Membuat Internet Ramah Anak

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Membuat Internet Ramah Anak

Semangat27 - Selamat hari Anak Nasional semuanya, meskipun sudah lewat beberapa hari yang lalu akan tetapi akan sangat disayangkan jika kita melewati informasi bermanfaat dari CfDS UGM mengenai bagaimana sih caranya membuat internet menjadi ramah anak? Kita tahu sendiri bahwa banyak anak di era ini yang sudah melek teknologi so sebagai orang tua harus pandai-pandai dalam menjaga batasan dari penggunaan teknologi yang ada pada anak. Tanpa berlama-lama langsung saja kita akan baca bersama informasi dari Center for Digital Society mengenai internet yang ramah untuk anak.

Membuat Internet Ramah Anak

🇮🇩 Selamat Hari Anak Nasional, Smart People!
Yuk jadikan internet sebagai tempat yang ramah anak. Simak #Diginow kali ini untuk mendapatkan tips membuat internet ramah anak dan tips khusus buat orang tua ya. 😉
Jangan lupa tag dan mention teman dan keluargamu, Smart People!

🇺🇸 Happy National Children Day, Smart People!
Let's make internet a child-friendly place. Check out today's #Diginow to read how to make internet a safer place for childrean and special tips for parents. 😉
Don't forget to tag and mention your friends and family, Smart People!

#digitalsociety #digital #tipsparenting #harianaknasional #anak #parenting

Tips Internet Ramah Anak

Tips Internet Ramah Anak

Gunakan software yang berguna menyaring konten dan memblokir situs di internet, seperti Qustudio, Kuripura Web Filter dan K9 Web Protector.

Atur aplikasi dan peramban. Aplikasi seperti Youtube dapat diatur dengan Retricted Mode supaya bisa menyaring konten yang tidak layak dilihat anak. Atur juga peramban dengan Disable Incognito Mode/Private Browsing sehingga orang tua bisa melihat riwayat kunjungan anak di internet

Periksa secara berkala hal-hal yang diakses anak di dunia maya. Selain untuk mengecek, orang tua jadi bisa mengerahui ketertarikan anak dan memberikan rekomendasi atau mengajaknya berdiskusi lebih dalam.

Ketahui alamat email dan akun media sosial anak. Tentunya tanpa berupaya mengontrol kebebasan mereka di internet. Pastikan juga usia yang dimasukkan anak dalam email sesuai dengan usianya agar dia tidak bisa mengakses situs dewasa.

Tips Untuk Orang Tua Membuat Internet Ramah Anak

Tidak Lupa, Ada Juga: Tips Untuk Orang Tua Membuat Internet Ramah Anak


Masuklah ke dunia online anak. Kenali apa yang dia lakukan dengan akses internet yang orang tua berikan.

Buatlah aturan bersama mengenai penggunaan gawai, terlebih jika anak masih berusia belia. Sepakati bersama aplikasi yang boleh diakses, situs yang boleh dikunjungi, hingga lamanya waktu berselancar di internet.

Ajarkan anak mengenai konsep privasi dan hal yang tidak boleh dibagikan sejak kecil. Seperti kata sandi, alamat lengkap, hingga foto diri.

Jadilah sahabat anak. Agar anak percaya membagikan hal-hal yang ditemuinya di dunia maya, orang tua harus bisa memposisikan diri sebagai temannya, yang tahu tentang hal baru di internet, tidak asal melarangnya, dan tidak menghakiminya.

Youtube, Youtube, lebih dari TV!

Sumber: Remotivi, Kompas, Hukum Online

Link Sumber : https://www.instagram.com/p/B0P4xvelO8w/

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar