5 (Lima) Fakta Unik & Menarik Kehidupan Kunang-kunang yang Belum diketahui Banyak Orang

Print Friendly and PDF 0 Viewers

Baca Juga ya

5 (Lima) Fakta Unik & Menarik Kehidupan Kunang-kunang yang Belum diketahui Banyak Orang - Kunang-kunang telah diketahui banyak orang sebagai hewan yang mampu mengeluarkan cahaya pada waktu malam hari. Hewan yang satu ini tergolong kedalam family hewan kumbang dalam ordo yang bernama Coleoptera.

Hewan kunang-kunang bertempat tinggal yang tersebar hampir di seluruh dunia yang berwilayah tropis. Mereka bisa kita temukan ditempat-tempat yang terasa lembab, contohnya seperti daerah yang dipenuhi oleh pohon-pohon atau di rawa-rawa.

Akan tetapi balik semua keindahan dari berbagai kerlap kerlip cahaya yang dimilikinya, rupanya hewan kunang-kunang ini juga memilik banyak fakta yang unik dan menarik  yang pastinya sangat menarik perhatian untuk orang ingin mengetahui dan mempelajarinya.

Baiklah tanpa berlama-lama langsung saja kita bahas berikut ini adalah 5 (Lima) Fakta Unik & Menarik Kehidupan Kunang-kunang yang Belum diketahui Banyak Orang, untuk itulah para pembaca semangat27.com perlu mengetahuinya, kami sengaja merangkumkan semua fakta dibawah ini dari banyak sumber.

5 (Lima) Fakta Unik & Menarik Kehidupan Kunang-kunang yang Belum diketahui Banyak Orang

1. Sinar cahaya yang dimiliki dan dipancarkan dari tubuh kunang-kunang hingga detik ini masih menjadi sebuah misteri

Meski banyak ilmuwan yang telah mempelajari hingga akhirnya mengetahui dari mana sumber sinar cahaya yang dipancarkan oleh hewan kunang-kunang, namun tetap saja hingga detik sekarang para ilmuwan yang telah meneliti kunang-kunang belum mampu untuk membuatnya. Untuk sinar cahaya yang dipancarkan dari tubuh hewan kunang-kunang dinamakan dengan luminescence.

2.  Kunang-kunang menarik pasangan menggunakan cahaya yang dimilikinya

Hewan kunang-kunang yang sudah dewasa akan menarik pasangan betinannnya dengan menggunakan sinar cahaya yang dimilikinya. Sinar cahaya yang terdapat pada hewan kunang-kunang selain berfungsi sebagai penarik perhatian lawan jenis juga berfungsi sebagai peringatan kepada hewan  yang lainnya agar tidak memakan mereka.

3. Hewan kunang-kunang sering diidentikan dengan berbagai legenda dan mitos masyarakat

Hewan kunang-kunang mempunyai arti yang sangat penting dibeberapa kebudayaan dan legenda masyarakan. Pada mitologi bangsa Maya sendiri hewan kunang-kunang sering dianggap sebagai jelmaan atau titisan dari Dewa Maya. Masyarakat Cina sendiri sering memasukkan hewan kunang-kunang ke ini dalam suatu kotak yang berwarna transparan untuk tujuan menjadikannya sebagai lentera. Di negara Indonesia sendiri, hewan kunan-kunang kerap kali dianggap seperti sesuatu yang menyeramkan yakni sebagai pembawa kukunya dari orang yang sudah meninggal dunia atau mati.

4.  Cuma kunang-kunang jantan sajalah yang dapat terbang


Rupa-rupanya hanya hewan kunang-kunang dengan jenis kelamin jantan yang dapat terbang, itulah kenapa jika Anda sedang menyaksikan hewan kunang-kunang banyak beterbangan, maka bisa Anda simpulkan bahwa itu adalah kunang-kunang pejantan. Hewan kunang-kunang berjenis kelamin betina sendiri tidak mampu terbang sebab dirinya tidak mempunyai sayap. Para betina ini hanya dapat melekat di daun-daun ataupun tanah saja.

5.  Hewan kunang-kunang termasuk hewan unik dari pola makannya

Perlu diketahui bahwa hewan kunang-kunang sendiri pada masa dirinya tumbuh dan berkembang, sebagian besar beralih menjadi hewan yang melakukan kanibalisme dengan cara kunang-kunang yang satu memakan kunang-kunang yang lainnya. Meskipun demikian tetap saja terdapat sebagian besar yang lainnya tidak melakukan hal diatas dan mereka lebih memilih untuk memakan nektar dan serbuk sari bunga, serta terdapat pula beberapa kunang-kunang lagi sama sekali tidak makan apa pun selama mereka hidup.

Ya itulah yang dapat semangat27.com sampaikan berkenaan dengan 5 (Lima) Fakta Unik & Menarik Kehidupan Kunang-kunang yang Belum diketahui Banyak Orang, namun sekarang anda sudah mengetahuinya. Sekian dari kami, semoga bermanfaat, sehat selalu dan banyak rezeki para pembaca semangat27, dan sampai jumpa diartikel selanjutnya. Byebye


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar