Tata Cara serta Panduan Shalat Gerhana Bulan (Shalat Khusuf) & Himbauan Kementrian Agama Untuk Melakukan Shalat Gerhana 31 Jan

Print Friendly and PDF 0 Viewers

Baca Juga ya

Tata Cara serta Panduan Shalat Gerhana (Shalat Khusuf) & Himbauan Kementrian Agama Untuk Melaksanakan Shalat Gerhana 31 Jan - Selamat siang para pengunjung sekalian, bagi anda yang sedang bersantai disiang hari ini sembari makan siang, ada informasi untuk kalian semua dari Kementrian Agama Republik Indonesia. Dimana jatuh pada hari Rabu, tanggal 31 Jan tahun 2018 ini, akan ada GBT atau Gerhana Bulan Total yang terjadi hampir di seluruh wilayah Republik Indonesia ini yang dimana akan bertepatan juga dengan fenomena lainnya yakni fenomena Supermoon juga sekaligus terdapat fenomena Blue Moon.

Awal GBT atau Gerhana Bulan Total diprediksi akan berlangsung mulai pukul 19.51 WIB,
dan puncak Gerhana Bulan Total akan terjadi pada pukul 20.29 WIB, yang kemudian akan berakhir sekita pukul 21.07 WIB, jadi rentang terjadinya GBT atau Gerhana Bulan Total kali ini dari pukul 19.51 sampai 21.07 WIB ya.

Surat Resmi Kementrian Agama Untuk Melaksanakan Shalat Gerhana 31 Jan

Nah berdasarkan fenomena alam yang akan terjadi itu KEMENAG atau Kementerian Agama sudah
mengeluarkan surat edaran yang berupa himbauan atau seruan untuk kita semua yang beragama Islam melakukan Shalat Gerhana (Shalat Khusuf).

Untuk Isi lebih jelasnya dari surat Kemenag atau kemeterian agama terkait solat gerhana pada tanggal 31 januari 2018, silakan lihat pada gambar dibawah ini seruan atau himbauan kemenag Kementerian Agama untuk seluruh Umat Islam di Indonesia agar melaksanakan Shalat Gerhana (Shalat Khusuf) yang akan berlangsung saat GBT atau Gerhana Bulan Total hari Rabu, tanggal 31 Januari 2018


Panduan dan Tata Cara Shalat Gerhana Bulan (Shalat Khusuf)

Untuk pandauan dan tata caranya sendiri dalam melaksanakan Shalat Gerhana (Shalat Khusuf) ketika sedang terjadi GBT atau Gerhana Bulan Total hari Rabu, tanggal 31 Januari 2018 bisa lihat dibawah ini.

1. Pertama Anda harus benar-benar memastikan bahwa pada saat itu memang ada gerhana yang edang terjadi, biasanya pengumuman ini dibuat berdasarkan instruksi para ulama setempat.
2. Shalat gerhana (Shalat Khusuf) tersebut harus dilaksanakan pada saat gerhana sedang terjadi,
3. Lakukan Shalat Gerhana (Shalat khusuf) dengan Niat yang Khusu,
4. Sholat gerhana (Shalat Khusuf) Baik Gerhana Matahari ataupun Gerhana Bulan hanya terdiri dari 2 rakaat saja,
5. Ingat juga bahwa untuk Rakaat yang pertama terdiri dari 2X (Dua kali) Ruku & 2X (Dua kali) sujud, begitupun dengan rakaat yang kedua.
6. Beda dengan shalat biasanya adalah dimana Setelah rukuk yang pertama kali dari setiap rakaat yang ada kita kembali membaca Qs Al­Fatihah juga membaca surat lainnya.

Untuk lebih jelasnya silakan baca panduannya dengan melihat tata cara yang telah dibuat untuk shalat-shalat gerhana tahun-tahun ebelumnya yang pernah terjadi



Ya, mungkin itu saja kali ini terkait Tata Cara serta Panduan Shalat Gerhana Bulan (Shalat Khusuf) & Himbauan Kementrian Agama Untuk Melakukan Shalat Gerhana 31 Jan. Semoga bermanfaat, sehat selalu dan banyak rezeki para pengunjung semangat27.com. Sampai ketemu diartikel selanjutnya, Bye Bye

BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar