Petunjuk Teknis (JUKNIS) FLS2N SMP 2018 Semua Tingkat Kabupaten/Kota Provinsi Nasional

Print Friendly and PDF 0 Viewers

Baca Juga ya

Petunjuk Teknis (JUKNIS) FLS2N SMP 2018 Semua Tingkat Kabupaten/Kota Provinsi Nasional - Dalam pertumbuhan dan perkembangan karakter pada diri peserta didik disuatu sekolah baik secara intelektual, organis, neuromuskuler sosial dan emosional serta meningkatkan daya karya cipta dan rasa, pendidikan seni dan budaya sangat diperlukan sebagai penunjangnya. Namun inti dari semua pendidikan tersebut adalah ada dalam upaya untuk meningkatan berbagai mutu pendidikan khususnya dalam bidang seni dan juga budaya, serta PPK atau Penguatan Pendidikan Karakter.

Pada Agenda prioritas Nawa Cita 8 atau pembangunan 8 akan dilakukan suatu revolusi karakter Bangsa dalam Pendidikan yang sejatinya adalah hakikat dari adanya revolusi mental, yang bermuara pada pembangunan diri manusia yang memiliki karakter kuat, kemampuan berpikir maju, selalu memiliki pandangan yang modern, serta juga pastinya memiliki perilaku yang baik sebagai bentuk dari seorang warga negara Indonesia atau WNI yang baik.

Adapun tujuan yang lainnya adalah sebagai salah satu usaha dalam memberikan ruang bagi para siswa siswi suatu sekolah khususnya jenjang smp (karena ini adalah FLS2N SMP) untuk dapat menumbuh kembangkan berbagai kreativitas pada penguatan pendidikan karakter atau PPK serta potensi seni yang ada dalam diri siswa siswi para peserta didik SMP.



Dari berbagai tujuan diataslah kemudian Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama serta kemedikbud atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, setiap tahunnya menyelenggarakan suatu ajang yang dapat menjadi wadah bagi bakat serta minat dibidang seni para peserta didik, ajang tersebut adalah FLS2N SMP atau Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Sekolah Menengah Pertama.

Ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Sekolah Menengah Pertama atau FLS2N SMP ini tidak sekedar berorientasi dalam aspek kompetisi peserta didik saja, akan tetapi FLS2N SMP ini juga memiliki esensi yang terletak dalam nilai pendidikannya yang secara tidak langsung akan terasa, yakni akan menjadikan para peserta siswa siswi suatu sekolah yang mengikuti FLS2N SMP ini memiliki pengalaman belajar (learning experience).

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa FLS2N SMP ini merupakan suatu kompetisi yang didalamnya secara tidak langsung menjadi ajang unjuk kemampuan dari para pesertanya. Akan tetapi kita harus selalu mengingat satu hal bahwasanya FLS2N SMP ini dilaksanakan sebagai ajang pembelajaran baik dalam aspek olah pikir, olah rasa dan olah hati.

Tidak cukup sampai disitu saja FLS2N SMP ini juga diharapkan mampu untuk mengembangkan berbagai sikap serta kepribadian yang baik dari para peserta yang mengikutinya, contohnya seperti sikap saling menghormati, saling menghargai, toleransi dan solidaritas sesama peserta atau pun dengan berbagai pihak terkait. Oleh sebab itulah, ditahun 2018 ini kembali diadakan FLS2N SMP 2018 sangat memiliki dampak yang sangat penting kedepannya untuk dapat mewujudnya berbagai tujuan dari pendidikan nasional dalam rangka untuk meningkatan mutu dari pendidikan serta pastinya penguatan pendidikan karakter yang ada di Indonesia.

Untuk itulah, dalam rangka mempersiapkan diri pada pelaksanaan FLS2N SMP 2018 ini agar dapat berjalan dengan baik, pihak pemerintah terkait telah menyusun suatu juknis atau petunjuk teknis dari pelaksanaan FLS2N SMP 2018. Jukni ini dapat dijadikan sebagai modal para panitia atau pihak yang membutuhkan sebagai acuan dalam pelaksanaan FLS2N SMP 2018 ini.

Dengan dibuatnya petunjuk teknis atau juknis FLS2N 2018 ini diharapkan kedepannya ajang FLS2N SMP 2018 yang satu ini akan dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat yang paling rendah yakni FLS2N tingkat sekolah, FLS2N tingkat Kabupaten/Kota, FLS2N tingkat Provinsi hingga FLS2N tingkat Nasional 2018 bisa berjalan dengan lancar serta memberi hasil yang baik sesuai yang diharapkan.

Pada kesempata kali ini semangat27.com yang berhasil mendapatkan Petunjuk Teknis (JUKNIS) FLS2N SMP 2018 Semua Tingkat Kabupaten/Kota Provinsi Nasional ini akan membagikannya . kepada para pengunjung. Bagi yang ingin melihat isinya silakan bisa dilihat pada preview juknis FLS2N SMP 2018 yang ada diatas, atau jika ingin menyimpannya silakan kunjungi link yang ada dibawah. Jika kesulitan maka ulangi lagi mengunjunginya.

Cabang Lomba  FLS2N SMP 2018

Nah selanjutnya sesuai dengan apa yang tertulis pada juknis atau petunjuk teknis dari pelaksanaan ajang FLS2N SMP 2018 memiliki sekitar 5 Cabang yang akan dilombakan pada FLS2N SMP
2018 5 Cabang tersebut terdiri dari beberapa jenis cabang seni seperti dibawah ini :

1) Festival Kreativitas Tari FLS2N SMP 2018;
2) Festival Kreativitas Musik Tradisional FLS2N SMP 2018;
3) Lomba Gitar Solo FLS2N SMP 2018;
4) Lomba Menyanyi Solo FLS2N SMP 2018; dan
5) Lomba Desain Poster FLS2N SMP 2018.

Syarat  FLS2N SMP 2018

Untuk secara sekilas persyaratan agar dapat menjadi peserta dalam ajang FLS2N SMP 2018 kali ini adalah yang pastinya para peserta harus merupakan siswa SMP, MTs negeri dan swasta
atau yang sederajat dengan memenuhi berbagai ketentuan seperti dibawah ini :

1. Bukan juara I, II, III, Harapan I, Harapan II, Harapan III, dan Penyaji Terbaik FLS2N SMP Tingkat Nasional tahun sebelumnya;
2. Siswa kelas VII atau VIII yang masih berstatus sebagai siswa SMP dan masih aktif saat mengikuti lomba dengan dibuktikan surat keterangan dari Kepala Sekolah yang bersangkutan;
3. Siswa yang terpilih sebagai peserta terbaik dari setiap jenis/cabang lomba yang dilombakan di Tingkat Provinsi;
4. Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan terdaftar di data pokok peserta didik yang diperoleh dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik)

Untuk lebih jelasnya lagi silakan langsung saja baca sendiri jukni FLS2N SMP 2018 secarang lengkap diatas.

Simpan file diatas : berikut ini ya

BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar