Fakta Unik dan Menarik dibalik Kekuatan Sengatan Listrik Belut Listrik yang Sangat Mematikan

Print Friendly and PDF 0 Viewers

Baca Juga ya

Fakta Unik dan Menarik dibalik Kekuatan Sengatan Listrik Belut Listrik yang Sangat Mematikan - Semua jenis hewan yang ada didunia ini mempunyai karakteristik dan keunikan tersendiri yang sangat menarik untuk kita ketahui dan pelajari. Setiap keunikan serta ciri khas yang berbeda yang dimiliki oleh hewan tertentu menjadikannya sangat mudah untuk kita kenali, salah satu diantaranya seperti belut listrik.

Belut listrik atau yang sering disebut oleh para peneliti sebagai Electrophorus electricus (nama ilmiah) ini sebenarnya berasal dari daratan Amerika Selatan. Dan hingga saat ini penyebaran dari belut listrik ini masih belum begitu luas. Bagi yang ingin melihatnya, Belut listrik paling sering dijumpai saat ini di sungai Orinoco dan Sungai Amazon. Untuk ukurannya sendiri belut listrik sanggup tumbuh dan berkembang hingga panjangnya mencapai kurang lebih sekita 2,5 meter serta berat mencapai angka 20 kg. Meskipun demikian rata-rata yang ada, umumnya belut listrik ini hanya mempunyai panjang kurang lebih sekitar 1 meter saja.

Seperti namanya, belut listrik adalah ikan air tawar yang dapat mengatur, menghasilkan, serta menggunakan potensi arus listrik yang ada pada tubuhnya sendiri. Potensi aliran arus listrik yang ada dalam tubuhnya itu belut listrik gunakan untuk memburu setiap mangsanya atau digunakan dalam keadaan terdesak untuk membela diri. Namun apakah anda tahun bahwa ada Fakta Unik dan Menarik dibalik Kekuatan Sengatan Listrik Belut Listrik yang Sangat Mematikan? Jika belum mari kita pelajari bersama rangkumannya dibawah ini yang telah disajikan oleh semangat27.com

Fakta Unik dan Menarik dibalik Kekuatan Sengatan Listrik Belut Listrik yang Sangat Mematikan


Sesuai dengan hasil dari penelitian, hewan yang satu ini yakni belut listrik ternyata sanggup menghasilkan aliran arus listrik hingga mencapai angka 600 (Enam Ratus) volt. Kekuatan dari sengatan arus listrik yang sebesar diatas mencapai angka 600 (Enam Ratus) volt tentu saja akan sangat mematikan, dan bahkan mampu digunakan untuk membunuh manusia. Fakta yang satu inilah yang menjadi sebab bahwa belut listrik ini cukup ditakuti, baik oleh hewan yang lainnyaa maupun ditakuti juga para manusia.

Cukup dengan satu kali sengatan arus listrik dari tubuh belut listrik saja akan sanggup melumpuhkan seekor buaya yang berukuran besar. Buaya besar itu setelah menerima sengatan listrik yang mematikan dari belut listrik akan bergetar dengan sangat hebat diseluruh tubuhnya.

Bentuk badan dari belut listrik ini juga tergolong unik, sebab 7/8 dari bagian badannya hanya berupa ekor saja. Namun pada bagian badan yang berupa ekor inilah ada baterai-baterai berukuran kecil yang berbentuk seperti lempeng-lempengan kecil yang tersusun secara vertikal dan horizontal yang disebut dengan nama electrocytes.

Baterai yang berbentuk lempengan-lempengan kecil yang jumlahnya sangat banyak hingga lebih dari 5000 (Lima Ribu) buah itu sanggup digunakan untuk menyimpan arus listrik selayaknya baterai biologis mini. Ketika belut listrik sedang berusaha melumpuhkan mangsanya atau pada saat sedang menghadapi ancaman dari musuhnya, maka sel-sel tersebut dengan cepat melepaskan arus listrik secara bersamaan.

Meski pada kenyataannya tegangan listrik yang dihasilkan oleh tiap lempengan baterai biologis mini milik belut listrik tersebut tidaklah besar. Namun jika seluruh elemen dari baterai tersebut dihubungkan seri, maka dapat diperoleh tegangan arus listrik mencapai angka sekitar 600 volt. Mari kita bandingkan dengan sebuah batu baterai kecil yang hanya mempunyai tegangan sebesar 1,5 volt saja.

Untuk keterangan lebih rincinya sendiri mengenai belut listrik adalah seperti ujung dari ekor belut listrik yang bertindak layaknya kutub positif pada baterai dan ujung dari kepalanya yang bertindak layaknya kutub negatif pada baterai. Belut listrik sendiri juga bisa mengatur hubungan yang terjadi antara satu baterai kecil dengan baterai kecil yang lain dalam tubuhnya. Hal tersebut memungkinkan belut listrik untuk mendapat tegangan arus listrik yang kecil saja atau tegangan arus listrik yang lebih besar.

Berdasarkan keterangan diatas belut listrik sanggup mengubah muatan arus listrik yang terdapat dalam tubuhnya. Muatan arus listrik kecil biasanya belut listrik gunakan atau keluarkan pada saat navigasi atau menemui ancaman kecil. Sedangkan pada saat sedang berhadapan dengan para musuh atau mangsa buruannya, belut listrik akan lebih memilih mengeluarkan tegangan arus listrik semaksimal atau sebanyak mungkin (muatan listrik besar) dengan cara belut listrik menempelkan kepala serta ekornya ketubuh musuh atau mangsa buruannya itu. Sengatan arus listrik yang sangat besar tersebut dapat dengan langsung akan melumpuhkan bahkan mampu membunuh musuh atau mangsa buruannya seketika.

Ya itulah rangkuman dari Fakta Unik dan Menarik dibalik Kekuatan Sengatan Listrik Belut Listrik yang Sangat Mematikan, semoga bermanfaat, sehat selalu dan banyak rejeki ya para pengunjung semangat27.com sampai ketemu diartikel selanjutnya. Bye bye

BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar