Cara Mudah mereview Paper/Jurnal Ilmiah + Contohnya

Print Friendly and PDF 0 Viewers

Baca Juga ya

Cara Mudah mereview Paper/Jurnal Ilmiah + Contohnya - Assalamualaikum wr. wb. selamat siang para pengunjung semangat27.com semuanya. Dipagi hari, seperti biasanya semangat27.com akan mulai membuat artikel yang baru untuk semuanya. Akan tetapi sebelum itu perlu diketahui bahwa admin semangat27.com sebentar lagi akan mulai menjalani serangkaian panjang mata kuliah yang berkaitan dengan skripsi.

Maklum admin sudah mulai memasuki semester akhir perkuliahan, jadi kedepannya sedikit banyak artikel yang akan admin buat pasti berkaitan dengan hal tersebut, namun jika ada waktu luang pasti admin akan membuat artikel dengan tema lainnya. Akan tetapi untuk saat ini hanya yang terkait dengan serangkaian panjang mata kuliah yang berhubungan dengan skripsi dari mulai disemester 6 ini seperti seminar, semester 7 proposal dan semester akhir skripsi itu sendiri. Tujuannya agar sambil menyelam minum air, skripsi lancar blog juga lancar hitung-hitung motivasi cepat lulus tapi penghasilan sampingan tetap ada. Untuk label artikelnya admin beri nama Skripsi Seleasi ya

Nah disemester 6 ini sendiri admin diwajibkan mengambil mata kuliah yang berhubungan dengan skripsi yakni mata kuliah seminar. Untuk garis besarnya sendiri para mahasiswa yang mengambil mata kuliah seminar ini diharuskan mereview paper atau jurnal ilmiah terkait topik yang diminati. Itu untuk mata kuliah seminar program studi ilmu komputer kampus admin ya, karena bisa saja berbeda disetiap kampusnya.


Kira-kira seperti ini chat pertama antar admin dan dosen pembimbing seminar

Admin :
Selamat siang pak, maaf mengganggu.
Perkenalkan nama saya Admin, ilmu komputer 2015.
Saya diberitahu untuk seminar segera menghubungi dosen pembibingnya jika pengumuman dosen pembimbing sudah keluar, dan saya mendapat dosen pembimbing bapak.
Sebelumnya terima kasih serta mohon bantuannya pak dalam kelancaran seminar dan semoga bisa berlanjut hingga proposal juga skripsi
Dosen pembimbing Lulus Cepat :
Selamat malam...segera saja mencari papers / journals ttg topik yg sdr minati..
Apa sklgs ambil proposal ?
Karena admin masih sedikit mengetahui pengetahuan terkait review paper/jurnal ilmiah yang baik dan benar, akhirnya admin mencari informasi bagaimana cara membuat review paper/jurnal dan contoh jurnal/paper sekaligus reviewnya. Dan akhirnya admin menemukan sumber yang page one digoogle dan mendapatkan informasi berikut ini.

Pertama dalam artikel tersebut menyebutkan bahwa definisi dari Paper atau Jurnal ilmiah merupakan suatu terbitan yang terbit secara berkala, memiliki bentuk semacam pamflet berseri yang didalamnya berisi hal yang sangat diminati oleh orang-orang terutama saat awal penerbitannya. Jika kata ilmiah yang terletak dibelakang jurnal dikaitkan maka definisinya dapat menjadi suatu terbitan yang terbit secara berkala, memiliki bentuk semacam pamflet berseri yang didalamnya berisi pengetahuan ilmiah yang sangat diminati oleh orang-orang terutama saat awal penerbitannya.

Kata diatas dan dibawah yang admin tulis merupakan ungkapan ulang yang admin tulis dengan bahasa admin sendiri ya (untuk menghindari plagiarsm), jika kalian ingin melihat kata aslinya silakan langsung saja kunjungi link sumber yang ada dibawah artikel ini.

Untuk sumbernya sendiri ada bermacam-macam dalam memilih suatu karya ilmiah baik berupa jurnal maupun paper ilmiah terutama yang memiliki standar internasional khusus untuk bidang teknik ada ACM, IEEE, Science Direct dan masih ada banyak sumber paper/jurnal ilmiah yang lainnya.

Namun sebelumnya ada hal yang perlu diperhatikan bahwa kita harus mampu membedakan antara jurnal/paper, artikel atau tutorial. Untuk dapat melihat perbedaan antara jurnal/paper, artikel ataupun tutorial yang paling mudah adalah dengan melihat jumlah dari banyaknya halaman. Dimana untuk suatu jurnal/paper akan dibatasi jumlahnya sesuai dengan apa yang telah ditentukan oleh organisasi yang memuat atau mempublish jurnal/paper ilmiah tersebut. Dan yang lainnya adalah Jurnal/Paper mempunyai judul serta nama penulisnya juga disertai dengan alamat email dan asal organisasi/institusi penulis dengan berikutnya dilanjutkan dengan adanya abstract ringkasan yang berisi intisari dari isi jurnal/paper tersebut. Setelahnya akan ada introduction, metodelogi yang digunakan sebelumnya dan ditambahkan dengan metodelogi yang akan diusulkan, lalu ada implementasi/experience, kemudian yang paling akhir adalah kesimpulan/conclusion dan tidak lupa mencamtumkan references diakhir.

Cara Mudah mereview Paper/Jurnal Ilmiah + Contohnya

Cara Mudah mereview Paper/Jurnal Ilmiah

Secara singkat untuk cara mudah dalam mereview suatu paper/jurnal ilmiah adalah

  1. Dengan terlebih dahulu harus membaca secara penuh atau keseluruhan isi dari paper/jurnal yang ingin direview sesuai minat anda.
  2. Kemudian untuk tahapan berikutnya adalah dengan mencoba untuk menuliskannya kembali paper/jurnal ilmiah tersebut dengan menggunakan bahasa anda sendiri.

Contoh review Paper/Jurnal Ilmiah

Untuk contohnya sendiri dari paper/jurnal ilmiah baik yang belum direview hingga selesai direview ada dibawah ini. Silakan ada miliki dengan acara mengunjungi link dibawah atau bisa juga dengan cara mengunjungi link sumber yang ada dibawah artikel ini.

Contoh review Paper/Jurnal Ilmiah sebelum direview : topik/tema ImageThresholding

Contoh review Paper/Jurnal Ilmiah sesudah direview : Review Paper topik/tema ImageThresholding

Bagi anda yang menginginkan penjelasan secara lengkap dengan lebih rinci terkait apa saja yang perlu di perhatikan dan dilakukan dalam mengerjakan literatur review paper/jurnal ilmiah bisa langsung mengunjungi link dibawah ini

Demikianlah akhir dari artikel kali ini semoga bermanfaat juga bagi para mahasiswa seperti saya yang sedang menjalani mata kuliah seminar atau sedang menjalani mata kuliah lainnya namun mendapat tugas untuk mereview paper/jurnal ilmiah.

sumber berikut ini ya

BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar