan yang memang sangat langka, yaitu holoprosencephaly, atau dalam bahasa medis diartikan “tidak sesuai dengan kehidupan”. Cacat pada kelahiran yang dapat mempengaruhi otak seperti itu hanya dapat terjadi pada sekitar 2 dari 10.000 kelahiran yang ada. Pada kebanyakan kasus seperti ini, bayi yang mengalami kondisi ini dinyatakan telah mati sebelum kelahiranya. Namun berbeda dengan kasus yang dialami Aaron, ia mampu lahir akan tetapi dirinya hanya mempunyai batang otak saja, bukan dengan organ otak yang penuh.
Menurut pendapat Emma sendiri proses dari kelahiran Aaron juga terbilang sangat unik. Sebab justru pada awalnya ia tidak mengetahui jika ia sedang dalam keadaan hamil. Di bulan Maret 2013 tersebut Emma dibawa ke rumah sakit karena sebab dugaan ia mengidap usus buntu.
“Saya tidak tahu kalau saya hamil. Dengan anak yang sebelumnya, saya tidak merasa ragu saya hamil. Tetapi dengan Aaron, saya hanya mengalami sedikit kenaikan berat badan. Tapi segera setelah dokter dan perawat memeriksa saya, mereka menyadari bahwa saya sedang mengandung dan akan melahirkan” kenang Emma.
Well, kisah yang memilukan ini tentunya dapat menjadi sebuah pelajaran yang sangat berharga bagi kita semuanya. Ia yang terlahir dengan kondisi cacat dan bahkan tanpa otak saja masih dapat terus berjuang untuk kelangsungan hidupnya dan terbukti dapat berusaha dengan semaksimal mungkin membahagiakan ibunya walaupun hanya dengan hal-hal yang kecil. Maka dari itu, sudah sewajarnya bagi diri kita yang terlahir dalam kondisi fisik yang sempurna untuk dapat selalu bersyukur, berjuang, serta juga selalu berusaha membahagiakan orang-orang yang kita cinta. Anda setuju? Beri komentar dan silahkan bagikan kisah ini!
Source: mirror

Tidak Diakui di Indonesia, Kompor Biomassa Penemuan Anak Bangsa Ini Diproduksi Massal di Norwegia

Add Comment
Hasil karya anak bangsa sekali lagi tidak diakui dinegaranya sendiri. Penemuan sebuah kompor biomassa hasil penelitian dari salah seorang dosen Fakultas MIPA Universitas Brawijaya, Muhammad Nurhuda telah mendapatkan pengakuan di pasar internasional, bahkan sampai detik ini di Norwegia sudah masuk dalam tahap produksi massal.
“Selain dipasarkan dan diproduksi massal di Norwegia, pemasaran dan produksi biomassa yang ditangani pihak ketiga, yakni Primecookstove ini juga dipasarkan di sejumlah negara, seperti India, Meksiko, Peru, Timor Leste, Kamboja dan negara-negara di belahan Afrika,”
Jika kita bandingkan dengan jenis kompor tradisional yang mempergunakan minyak tanah sebagai sumber nyala apinya, jelaslah kompor biomassa hasil penemuan Muhammad Nurhuda ini sangat jauh lebih hemat dalam bahan bakarnya dan juga lebih ramah lingkungan. Sebab kompor ini tidak menimbulkan asap dan juga emisi dari gas buangnya jauh dibawah batas garis yang telah ditetapkan oleh WHO. Dari segi bahan bakarnya sendiri  pun merupakan kayu cacahan yang saat ini sudah diproduksi secara massal hingga 20 ton setiap harinya. Selanjutnya bagaimana dari segi masyarakat di daerah pedesaan yang kemampuan daya belinya rendah? Bisa dengan menggunakan kayu dari pepohonan sekitar yang banyak sekali ditemukan berserakah di wilayah pedesaan mereka. Selain jenis kayu cacahan, dapat pula dengan menggunakan pelet sawit ataupun butiran kayunya. Bahkan dari pelet sawit dan juga butiran kayunya ini mampu menghasilkan bau masakan yang lebih harum dan juga beraroma.
Memiliki respon yang bisa dikatakan luar biasa di pasar luar negeri, lalu pertanyaanya sekarang bagaimana dari segi pasar dalam negeri?
Kompor Biomassa via Republika.com
Ternyata di dalam negeri sendiri kompor biomassa ini terbilang sepi peminat dan bahkan yang lebihnya lagi kebanyakan masyarakat enggan untuk membelinya. Hal seperti ini memang dapat dikatakan cukup ironis jika melihat sudah berapa banyak hasil karya dari anak bangsa yang telah diminati oleh pasar luar negeri. Sebelum penemuan kompor biomassa ini ada juga mobil elektrik karya dari Ricky Elson yang telah diminati oleh negara tetangga namun sepertinya memang Ricky Elson enggan untuk meneruskan pinangan dari negara tetangga ini. Sementara teknologi 4G karya Profesor Khoirul Anwar lebih memilih untuk mematenkannya di Jepang.
Kedepannya pemerintah semoga saja dapat lebih jeli lagi dalam melihat hal hal yang seperti demikian ini, dan dapat pula mencegah karya-karya dari anak bangsa untuk dipatenkan di luar negeri. Dan besar harapan semoga saja penemuan kompor biomassa ini tidak dipatenkan di luar negeri lagi, mengingat mulainya produksi massal yang dilakukan di Norwegia.
Bagaimana menurut pendapat anda? Berikan tanggapan mu dengan berkomentar.
Sumber : Republika.com

Rahasia Investasi Olga, Meninggal Kaya Raya Di Puncak Karir.

Add Comment
Olga Syahputra, anak sulung dari tujuh bersaudara adalah seorang sosok selebritis yang memang patut untuk menjadi panutan bagi kita semua. Bagaimana tidak, kesuksesan yang diraihnya di dunia hiburan telah menjadikannya sebagai orang yang sangat kaya raya! Kepemilikan kekayaan yang sangat berlimpah itu tidak terlihat dengan jelas pada sosoknya yang sederhana apa adanya. Sebagai seorang comedian, presenter dan juga penyanyi  yang begitu amat terkenal, ada hal yang membuat  seorang Olga berbeda dengan selebritis lainnya. Selain dia mendapatkan penghasilan melalui profesinya sebagai selebritis di dunia hiburan, seorang Olga yang dahulu mulai merintis kariernya dari mengikuti grup lenong itu juga diketahui telah menginvestasikan kekayaan miliknya ke beberapa bisnis.
Source: sidomi
Merencanakan  untuk membuat rumah kost Olga membeli sebidang tanah. Ini adalah peluang yang sangat baik, karena merupakan bisnis yang sangat menguntungkan , sebab nantinya setiap bulan akan mampu menghasilkan uang yang sangat banyak sedangkan nilai jual dari tanah dan juga nilai jual dari bangunan itu setiap tahunnya akan bertambah tinggi. Bukan hanya itu, dirinya jug mempunyai butik yang terletak di ITC kuningan. Adiknyalah yang mengelola Investasi yang bernilai tinggi ini. Sedangkan keuntungan dari bisnis butik ini akan dipersiapkan untuk keluarga dan anak-anak yatim.
Di daerah Kemang Olga Memiliki sebuah restoran Jepang. Bisnis ini sendiri dikelola dengan cara patungan bersama beberapa orang teman-temannya. Restoran jepang itu bernama Takigawa. Sebuah Restoran yang bernilai milyaran rupiah ini tentunya mampu mengasilkan banyak uang, karena disebut-sebutkan bahwa hanya dalam waktu setahun restoran jepang ini sudah mampu balik modal. Jenis bisnis lainnya yang dilakukan Olga adalah menjual berlian. Tentu saja hal ini tidak terlepas dari kegemaran dirinya pada berlian.
Kekayaan Olga inilah yang mampu membuat Olga menyenangkan keluarganya dengan cara memberikan rumah yang layak, juga membuat dirinya mampu menyantuni orang-orang kurang mampu dan anak-anak yatim yang diasuh dirinya.
sumber:smart-money

Penulis adalah seorang pembaca yang baik

Add Comment
Perlu anda ketahui, sebesar apa pun keinginan anda untuk menjadi seorang penulis, percayalah itu tak kan pernah berhasil dan menjadi nyata apabila anda tidak ada keinginan dan minat untuk menjadi seorang pembaca yang baik. Anda tahu apa alasannya? Karena membaca adalah salah satu bagian yang penting dalam proses kepenulisan itu sendiri. Dan mustahil juga bagi seseorang mampu untuk menghasilkan atau menciptakan sebuah karya tanpa terlebih dahulu dia mengenal karya-karya lainnya yang luar biasa. Karena memang pada dasarnya apa yang anda tulis sesungguhnya adalah apa yang anda pernah baca. Di mulai dari membaca buku-buku ilmiah, ilmu pengetahuan, cerita fiksi, hingga berita-berita aktual yang tertulis di berbagai media masa.

Hanya saja, untuk menjadi penulis yang baik, dengan membaca saja terkadang tidaklah cukup. Kecuali jika anda melakukannya dengan cara dan teknik membaca yang baik. Membaca dengan cara dan teknik yang baik bukanlah hanya sekedar membaca secara membabi buta atau pun asal-asalan saja. Membaca dengan cara dan teknik yang benar adalah membaca dengan cara-cara tertentu yang dilakukan sehingga proses membaca anda memiliki dampak yang efektif. Tapi sayangnya hal-hal seperti ini sering kali diabaikan oleh banyang orang sehingga meskipun sudah membaca beribu-ribu bacaan, tulisannya tetap saja tidak bisa berkembang.

Membaca yang baik dan benar serta efektif bukannya membaca secara pasif saja tetapi membaca secara aktif. Aktif di sini maksudnya adalah ketika kita membaca suatu bacaan mungkin itu dokumen, berkas-berkas, buku dan lain sejenisnya, kita membaca bukan membaca kosong saja, melainkan membaca dari suatu titik persoalan atau pemahaman tertentu yang pada saat itu kita butuhkan untuk melengkapi apa yang telah kita punya. Contohnya seperti ini, ketika kita bertujuan ingin menuliskan cerita tentang seseorang yang mengidap penyakit kanker dalam menjalani kehidupannya atau pun tentang hal-hal lain yang masih serupa maka hendaknya kita membaca hal-hal, bacaan-bacaan, tulisan-tulisan, atau berkas-berkas dokumen yang berhubungan dengan itu sehingan semua itu dapat mendukung dan membuat tulisan kita menjadi utuh dan makin detail.

Oleh karena itu disini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa membaca sesuatu bukanlah membaca yang asal membaca saja melainkan selaras dengan maksud dan tujuan kita. Sehingga sebelum anda membaca ada baiknya anda bertanya dengan diri anda terlebih dahulu apa manfaatnya bagiku, atau apa manfaat membaca hal seperti ini untuk ku.

Sumber :
http://www.iseng-iseng.tk/
http://brebes-punya.blogspot.com

Siapakah penulis itu sebenarnya?

Add Comment
Percaya atau tidak anda bahwa setiap dari diri kita sebenarnya terlahir sebagai seorang penulis. Mengapa demikian? Sebab dalam diri setiap orang terdapat jiwa, perasaan, emosi dan pemikiran yang sifatnya unik diantara orang yang satu dengan yang lainnya. Hal tersebut membuktikan bahwasannya setiap manusia yang terlahir ke dunia ini sesungguhnya adalah seorang penulis. Kegemaranya untuk bercerita tentang suatu hal, mulai dari cerita yang umum seperti kejadian sehari-hari, pengalaman-pengalaman yang di alami atau terjadi dalam hidupnya, atau pun cerita rekaan fiksi yang tidak nyata untuk sekedar gurauan juga memperkuat bukti bahwa tidak ada satupun dari kita yang terlahir kedunia ini tanpa dilengkapi dengan bakat atau kemampuan dari seorang penulis. Bukan hanya itu saja, kita pun terbiasa dalam mengamati suatu hal, mulai dari orang-orang terdekat disekitar kita seperti keluarga, saudara, teman-teman sa mpai orang asing yang baru seketika itu muncul dihadapan kita.

Oleh sebab itu apabila kita ditanya siapakah penulis itu sebenarnya? Maka jawabanya adalah kita. Ya benar, kita sendirilah penulis itu. Seluruh manusia yang terlahir didunia ini adalah seorang penulis karena mereka semua sesungguhnya memiliki bakat untuk menjadi seorang penulis. Hanya saja karena tidak semua manusia mampu menyadari akan keberadaan dari bakat alami kepenulisanya, maka dari itu tidak setiap manusia mampu untuk menjadi seorang penulis, tetapi justru sebaliknya yakini menjadi seorang pembaca.

Sebagian besar dari kamu mungkin sudah ada yang mampu menyadari keberadaan dari bakat alami tersebut sehingga selalu terlihat sedang menulis setiap waktu. Dan setelahnya mempublikasikan tulisannya itu hingga populer dan mapan atau mendapatkan royalti atasnya. Namun meskipun kita menyadari bahwa ada bakat tersebut di dalam diri kita yang sama besar dan sama kuatnya dengan siapapun, tetapi karena alasan tertentu atau sebab tertentu kita tetap tidak juga menjadi seorang penulis.

Apa sajakah alasan-alasan yang menyebabkan hal itu terjadi? Tentu saja bukan hanya satu alasan tapi alasannya bermacam-macam. Ada yang mengaku disebabkan karena tidak memiliki sarana yang memadai dan mendukung seperti komputer atau alat tulis modern, ada juga yang mengatakan lingkungan disekitar mereka kurang medukung untuk kegiatan menulis tersebut, ada juga yang disebabkan karena perasaan minder, takut di bully atau mendapat ejekan dari orang lain ketika tulisannya dibaca orang lain dan ada yang mengaku kurang berminat dengan dunia tulis-menulis.
Namun demikian diantara sekian banyak alasan yang menyebabkan seseorang tidak menulis, kurang percaya diri menjadi alasan yang paling banyak dialami oleh sebagian orang. Seorang yang pada awalnya tertarik dan begitu berminat untuk menjadi seorang penulis, tiba-tiba membuang begitu saja keinginannya itu. Ia merasa bahwa menjadi seorang penulis tidaklah mudah, menulis adalah pekerjaan yang berat dan menyusahkan. Seperti itulah perkataan ketidak percayaan diri seseorang setiap menjumpai tulisan yang menurutnya bagus. Alhasil, jadilah dia seseorang yang sepanjang hidupnya hanya menjadi seorang pembaca.

Sikap pesimis seperti itu sebenarnya melanda dan di rasakan oleh setiap orang yang mencoba memasuki dunia kepenulisan, termasuk mereka para penulis terkenal yang ada di jaman sekarang ini. Namun untuk para pemula biasanya beban mental seperti itu sulit untuk dilewati. Pengalaman dan jam terbang yang kurang dalam menulis menjadi faktor  yang membuat para pemula gagal untuk melewati tekanan mental tersebut. Sehingga mereka lebih memilih meninggalkan dunia kepenulisan dengan putus asa.

Untuk itulah para penulis pemula, sebelum kalian memasuki rimba dari dunia kepenulisan akan lebih baik jika kalian memahami secara baik dan benar tentang seluk-beluk dari dunia kepenulisan itu, termasuk didalamnya memahami apa dan bagaimana syarat untuk menjadi seorang penulis.

Sumber :
http://www.iseng-iseng.tk/
http://brebes-punya.blogspot.com

Menjadi penulis? kenapa tidak

Add Comment
Siapa pun dirimu, dari mana pun kamu berasal dan dari keluarga apapun kamu dilahirkan kamu bisa menjadi seorang penulis. Dunia kepenulisan merupakan dunia yang sangat terbuka bagi siapa pun tanpa terkecuali. Disaat kamu memutuskan untuk menjadi penulis, sesungguhnya kamu telah memilih menjadi sesuatu yang besar. Apa alasanya? Karena "Bila engkau bukan anak raja dan engkau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis." (Syaikh Imam Al-Ghazali)

Pada awalnya, sebuah tulisan sesungguhnya berasal dari suatu gagasan dan suatu gagasan itu sendiri berasal dari buah akal manusia yang muncul di saat manusia itu menghadapi segala macam persoalan yang terjadi didalam hidupnya. Akan tetapi, sebesar apapun gagasan yang muncul atau dihasilkan dari akal manusia, tetap saja hanyalah sebuah gagasan yang tidak memiliki arti dan manfaat apapun manakala tidak diikat dengan yang namanya tulisan. Contohnya pemikiran-pemikiran brilian dari Sir Isaac Newton, atau penemuan-penemuan luar biasa dari Albert Einsteins, atau filosofi-filosofi dari Aristoteles, Plato, Imam Al-Ghazali, Al-Kindi, Al-Farabi mustahil bisa kita ketahui serta mustahil bisa bermanfaat bagi kita apabila gagasan itu tidak dituliskan dan di biarkan begitu saja tetap berada di dalam pikiran mereka.

Seumur hidup mungkin kita juga tidak akan mengenal siapa itu Soekarno, Pangeran Diponegoro, Raden Ajeng Kartini, dan lain sebagainya manakala tidak ada tulisan tentang siapa mereka. Kita juga mungkin tidak akan mengetahui penemuan-penemuan luar biasa seperti telefon, mobil, internet, google dan lain sebagainya jika tak ada satupun tulisan yang memperkenalkan dan memaparkannya.

Singkatnya, jika tidak ada yang namanya kegiatan tulis-menulis di dunia ini maka manusia senantiasa hidup dalam kegelapan. Oleh sebab itu, keadaan dunia tak terbayangkan manakala hidup ini berjalan tanpa adanya tulis-menulis (tulisan). Dan yang pasti juga kita tidak bisa membaca serta melihat novel serta film Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Mengenal super hero-super hero luar biasa dari dunia fiksi seperti Batman, Superman dan juga Naruto.

Dengan demikian, sebuah tulisan sebenarnya memiliki peran yang sangat penting guna berlangsungnya peradaban manusia. Karena sifatnya yang tidak pernah tergantikan itulah kegiatan menulis bukanlah pekerjaan yang sepele, melainkan pekerjaan yang besar. Dan hanya mereka mereka yang menulislah yang namanya akan ditulis dam tidak akan hilang dari sejarah hidup karena menulis sama artinya dengan menjadi pelaku sejarah. Dengan kata lain, dengan menulis berarti kamu secara tidak langsung kita telah mengikuti alur kehidupan orang-orang besar dari setiap jaman. Untuk itu sebagai penulis patutlah kamu bahagia dan mensyukurinya.

Cerita Inspiratif tentang seorang nenek dan seorang ibu

Add Comment
Ibu.. ibu.. ibu..

Cerita inspiratif ini saya dapatkan dari guru saya, kejadian dalam cerita ini beliau alami ketika beliau masih duduk dibangku SMP. Seperti ini ceritanya..

Setiap pulang sekolah Reni dan temannya biasa melintasi sebuah jalan yang ramai. Di jalan itu Reni selalu melihat seorang wanita paruh bawa dengan pakaian yang sudah tidak layak pakai, bahkan dari raut wajah wanita yang sudah tidak muda lagi itu dapat disimpulkan bahwa wanita itu sudah tidak “sehat” lagi.

Namun pada hari itu ketika pulang sekolah ada satu hal yang benar-benar membuat Reni terkejut. Dari arah belakang ada sebuah mobil mewah yang melintas di depan Reni, mobil itu sangat bagus. Tiba-tiba saja mobil itu berhenti tepat didepan wanita paruh baya itu. Rasa penasaran yang teramat dalam dari hati reni membuat dirinya berhenti sejenak memperhatikan mobil itu. “Mobil siapakah itu? Dan mau apa mobil itu berhenti tepat didepan wanita paruh baya itu? Jangan-jangan akan menculiknya.” Ucap Reni dalam hati.

Tak lama kemudian keluarlah satu orang perempuan yang masih sangat muda dan cantik berserta dua orang laki-laki dengan postur tegap dari dalam mobil itu, mereka bertiga berjalan menghampiri wanita paruh baya itu dan benar saja mereka langsung mengangkat dan memasukkannya kedalam mobil. Aku yang melihat kejadian itu ingin berteriak minta tolong, namun mulut ku ini hendak berucap tiba-tiba terdengar suara teriakan dari dalam mobil itu “Ibu.. ibu.. ibu..” suara teriakan  perempuan histeris dengan rasa bahagia bercampur haru terdengar dari dalam mobil. Pada saat itu aku yang bersiap ingin berteriak meminta tolong kepada orang-orang langsung saja mengurungkan niat ku. Aku berfikir bahwa sepertinya wanita itu adalah anak dari perempuan paruh baya itu. 

“Subhanallah, ternyata mereka itu anak-anaknya. Tak kusangka, anak-anaknya yang sudah begitu sukses masih berusaha untuk mencari ibunya meski ibunya kini sudah dalam kondisi yang tidak “sehat” lagi. Sungguh betapa sangat berharganya sosok seorang ibu.”


Nenek ku pahlawan ku

Terima kasih nenek, terima kasih. Cuma kata itu yang sekarang bisa aku berikan kepada mu. Dia yang selalu ada untukku, merawat ku sejak kecil, juga yang mengejarkan tentang makna hidup  kepada ku.

Nama ku andri, semenjak kecil aku sudah dititipkan oleh orangtua ku ditempat nenek ku. Alasan ekonomi membuat orangtua ku melakukan itu. Aku bisa menerimanya, tapi yang namanya anak tetaplah anak. Dalam masa-masanya seorang anak sangat membutuhkan kasih sayang dan bimbingan dari orang tuanya, tanpa terkecuali diri ku ini. Namun  itu semua hanya mimpi belaka bagi ku, karena semenjak itu aku sudah kehilangan sosok orangtua. Ditambah lagi hanya satu tahun sekali orangtua ku itu pulang dari perantauannya. Tak jarang aku sering merenung dan bersendih sendiri karena hal itu.

Hari-hari kujalani dengan sangat berat, dengan masalah-masalah yang harus diselesaikan seorang diri. Namun yang paling membuat ku sedih adalah ketika aku menyaksikan ada seorang anak tetangga ku yang begitu dekat dengan kedua orangtuanya. Setiap sore anak itu selalu bersama orangtuanya, diajak jalan-jalan, digendong, dibelikan jajan  dan tak jarang mendapat sapaan mesra dari kedua orangtuannya itu. Aku tak kuasa menahan gejolak yang ada didada ku karena hal itu “aku rindu orangtua ku”. Aku terkadang lari masuk kedalam kamar ku, sesampainya dikamar tak sadar air mata keluar begitu saja dari mata ku. Disaat saat seperti itulah nenek selalu ada untuk ku, dia selalu mengusap air mata yang keluar dari mataku ini. Setelah itu  dia juga mencoba untuk menghiburku, mengobati semua sedih ku  dengan pelukan kasih sayangnya. Tak jarang dilain waktu nenek juga berkenan untuk mendengarkan semua keluh kesah ku, membantu menyelesaikan setiap masalah yang aku alami dalam hidup dan juga mengajarkanku makna kehidupan.

Terima kasih nenek engkau telah menjadi semangat ku selama ini, menjadi cahaya yang selalu menerangi ku dalam gelapnya hidup ini. Nenek you’re my hero :*

Sumber :
http://www.iseng-iseng.tk/
http://brebes-punya.blogspot.com

Pelajar berpenghasilan 6-12 juta per bulan

Add Comment
Harta yang banyak dan melimpah warisan dari orang tua dan pendidikan tinggi setinggi-tingginya bukanlah satu-satunya faktor penentu yang membuat seseorang menjadi sukses, tetapi semangat, ketekunan, dan kerjakeras lah yang dapat menjadikannya berhasi dan sukses hingga bisa bermanfaat bagi dirinya sendiri, keluarga dan bahkan orang lain disekitarnya.

Kesuksesan seseorang juga tidak harus terjadi atau dialami orang yang sudah dewasa atau berusia matang saja, tetapi seorang remaja, pemuda atau seorang pelajar pun bisa berhasil dan sukses jika dia mau menekuni dan mendalami sesuatu yang memang dia ahli atau mampu dalam melakukannya seperti halnya sebuah hobi.

Hal seperti itu dialami dan dilakukan oleh Iis Asmudi seorang remaja yang masih terbilang sangat muda yang berasal dari Sukadana Indramayu yang tahun lalu masih duduk di bangku Kelas 12 (Sekarang sudah lulus) SMK Taman Karya Madya Ekonomi Cirebon jurusan Akuntansi berhasil mendapatkan penghasilan 6 sampai 12 juta setiap bulannya dari internet dengan kesenangannya atau hobinya dalam membuat logo.

Karya-karyanya banyak sekali diminati oleh perusahaan atau brand otomotif dari berbagai penjuru di dunia karena memang karyanya itu sangat unik, dan menarik. Semua itu dilalukanya dengan cara menyimpan dan menjual karya-karyanya di situs-situs penjualan logo seperti GraphicRiver dan 99Desain. Di situs Graphic River ini Iis atau nama keren dalam akunnya T-Famz berhasil menjual logo karyanya lebih dari 590-an gambar desain logo.

Bukan hanya itu saja, Kelebihan situs Graphic River selain menyimpan logo, brosur, icon, vector dan lain-lain jika terjadi penjualan para member atau anggota bisa terus menerus mendapatkan pendapatan atau yang biasa disebut royalti, kecuali jika logo tersebut dijual secara ekslusif maka pemilik gambar tersebut tidak boleh menjual kembali dan biasanya diharuskan untuk menghapus logo, atau gambarnya di Graphic River tersebut.

Ternyata hanya dari kegemaran mendesain gambar dan logo saja dari laptop dengan aplikasi Corel Draw ternyata dapat menghasilkan uang yang bisa dikatakan cukup banyak untuk ukuran anak-anak sekolah. Tidak seperti anak-anak lain yang ketika mendapatkan uang langsung digunakan untuk berpesta atau berfoya-foya ria, Iis menggunakan pendapatan yang dia dapat dari menjual logonya itu untuk biaya sekolah dan sebagian dia diberikan kepada orang tuanya, sisanya dia tabung dan tahun lalu dia mempunyai keinginan untuk membuat rumah sendiri.


Saya berharap, mudah-mudahan tulisan ini dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi para remaja, siswa-siswi, ataupun para generasi muda di Indonesia. Dari hal diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa seorang pelajar pun bisa sukses menghasilkan pendapatan yang setidaknya membuatnya tidak merepotkan orang tuanya dengan syarat jika dia mau kreatif dan inovatif seseuai dengan bidang, kegemaran dan kemampuannya masing-masing.

Bagi anda yang ingin seperti T-Famz membuat logo kemudian mendapatkan pendapatan atasnya bisa mendaftar disini disitus graphicriver

Sumber :
http://www.iseng-iseng.tk/
http://brebes-punya.blogspot.com

Cerita kisah cinta beda agama

Add Comment

Surat untuk Tuhan "TUHAN, Mengapa Kami Berbeda?"


Tuhan, aku ingin sekali bertanya kepada-Mu. Mengapa engkau membuat skenario untuk ku bertemu dengannya? Hingga akhirnya aku dan dia memiliki rasa itu dan saling melengkapi satu sama lainnya?


Memang tak ada rasa cinta yang tak indah, apa lagi jika itu pemberian langsung dari-Mu. Kami pun merasakan hal itu, sebuah cinta yang tulus tanpa tuntutan dan paksaan. Kami jalani hari-hari dengan penuh kebahagiaan, meski terkadang ada perbedaan tapi itulah yang membuat kami lebih dekat dan lebih memahami satu sama lainnya.

Tapi biar bagaimana pun aku dan dia tetaplah berbeda, seperti air dan minyak. Meski kami telah berusaha keras tetap saja mustahil bagi kami untuk bersatu. Aku yang berpegang teguh pada keyakinan ku, dan dia yang berpegang teguh pada keyakinannya membuat kami tak dapat melangkah lebih jauh.

Setiap malam aku selalu berdoa, memohon kepada-Mu. Jika memang aku ditakdirkan untuk hidup bersama dengannya ijinkan aku untuk membuatnya percaya dengan keyakinan ku, yaitu untuk percaya dengan-Mu. Tapi jika memang engkau berkehendak lain, pisahkan kami dalam keadaan tak ada satupun yang merasa terluka karena hal itu.

Dan malam itu terbuktilah apa yang kami takutkan selama ini, meski hati kami terpaut erat dan saling menerima satu sama lainnya keyakinan yang berbeda tetap saja memisahkan kami. Ibunya seorang yang sangat teguh dengan keyakinannya berbicara langsung kepada ku, dia melarang ku untuk mendekati putrinya lagi.  Dia mengatakan kalau kami berbeda, dan tidak mungkin untuk bersatu.

Tuhan, aku sangat sedih. Mengapa semua ini harus terjadi? Mengapa justru orang yang sangat mengerti tentang ku harus berbeda dengan ku? Mengapa seseorang yang terbaik yang pernah kutemui harus berbeda dengan ku? Mengapa Tuhan?


Sudah sering aku bertemu orang yang satu keyakinan dengan ku, tapi mereka semua hanya bisa merendahkan ku. Mereka selalu memandangku dengan sebelah mata, tapi mengapa kini ketika aku bertemu dengan seseorang yang benar-benar mengerti tentang diri ku, Bertemu dengan seseorang yang ingin sekali aku jadikan persinggahan terakhir hati ku dan yang benar-benar ingin sekali ku jadikan ibu yang merawat anak-anak ku kelak  justru berbeda dengan ku Tuhan? Mengapa tuhan? Mengapa engkau menciptakan kami berbeda?


Sumber :

Cerita pengalaman yang menyedihkan

Add Comment
Berusaha, berusaha dan terus berusaha

Assalamualaikum Wr. Wb.
Perkenalkan nama saya Andri Imanudin, saya lahir di Brebes 27 Mei 1997. Kini saya menginjak usia 17 tahun, di umur saya yang sekarang ini saya merasa bersyukur sekali karena saya masih diberi banyak nikmat oleh Tuhan saya. Kini saya duduk dibangku kelas XII SMA, yang berarti di tahun depan akan segera mengenyam pendidikan diperguruan tinggi.

Namun dibalik kebahagiaan itu hingga saat ini sudah hampir genap satu tahun ayah saya sakit dan tak kunjung sembuh.  Ini menjadi suatu perjuangan tersendiri bagi saya dan keluarga untuk bisa dengan sabar menghadapinya. Apalagi tahun depan saya sudah mulai untuk mengenyam pendidikan ditingkat perguruan tinggi dan tidak dapat dipungkiri bahwa itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sedangkan kondisi ekonomi keluarga saat ini sedang tidak memungkinkan. Untuk itu saya yang notabene hanya seorang siswa yang belum siap untuk terjun didunia kerja mencoba berusaha semampu saya membatu keluarga untuk meringankan beban ekonomi. Saya mencoba mengikuti perlombaan yang ada di internet, berbagai macam perlombaan saya ikuti dengan harapan apabila menang bisa sedikit meringankan beban orang tua.

Terakhir kali saya mengikuti perlombaan di internet saya berhasil memenangkan lomba Essay tingkat provinsi yang diadakan oleh Pilar PKBI (semacam organisasi remaja), dari hasil pengumuman pada tanggal 14 desember 2014 kemarin artikel saya yang berjudul ‘Remaja + Media Sosial = ?’ berhasil mendapatkan juara 2. Alhamdulillah, saya sangat bersyukur sekali karena hadiahnya lumayan bisa sedikit meringankan beban orang tua.

Itulah kisah saya, dalam hidup saya mempunyai prinsip bahwa selama kita masih mempunyai 2 tangan, mempunyai 2 kaki kita tidak boleh menyerah begitu saja kepada nasib kita harus terus berusaha. Bahkan bukan hanya itu, kita juga masih mempunyai sebuah anugrah yang sangat luar biasa yaitu fikiran kita. Jadi tak ada kata pasrah atau menyerah kepada keadaan, yang ada hanya kata berusaha, berusaha dan terus berusaha untuk hidup yang lebih baik.


Ini adalah kisah ku

Sedari kecil aku sudah hidup tanpa sosok orangtua, himpitan ekonomi memaksa mereka pergi ke ibu kota meninggalkan ku. Jujur, ini merupakan hal yang sangat berat untukku. Bagaimana tidak, seorang anak yang dalam masa-masa sangat membutuhkan bimbingan dan kasih sayang dari orangtua ditinggal begitu saja.

Meskipun aku tinggal dengan nenekku, tapi yang namanya nenek tetap saja nenek bukan mamah. Orangtua pastilah lebih sayang kepada anaknya, begitupun dengan nenekku pastilah lebih sayang kepada anak-anaknya yaitu tanteku ketimbang dengan diriku, cucunya. Hari-hari kujalani dengan berat, setiap ada masalah aku selalu bingung dan tak kuasa menghadapinya. Bahkan tak jarang aku merenung dan menangis seorang diri meratapi nasibku ini. Aku selalu mempertanyakan nasibku ini kepada Tuhan. Mengapa nasibku seperti ini?

Masa kecil yang seharusnya penuh kebahagiaan, justru menjadi masa-masa berat penuh ketakutan dan kekhawatriran. Aku menjadi anak yang mengetahui terlebih dahulu tentang arti kejahatan, semua perlakuan dan niatan tidak baik orang-orang disekitarku dapat aku pahami dengan mudah namun terkadang aku hanya diam saja menyimpannya dalam hati dan berniat membalasnya suatu hari nanti. Karena hal itu juga aku tumbuh menjadi anak yang pintar secara logika, aku selalu menjadi juara dikelasku namun aku bodoh secara moral. Aku menjadi orang yang pinter keblinger, pintar namun berakhlak tidak baik

Aku marah, aku dendam kepada semua orang yang ada disekitar ku begitu juga dengan orangtuaku. Bahkan hingga sekarang bapakku sakit keraspun tak pernah ku pedulikan. Yang ada didalam hati ini hanya sebuah tuntutan kepada mereka, mengapa mereka dulu tak merawatku sendiri? Aku paham hal ini tidak baik namun seolah semuanya sudah tertanam kuat didalam hati dan pikiran ku.

Aku hanya berpesan kepada kalian para orangtua, jika kalian mempunyai anak. seberapapun kalian sibuk, seberapapun susahnya kalian jangan pernah kalian lupa untuk merawat, memperhatikan dan menyayangi anak-anak kalian. Jika memang anak kalian tidak ingin bernasib sama sepertiku.

Sumber :
http://www.iseng-iseng.tk/
http://brebes-punya.blogspot.com