Kisi Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Sekolah Menengah Pertama (SMP) 2018 Semua Mata Pelajaran Lengkap

Print Friendly and PDF 0 Viewers

Baca Juga ya

Kisi Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Sekolah Menengah Pertama (SMP) 2018 Semua Mata Pelajaran Lengkap - Assalamualaikum, selamat siang para pengunjung semangant27.com terutama yang saat ini sedang duduk dibangku kelas 9 SMP dan sebentar lagi akan menghadapi USBN.

USBN sendiri merupakan kependekan dari Ujian Sekolah Berstandar Nasional, di jenjang SMP, SMA dan SMK yakni kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian dari kompetensi para siswa yang dilaksanakan oleh pihak sekolah untuk semua mata pelajaran yang ada dengan mengacu pada SKL atau Standar Kompetensi Lulusan dengan tujuan akhir untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar para siswa. Semua mata pelajaran di ujikan untuk jenjang SMP, SMA, dan SMK terkecuali untuk mata pelajaran Mulok atau Muatan Lokal tidak diujikan. Sedangkan untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dijenjang Sekolah Dasar (SD) merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menguku pencapaian dari kompetensi para siswa yang ada di
sekolah hanya dibeberapa mata pelajaran tertentu saja yang diujikan.


Totok Suprayitno Kepala Balitbang atau Badan Penelitian dan Pengembangan mengatakan bahwa untuk mata pelajaran yang akan diujikan pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk jenjang SMP SMA SMK dan Pendidikan Luar Biasa, juga mencangkup Pendidikan Kesetaraan didalamnya seperti kesetaraan Paket B/Wustha, dan Paket C/Ulya yakni seluruh mata pelajaran yang ada dalam proses belajar mengajar akan diujikan dalam Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), dan dengan ini tidak ada lagi adanya pelaksanaan dari ujian sekolah seperti biasanya.

“Tahun ini, seluruh Mapel akan diujikan dengan komposisi soal 90 persen pilihan ganda, dan 10 persen esai,”

Untuk komposisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sendiri sebagaui berikut

Dijenjang SMP, SMA, dan SMK Sebesar 20% (dua puluh persen) hingga 25% (dua puluh lima pesen) isi naskah soal yang ada akan dipersiapkan oleh pihak pusat sebagai anchor atau soal jangkar. Sedangkan 75% (tujuh puluh lima persen) hingga 80% (delapan puluh persen) isi naskah soal yang ada selanjutnya akan disiapkan oleh pihak guru yang tergabung dalam satuan pendidikan dan dikonsolidasikan dengan MGMP atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran.

Sedangkan Dijenjang SDLB, SMPLB, dan SMALB sebanyak 100% (seratus persen) isi naskah soal ujian akan disiapkan langsung oleh sekolah dengan berdasarkan pada kisi­ kisi nasional.

Selanjutnya dijenjang Pendidikan Kesetaraan baik Program Paket A/Ula, Paket B/Wustha, dan Paket C/Ulya sebanyak 75% (tujuh pulih lima persen) hingga 80% (delapan puluh persen) isi naskah
soal yang ada pada ujian tersebut akan disiapkan oleh para Tutor dan sebelumnya dikonsolidasikan dengan Forum Tutor. Kemudian untuk membuat butir­ butir soal setelahnya yakni  20% (dua puluh persen) hingga 25% (dua puluh lima pesen)akan disiapkan oleh pihak pusat.

"Soal itu kemudian diperiksa dan dirakit bersama oleh KKG atau MGMP, di bawah koordinasi Dinas Pendidikan Provinsi/Kab/Kota atau Kanwil/Kantor Kemenag. Standar dan kisi­kisi ditetapkan oleh BSNP,” Totok Suprayitno Kepala Balitbang atau Badan Penelitian dan Pengembangan

Nah kali ini semangat27.com akan membagi-bagi kisi-kisi dalam USBN SMP tahun 2018 dibawah ini. Bagi teman-teman yang ingin memilikinya bisa menyimpanya.

Kisi Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Sekolah Menengah Pertama (SMP) 2018 Semua Mata Pelajaran Lengkap

Kisi­ Kisi USBN SMP 2018 Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2006
Kisi­ Kisi USBN SMP 2018 Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013
Kisi­ Kisi USBN SMP 2018 Mata pelajaran PPKn Kurikulum 2006 & 2013
Kisi­ Kisi USBN SMP 2018 Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kurikulum 2006 & 2013
Kisi­ Kisi USBN SMP 2018 Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kurikulum 2006 & 2013
Kisi­ Kisi USBN SMP 2018 Mata pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 & 2013
Kisi­ Kisi USBN SMP 2018 Mata pelajaran Bahasa Inggris Kurikulum 2006 & 2013
Kisi­ Kisi USBN SMP 2018 Mata pelajaran Matematika Kurikulum 2006 & 2013
Kisi­ Kisi USBN SMP 2018 Mata pelajaran Seni Budaya TIK Prakarya Penjas Kurikulum 2006
Kisi­ Kisi USBN SMP 2018 Mata pelajaran Seni Budaya TIK Prakarya Penjas Kurikulum 2013

sekian semoga bermanfaat, sehat selalu dan banyak rezeki ya serta sampai jumpa diartikel selanjutnya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar