Rapat Online vs Rapat Offline

Print Friendly and PDF 0 Viewers

Baca Juga ya

[Rapat Online vs Rapat Offline]

Oleh: Tanti Henditasari

Memasuki dunia perkuliahan, kerap kali kita dihadapkan untuk melakukan kerja sama dengan orang lain, baik kerja sama dalam mengerjakan tugas kuliah atau mengerjakan proker organisasi ataupun event. Hal tersebut menuntut kita untuk berkooordinasi dengan rekan kerja kita secara intensif sehingga dilaksanakanlah rapat.

Rapat dilakukan untuk menyamakan konsep, berkoordinasi antar anggota, membagi tugas, dan terkadang digunakan untuk bermusyawarah dalam menentukan keputusan. Rapat bukanlah sarana berkoordinasi semata, namun juga sarana untuk menyumbangkan pikiran dan pendapat mengenai suatu masalah sehingga didapatkan penyelesaian yang tepat dan sesuai dengan kondisi yang dihadapi.


Namun sering kali kita dihadapi kendala saat merencanakan rapat yaitu jarak yang jauh ataupun kendala waktu. Kendala waktu bisa berupa perbedaan waktu akibat jarak yang memisahkan begitu jauh atupun jadwal antar anggota yang sangat padat dan tidak memungkinkan untuk melakukan rapat dengan anggota yang cukup. Namun kendala tersebut tentunya tidak terlalu menghambat pelaksanaan rapat mengingat bahwa teknologi berkembang begitu cepat akhir-akhir ini sehingga rapat online pun dapat dilaksanakan.

Memang rapat online merupakan pilihan yang tepat untuk membahas suatu permasalahan namun terkendala jarak dan waktu. Namun rapat online pun dapat dibilang tidak efektif. Pasalnya walaupun kita sudah menyepakati waktu rapat di grup chat online, anggota rapat yang lain tidak serta merta dapat mengikuti, dalam konteks ini adalah membaca, seluruh rangkaian rapat. Bahkan tak jarang kita serasa berbicara sendiri di dalam forum chat tersebut dan juga kerap tidak mendapatkan respon dari anggota lain. Selain itu faktor perbedaan tempat juga mempengaruhi kualitas jaringan komunikasi sehingga menghambat jalannya rapat. Dalam pelaksanaan rapat online pun pemaparan materi dan penyampaian pendapat tidak bisa dilakukan secara bebas karena penyampaikan dilakukan secara sepotong-sepotong dengan hanya dibubuhi emot tanpa mengetahui ekspresi dari orang yang menyampaikan pendapat sehingga dapat menimbulkan potensi kesalah pahaman antar anggota yang bisa jadi berbuntut panjang dan bahkan berakibat fatal.

Rapat offline memang dirasa bukan solusi yang tepat sebagai wadah koordinasi di saat para anggota terpisah jarak yang jauh dan waktu yang saling bentrok. Namun rapat offline masih menjadi wadah koordinasi yang tepat. Hal ini dikarenakan rapat offline dilaksanakan dengan tatap muka antar anggota sehingga anggota dapat mengikuti jalannya rapat dan dapat memberikan pendapat secara lebih bebas dengan ekspresi, dan intonasi yang dapat ditangkap langsung oleh anggota yang lain. Selain itu jika masih ditemukan sesuatu yang dirasa masih kurang jelas juga dapat ditanyakan dan dipaparkan secara langsung sehingga didapat penjelasan yang sangat jelas sehingga dapat meminimalisir kesalah pahaman.
Walaupun teknologi saat ini sudah memudahkan dalam berkomunikasi dan berkoordinasi, tak dapat dipungkiri bahwa cara tatap langsung masih menjadi sarana yang tepat dalam berkoordinasi.


Refrensi :
http://www.ensikloblogia.com/2016/11/pengertian-rapat-fungsi-rapat-dan.html?m=1
http://www.google.co.id/amp/s/pakarkomunikasi.com/komunikasi-online/amp

sumber : https://timeline.line.me/post/_delQ6DHsSgPa-DqIBnrhOGUDM3_cC7DQFSPSRus/1153604378707034632

BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar